5 Tujuan Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Penjelasan | Anyabila

5 Tujuan Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Penjelasan

Perusahaan adalah bentuk organisasi yang terdiri dari dua orang atau lebih yang memiliki tujuan mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Selain itu, perusahaan akan memproduksi suatu barang atau jasa. Baik melalui proses pengolahan (input) kemudian menjadi barang siap jual (output).

Table of Contents

Tujuan Perusahaan Menurut Para Ahli

tujuan perusahaan menurut para ahli rajamanajemen.com

Tujuan perusahaan menurut para ahli salah satunya adalah Warren et al (2017:2) yaitu memaksimalkan keuntungan atau profit. Keuntungan yang dimaksud oleh Warren Et Al adalah selisih dari biaya produksi dan penjualan.

Selain tujuan tersebut, perusahaan juga ingin eksitensi mereka terus terjaga. Sehingga mereka akan mengedepankan hasil output yang berkualitas. Sebabnya, penanggung jawab untuk pengolahan barang input menjadi output harus memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, perusahaan akan selalu mengevaluasi kinerja dari para anggotanya, simak penjelasan berikut: Cara Mengukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Akurat Beserta Contoh.

Perusahaan pun memiliki tujuan untuk terus meningkatkan kesejahteraan pemilik dan anggota perusahaan. Semakin tinggi profit yang didapat, semakin tinggi juga tingkat kesejahteraan para anggota perusahaan. Hal ini pun secara tidak langsung akan menaikan taraf hidup mereka.

Karena alasan untuk meraih profit, perusahaan akan memiliki tujuan untuk terus menyediakan barang dan jasa. Yang nantinya barang dan jasa akan menjadi sumber utama perusahaan untuk terus mendapatkan keuntungan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus terus melakukan perencanaan dan eksekusi yang baik. Agar perencanaan dan eksekusi ini terlaksana dengan baik, maka perusahaan harus memiliki pemimpin untuk mengawasi dan mengarahkan para anggotanya agar tidak melenceng dari tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, tiap divisi dalam perusahaan memiliki pemimpin yang kita sebut sebagai manajer. Walaupun kenyataannya tidak semua manajer dapat menjadi seorang pemimpin. Simak penjelasan berikut: 9 Perbedaan Pemimpin dan Manajer Perusahaan Dalam Kepemimpinan.

Baca Juga:  guna mengelola sumber dana pengelolaan dana dan pelaporan penggunaan dana sebuah perusahaan perlu menerapkan

Semakin besar perusahaan pun maka akan semakin banyak pekerjaan yang bisa terisi sehingga lapangan kerja akan semakin terbuka.

Kesimpulan – 5 Tujuan Perusahaan

Jika kita simpulkan maka tujuan perusahaan menurut para ahli akan terdiri dari 5 tujuan, yaitu:

  1. Mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  2. Menjaga eksitensi perusahaan dalam waktu yang lama.
  3. Menyediakan barang dan jasa.
  4. Mensejahterakan pemilik dan anggota.
  5. Menciptakan lapangan kerja.

3 Replies to “5 Tujuan Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.