3 Cara Membaca Laporan Keuangan Untuk Pemula | Anyabila

3 Cara Membaca Laporan Keuangan Untuk Pemula

Cara membaca laporan keuangan sebaiknya dilakukan dengan benar agar pemilihan kebijakan untuk perusahaan bisa dilakukan dengan tepat. Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki laporan keuangan yang dapat digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan pada periode selanjutnya.

Laporan keuangan pada sebuah perusahaan juga menjadi cerminan utama untuk melihat posisi keuangan perusahaan. Bila ada berbagai kebijakan yang harus diubah, maka kebijakan bisa didasarkan pada laporan keuangan perusahaan tersebut. Cara buat laporan keuangan di setiap perusahaan bisa berbeda-beda tergantung dari skala perusahaan itu sendiri.

Hal yang paling menantang bukan hanya terjadi ketika proses pembuatan laporan keuangan saja, namun juga terjadi ketika dalam proses membaca laporan keuangan tersebut. Sebagai solusi, berikut ini merupakan cara membaca laporan keuangan yang bisa dilakukan untuk pemula sehingga proses interpretasi laporan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan lebih tepat.

3 Cara Membaca Laporan Keuangan Untuk Pemula

Lihat Bagian Laba Rugi Pada Periode Tersebut

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah melihat bagian laba dan rugi pada laporan tersebut. Di bagian akhir penghitungan, Anda akan melihat arus debit dan kredit yang telah dijumlahkan pada masing-masing kolom. Anda bisa membandingkan kolom tersebut dan melihat apakah perusahaan sedang mengalami keuntungan atau perusahaan sedang mengalami kerugian pada periode tersebut.

Pelajari Arus Kas Perusahaan

Setelah melihat laporan laba rugi pada perusahaan, Anda Bisa melanjutkan proses analisa pada arus kas perusahaan pada bulan tersebut. Arus kas akan menunjukkan pengeluaran apa saja yang masih bisa dikurangi dan pemasukkan apa saja yang didapatkan pada periode tersebut. Anda harus melihat berdasarkan jenis transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Arus kas perusahaan menjadi salah satu bagian terpenting pada laporan keuangan perusahaan.

Baca Juga:  9 Aspek Keuangan dalam Studi Kelayakan Bisnis Untuk Perusahaan

Bukti transaksi dari setiap proses yang dilakukan akan terlampir pada laporan tersebut. Anda bisa melihat bukti legal dari setiap transaksi berupa nota atau kwitansi yang dilampirkan pada setiap laporan keuangan. Arus kas bisa digunakan untuk melihat apakah masih ada kesalahan dalam menentukan pengeluaran pada perusahaan di periode tersebut.

Lihat Kondisi Perusahaan dan Evaluasi Hasil Laporan

Setelah Anda selesai menganalisa laporan pada sebuah periode, Anda bisa menggunakannya sebagai dasar pertimbangan dalam melihat kondisi perusahaan. Dasar pertimbangan bisa dijadikan sebagai landasan pengambilan keputusan yang paling valid untuk dilakukan. Evaluasi hasil laporan juga dapat digunakan ketika Anda akan mengubah sebuah kebijakan pada perusahaan. Dari laporan keuangan tersebut akan terlihat kebijakan seperti apa yang sebaiknya diambil pada periode tersebut.

Laporan keuangan menjadi salah satu faktor terpenting yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Anda sebaiknya mulai belajar untuk membaca laporan keuangan perusahaan dengan melihat komponen mana yang paling penting untuk dianalisis. Cara membaca laporan keuangan bagi pemula cukup mudah dan praktis untuk dipelajari.

2 Replies to “3 Cara Membaca Laporan Keuangan Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.