3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Finansial Menurut Kiyosaki | Anyabila

3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Finansial Menurut Kiyosaki

Siapa yang tidak mengenal seorang pebisnis dan investor sukses, Robert Kiyosaki. Buku yang ditulis langsung oleh kiyosaki menjadi best seller salah satunya rich dad, poor dad. Kebebasan finansial mulai dipahami banyak orang karena buku tersebut. Kiyosaki tidak hanya memberikan pengetahuan kebebasan finansial melalui buku tetapi juga game dan training. Kali ini kita akan membahas 3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Finansial Menurut Kiyosaki.

Salah satu kutipan yang paling terkenal adalah “orang kaya tidak akan bekerja untuk uang, tetapi sebaliknya uang yang bekerja”. Kita tahu cara untuk mengalokasikan uangnya agar bisa mendapatkan yang lebih banyak. Kecerdasan finansial adalah kemampuan individu dalam merencanakan dan  mengakumulasikan dana. 

Menerapkan cashflow 

Kecerdasan finansial menurut Kiyosaki adalah dengan menerapkan cashflow atau arus kas. Arus kas merupakan pergerakan dari uang yang masuk dan keluar pada waktu tertentu. Cashflow ini akan positif jika pendapatan kita lebih besar dari pada apa yang dikeluarkan dan sebaliknya, jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan maka cashflow kita negatif. 

Untuk bisa menjaga kondisi finansial menjadi lebih stabil, kita perlu untuk mencatat segala anggaran yang bisa dihabiskan dan juga pemasukan seperti biaya transportasi, belanja kebutuhan dan lainnya. selanjutnya, dibuatkan juga laporan keuangan dan mengevaluasi. Cara mengatur keuangan pribadi yang ampuh, mulai membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga cashflow bisa lebih terjaga. 

Pahami finansial dengan baik 

Untuk bisa sukses finansial, pentingnya untuk melek finansial. Kiyosaki memberikan penjelasan dalam bukunya bahwa adanya perbedaan antara orang kaya dan menengah yaitu kemampuan mengelola liabilitas dan aset misalnya orang kaya akan membeli saham atau membuka bisnis sedangkan untuk orang menengah, akan lebih fokus untuk membeli mobil sebagai aset. Faktanya, harga jual mobil akan menurun belum lagi biaya lainnya seperti perawatan dan bensin. Apakah yang dimaksud dengan aset dan liabilitas? Aset merupakan sesuatu yang akan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih kedepannya sedangkan liabilitas mengarah ke peningkatan pengeluaran kita. 

Menjadi investor 

Cara untuk bisa sukses kebebasan finansial menurut Kiyosaki adalah dengan menjadi investor. Kiyosaki membagi 7 kategori investor, mulai dari 0 sampai 6. 

  1. Kategori investor 0 umumnya adalah orang-orang belum memiliki modal karena pengeluarannya habis total. 
  2. Kategori investor 1, kelompok investor ini meminjam uang atau berhutang agar bisa mengatasi masalah finansialnya. 
  3. Kategori investor 2, orang yang berusaha menyimpan sedikit uangnya untuk ditabung secara teratur tapi tabungannya digunakan untuk membeli barang lain ketimbang investasi.
  4. Investor 3, jenis investor ini biasa dikenal dengan investor pandai. Kelompok orang ini akan meminta ahli investasi untuk memaksimalkan uangnya. 
  5. Investor 4, kelompok orang yang paham terkait investasi jangka panjang. 
  6. Kategori investor 5, tingkatan kelompok orang di kategori investor 5 lebih agresif dan berani mengambil resiko dikarenakan sudah paham dasar finansial. 
  7. Investor 6, jenis kelompok orang yang mampu menghasilkan uang dengan memanfaatkan dan memaksimalkan bakat. 

Jadi, kategori 5 masih dikhususkan untuk dirinya sendiri sedangkan tingkatan investor kategori 6 sudah bisa menciptakan investasi untuk diri sendiri dan orang lain. Menjadi investor akan mempermudah untuk bisa merasakan kebebasan finansial menurut Kiyosaki.

Tinggalkan Balasan