7 Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Beserta Penjelasannya | Anyabila

7 Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Beserta Penjelasannya

Suatu pemerintahan perlu dikelola dengan baik dan secara transparan yang antara lain akan tercermin pada laporan keuangannya. Setidaknya terdapat 7 laporan keuangan pemerintah yang perlu dibuat secara rutin dan berkala. Hal ini karena laporan keuangan tersebut adalah yang menjadi salah satu sarana pengawasan.

7 Laporan Keuangan Pemerintah

  1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)

Laporan Realisasi Anggaran ialah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan hal ikhtisar sumber, dan alokasi, serta pemakaian sumber daya keuangan, yang telah dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah, yang akan menunjukkan perbandingan antara anggaran dengan realisasi pelaksanaannya dalam suatu periode pelaporan tertentu.

2. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih

Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih ialah suatu laporan keuangan pemerintah yang menyajikan informasi mengenai kenaikan ataupun penurunan dari saldo anggaran lebih tahun pelaporan jika dibandingkan dengan di tahun yang sebelumnya,

3. Laporan Neraca 

Neraca ini akan menunjukkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan  yakni meliputi  aset, dan kewajiban, serta ekuitas atau modal, pada suatu tanggal waktu tertentu. Terdapat tiga unsur yang harus ada pada laporan neraca  yakni  aset, dan kewajiban, serta ekuitas.

4. Laporan Operasional

Laporan operasional ialah laporan keuangan pemerintah baik pusat ataupun daerah  yang menyajikan tentang ikhtisar sumber daya ekonomi, yang akan menambah ekuitas atau modal dan penggunaannya dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah guna keperluan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan selama masa satu periode pelaporan. Dalam hal ini meliputi pendapatan yang diterima yang menjadi penambah nilai kekayaan bersih dan juga beban atau kewajiban pemerintah yang menjadi pengurang nilai kekayaan bersih.

5. Laporan Perubahan Ekuitas atau Modal

Suatu Laporan perubahan ekuitas atau modal sekurangnya berisi informasi tentang Ekuitas awal dan

Surplus atau defisit pada suatu periode yang bersangkutan, juga berbagai  koreksi yang langsung akan menambah atau mengurangi modal atau ekuitas.

6. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas ialah untuk mengetahui informasi kas yang berhubungan dengan aktivitas operasional dan juga investasi, juga pendanaan, serta transitoris yang akan menggambarkan saldo awal, catatan penerimaan dan pengeluaran serta saldo akhir kas dari suatu pemerintah pusat atau daerah pada selama periode kurun waktu tertentu  yang diterima atau dibayarkan melalui atau lewat  kas bendahara umum negara atau daerah.

7. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

CALK berisi catatan atas laporan keuangan, yang meliputi penjelasan secara naratif ataupun rincian dari angka yang tercantum di dalam laporan realisasi anggaran, dan laporan perubahan SAL, serta laporan operasional, dan laporan perubahan ekuitas, juga neraca, serta laporan arus kas. Tiap pemerintahan wajib menguasai cara buat laporan keuangan yang baik dan benar serta jujur dan transparan. Hal ini akan menunjukkan tingkat profesionalitas dan reputasi serta kredibilitas pengelolaan suatu sistem pemerintahan, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Tinggalkan Balasan