4 Karakteristik Organisasi Yang Wajib Kita Ketahui | Anyabila

4 Karakteristik Organisasi Yang Wajib Kita Ketahui

Organisasi adalah unit sosial atau pun unit usaha yang beranggotakan minimal dua orang yang memiliki tujuan yang jelas, terstruktur dan memiliki identitas unik yang membedakannya dengan organisasi lain. Dalam pelaksanaannya, organisasi terdiri dari beberapa sifat atau karakteristik organisasi.

Pengertian dari karakteristik organisasi adalah nilai atau variabel yang ada dalam penyusunan sebuah organisasi, terdiri dari 4 karakteristik utama yaitu adanya minimal dua anggota, tujuan jelas, identitas diri dan struktur atau badan kerja. Berikut penjelasan detailnya.

Karakteristik Organisasi

Organisasi terdiri dari 4 karakteristik, yaitu:

  1. Semua organisasi terdiri dari minimal 2 orang atau lebih
  2. Memiliki tujuan yang jelas
  3. Memiliki identitas diri
  4. Organisasi memiliki struktur dan peran kerja yang terkoordinir

Semua organisasi terdiri dari minimal 2 orang atau lebih

Organisasi bukanlah sebuah individu, sehingga unit sosial ini perlu setidaknya dua orang untuk menjalankan fungsinya. Selain itu, organisasi yang memiliki lebih banyak anggota akan lebih cepat untuk mendapatkan tujuannya karena lebih banyak orang yang berpikir dan berusaha untuk menggapai apa yang organisasi cita-citakan.

Memiliki tujuan yang jelas

Dalam pembentukkan organisasi, tujuan menjadi faktor utama mengapa organisasi tersebut kita bentuk. Tujuan juga menjadikan tiap anggota memiliki porsi yang pas dalam melaksanakan tugas masing-masing. Selain itu, adanya tujuan akan memberikan motivasi kepada tiap anggota dan arah tujuan yang jelas untuk organisasi. Sebuah organisasi yang tidak memiliki tujuan, tidak dapat bertahan lama dan tidak akan dapat bersaing dengan organisasi lainnya.

Memiliki identitas diri

Setiap organisasi akan memiliki ciri unik atau identitas diri pembeda daripada organisasi lainnya. Hal ini bertujuan agar organisasi dapat bertahan lama, dapat bersaing dan menjadi nilai unggul terhadap pesaingnya atau pun yang memiliki kepentingan kepada organisasi tersebut.

Organisasi memiliki struktur dan peran kerja yang terkoordinir

Dalam menjalankan tugasnya, tiap anggota koperasi akan memiliki atasan atau pengawas yang bertujuan mengoreksi, mengarahkan dan menilai suatu pekerjaan. Setidaknya, ada 9 Jenis & Bentuk Struktur Organisasi Perusahaan Beserta Fungsinya yang kita ketahui. Singkatnya, struktur ini terdiri dari pimpinan organisasi, manajer dan anggota (bisa juga supervisi lalu anggota).

Contohnya adalah sebagai berikut.

Secara pribadi, keuntungan jika kita masuk dalam sebuah organisasi sosial atau pun unit usaha adalah menambahnya relasi, peningkatan kemampuan softskill maupun hardskill, dan menambah profit baik dari materi maupun non materi.

Tinggalkan Balasan