5 Pilar TQM Yang Membantu Bisnis Anda Semakin Sukses | Anyabila

5 Pilar TQM Yang Membantu Bisnis Anda Semakin Sukses

Total quality management atau TQM adalah ilmu manajemen kualitas yang mempelajari bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas dari layanan hingga produk sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen. TQM Memiliki 5 pilar dalam proses penunjangnya.

Pada era ini, ketika informasi sangat mudah untuk kita dapati. Persaingan dalam bisnis pun semakin ketat dan sulit. Maka dari itu, suatu organisasi harus terus memberikan apapun yang konsumen inginkan dan menyesuaikan zaman.

Oleh karena itu, suatu organisasi yang berhasil akan terus mengejar kualitas terbaik untuk produk dan layanannya. Sehingga, mereka akan memfokuskan perbaikan dan peningkatan pada 5 pilar TQM.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai 5 pilar TQM secara lebih mendalam.

5 pilar TQM

5 Pilar TQM

Menurut para ahli, terdapat 5 hal yang dapat mempengaruhi kualitas dari produk dan layanan. 5 Hal tersebut kita kenal dengan 5 pilar TQM, yaitu:

  1. Produk
  2. Proses
  3. Organisasi
  4. Pemimpin
  5. Komitmen

Produk

Hal pertama yang akan langsung berpapasan dengan konsumen adalah produk. Produk ini termasuk barang yang organisasi perjual belikan dan layanan yang mereka tawarkan.

Konsumen akan mencari produk yang mencukupi semua ekspetasinya bahkan lebih.

Sehingga, organisasi harus meningkatkan kualitas dari produk dan layanan.

Peningkatan ini dapat berupa beberapa hal berikut:

  1. Peningkatan nilai produk seperti rasa dan kualitas kemasan
  2. Layanan yang responsif dan cepat
  3. Pengetahuan akan layanan
  4. Penurunan harga

Proses

Peningkatan produk tidak dapat kita raih jika proses penghasilan output tidak ikut mengalami peningkatan. Oleh sebabnya, perlu adanya perbaikan dan peningkatan pada proses.

Peningkatan proses ini dapat berupa:

  1. Upgrade mesin
  2. Peningkatan material input
  3. Sumber daya manusia yang terlatih

Organisasi

Kualitas manajemen hanya dapat diraih pada organisasi yang seluruh anggotanya memahami arti penting dari suatu kualitas.

Jika sebagian tidak memahami arti penting kualitas, maka penerapan TQM tidak akan berjalan secara optimal. Oleh karena itu, organisasi perlu mengedukasi seluruh anggotanya untuk mendalami mengenai TQM.

Pemimpin

Jika suatu organisasi tidak memiliki pemimpin yang dapat mengarahkan, mengevaluasi, dan mendorong para anggotanya untuk menggapai apa yang perusahaan cita-citakan maka tinggal menunggu kehancuran.

Artinya, penerapan TQM akan berjalan efektif dan sesuai dengan kaidahnya jika para pemimpin memiliki kualitas sebagai pemimpin yang mumpuni.

Komitmen

TQM merupakan suatu jalan yang panjang, maka seluruh anggota organisasi harus memiliki komitmen yang kuat dan sama.

Perumusan komitmen ini akan berbentuk dalam poin-poin kinerja yang wajib digapai dan prosedur organisasi.

Tinggalkan Balasan