Tujuan Dan Manfaat Organisasi Beserta Contohnya | Anyabila

Tujuan Dan Manfaat Organisasi Beserta Contohnya

Organisasi adalah dua orang atau lebih yang memiliki tujuan sama dan saling bekerja untuk mendapatkan tujuan tersebut. Selain memiliki 4 Karakteristik Organisasi Yang Wajib Kita Ketahui, organisasi juga memiliki tujuan dan nilai manfaat. Tujuan ini menjadi patokan akhir bagi sebuah organisasi. Selain itu tentunya organisasi juga menebarkan manfaat yang nyata baik untuk organisasi tersebut atau untuk pihak lainnya. Lalu, apa saja tujuan dan manfaat organisasi ? mari kita bahas pada artikel ini.

tujuan dan manfaat organisasi rajamanajemen.com

6 Tujuan dan Manfaat Organisasi

Mendapatkan nilai manfaat seperti keuntungan atau laba

Secara spesifik tujuan organisasi adalah untuk mendapatkan manfaat seperti uang. Oleh karena itu, semakin banyak orang kompeten dalam organisasi tujuan ini pun akan lebih mudah tercapai. Selain itu, nilai manfaat seperti uang akan membuat organisasi dapat terus berjalan dalam kurun waktu yang lebih lama.

Meningkatkan kebersamaan

Dalam berorganisasi tentunya tiap anggota akan berinteraksi, baik karena profesionalitas kerja atau pun karena dorongan sosial. Hal ini tentunya akan meningkatkan nilai kebersamaan pada mereka. Misalnya divisi marketing akan terus berkomunikasi dengan divisi sales untuk taktik penjualan dan divisi RnD untuk perkembangan dan improvisasi produk.

Memudahkan dalam penyelesaian masalah

Tentunya, semakin banyak orang untuk berpikir maka akan semakin mudah juga untuk menyelesaikan masalah.

Memunculkan pemimpin-pemimpin

Agar tidak terjadinya penyimpangan tujuan, organisasi akan membutuhkan pemimpin sebagai ketua dalam pelaksanan rencana dan sebagai pengawas perencanaan mencapai tujuan bersama. Misalnya tiap divisi pada suatu perusahaan akan memiliki manajer yang siap untuk menilai dan menegur anggotanya jika terjadi kesalahan.

Menumbuhkan disiplin dan etos kerja

Setiap organisasi akan memiliki kebijakan atau aturan tersendiri, sehingga mereka akan menuruti kebijakan tersebut. Hal ini lambat laun akan meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja mereka. Misalnya aturan masuk kantor jam 8 pagi dan jika jam tersebut terlewati maka akan mendapatkan hukuman berupa uang makan terpotong. Tentunya, sebagai seorang karyawan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan gaji sebesar-besarnya. Ia tidak mungkin mau untuk datang telat ke kantor.

Menambah wawasan tiap anggota – Tujuan dan Manfaat Organisasi Terakhir

Tiap anggota organisasi akan memiliki pekerjaan dan peran yang berbeda. Oleh sebab itu, seiring dengan waktu wawasan mereka pun akan terus bertambah. Seorang yang bekerja di bagian RnD akan lebih mengenal mengenai proses pembuatan produk, penyelesaian masalah terhadap produk, dan improvisasi mengenai produk.

Tinggalkan Balasan