7 Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM | Anyabila

7 Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM

Ada banyak pendekatan berbeda untuk manajemen sumber daya manusia. Sehingga MSDM dapat kita lihat dari pendekatan yang berbeda. Pendekatan ini mendefinisikan manajemen sumber daya manusia dari perspektif yang berbeda.

Penjelasan 7 Pendekatan Manajemen Sumber Daya

Berikut 7 pendekatan manajemen sumber daya manusia MSDM, yaitu:

  1. Pendekatan strategis.
  2. Manajemen.
  3. Pendekatan sumber daya manusia.
  4. Komoditas.
  5. Pendekatan proaktif.
  6. Reaktif.
  7. Sistem.
Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM
7 Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM

1. Pendekatan Strategis

Orang adalah aset strategis sebuah organisasi. Yang mana orang memiliki kompetensi inti dan dasar keunggulan kompetitif. Sedangkan, sumber daya manusia adalah kombinasi antara bakat dan keterampilan; beberapa di antaranya adalah bawaan lahir dan keterampilan lain yang mereka peroleh melalui pembelajaran dan pendidikan. Pendekatan MSDM strategis berfokus pada program manajemen orang dan solusi jangka panjang.

Hal ini menekankan intervensi pengembangan organisasi, mencapai kesesuaian organisasi karyawan, dan aspek lain yang memastikan karyawan memberi nilai tambah bagi organisasi.

2. Pendekatan Manajemen

MSDM adalah bagian dari manajemen umum. Faktanya manajemen tidak lain adalah mengatur orang-orang di tempat kerja. Selanjutnya, manajer di semua tingkatan bertanggung jawab untuk mengelola karyawan atau bawahannya.

3. Pendekatan Sumber Daya Manusia

Manusia adalah mahluk hidup yang memiliki banyak potensi dan kemampuan intelektual. Penting untuk memperlakukan orang dengan hormat dan bermartabat.

4. Pendekatan Komoditas

Orang adalah komoditas. Mereka dipandang sebagai roda penggerak mesin. Di samping itu, orang bisa dipekerjakan dan dipecat melalui uang. Sejujurnya, uanglah yang paling penting.

Ada pepatah mengatakan, “uang lebih manis dari pada madu.” Pendekatan ini memandang orang sebagai manusia ekonomi.

5. Pendekatan proaktif

Manajer SDM harus mengantisipasi tantangan atau masalah sebelum muncul. Seperti halnya pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Menurut P. F. Drucker (1997) Pendekatan proaktif akan menghemat banyak waktu dan uang perusahaan dalam jangka pendek dan panjang.

Dia berpendapat, “Dalam dunia yang sempurna, setiap startup akan mengambil pendekatan proaktif dan membangun perusahaan mereka dari awal dengan mengidentifikasi tidak hanya misi, visi, nilai, tujuan, sasaran, dll., Tetapi juga akan menentukan kemana tujuan mereka. jangka pendek dan panjang serta membangun organisasi yang holistik dan selaras dimulai dari tingkat pendiri tempat mereka dapat menarik, mempekerjakan, dan mempertahankan talenta terbaik untuk membawa mereka ke tempat yang mereka inginkan. ”

6. Pendekatan Reaktif

Hal ini terjadi ketika para pembuat keputusan menanggapi masalah. Jika upaya hanya reaktif, masalah dapat bertambah, dan peluang mungkin terlewatkan, dan organisasi mungkin menderita kerugian.

Perusahaan dapat kehilangan waktu dan uang jika mereka mengambil pendekatan reaktif.

7. Pendekatan Sistem

Sistem adalah sekumpulan elemen atau bagian yang saling terkait tetapi terpisah yang bekerja bersama untuk tujuan bersama.

Misalnya, MSDM adalah sistem yang mungkin memiliki bagian-bagian seperti pengadaan, pelatihan, penilaian kinerja dan penghargaan, dll.

Setiap satu bagian memengaruhi dan dipengaruhi oleh yang lain.

Tinggalkan Balasan