7 Tujuan Organisasi Bisnis Lengkap Beserta Contoh | Anyabila

7 Tujuan Organisasi Bisnis Lengkap Beserta Contoh

Organisasi bisnis adalah kerjasama antara dua orang atau lebih yang memiliki cita cita atau tujuan sama untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Bisnis secara umum adalah menjual produk atau jasa kepada pelanggan dan mempertahankan pelanggan agar terus menggunakan produk atau jasa tersebut. Selain kamu harus mengetahui Tujuan Pengorganisasian : Pengertian, Tahapan dan Manfaat, kamu juga harus mengetahui tujuan dari organisasi bisnis.

Lalu apa saja tujuan organisasi bisnis ini ? mari kita simak.

7 Tujuan Organisasi Bisnis

7 tujuan organisasi rajamanajemen.com

1. Mendapatkan laba atau profit se-optimal mungkin

Agar bisnis terus berjalan, maka perusahaan bisnis harus memiliki pemasukkan. Hal tersebut karena tiap anggota memiliki kebutuhan untuk hidup. Oleh karena itu, tujuan organisasi ini yang paling utama addalah mendapatkan laba seoptimal mungkin.

2. Mensejahterakan pemilik dan pekerja bisnis

Hampir sama dengan poin pertama, tujuan lain dari pengoptimalan keuntungan adalah untuk mensejahterakan pemilik dan pekerja bisnis. Tentunya, pendapatan perusahaan akan menjadi pilar keberlangsungan organisasi tersebut.

3. Menyediakan barang atau jasa

Perusahaan tentunya memiliki tujuan dan target untuk terus dapat menyediakan barang atau jasa. Hal ini merupakan komoditas utama agar perusahaan tersebut dapat menghasilkan dan dikenal oleh banyak masyarakat. Tentunya, hal ini akan memberikan efek mutualisme kepada perusahaan dan masyarakat luas. Perusahaan akan mendapatkan uang dan masyarakat khususnya pelanggan akan mendapatkan barang atau jasa.

4. Penciptaan lapangan kerja

Semakin besarnya organisasi, maka akan semakin luas juga lapangan kerja. Sehingga sumber daya manusia akan lebih banyak terserap. Selain itu, perusahaan pun akan diuntungkan dari segi produktifitas dan profit jika perusahaan terus berkembang.

5. Meningkatkan taraf ekonomi anggota organisasi bisnis

Para pekerja atau karyawan akan memperoleh benefit seperti gaji. Karena mereka memiliki pendapatan maka taraf ekonomi anggota organisasi perusahaan akan meningkat.

6. Memunculkan eksitensi perusahaan

Semakin berkualitas dan semakin luas distribusi dari barang atau jasa sebuah perusahaan bisnis. Maka akan semakin terkenalnya perusahaan tersebut. Misalnya adalah produk dari nutrifood yang terkenal dengan produk minuman kesehatan seperti nutrisari, tropicana, dan L-Men.

7. Menciptakan rasa bangga tiap anggota akan perusahaannya

Hal ini akan berkaitan dengan poin 6. Dengan tingginya eksitensi sebuah perusahaan, seorang karyawan akan lebih memiliki rasa bangga. Kebanggaan ini bukan hanya dirasakan oleh anggota saja, tetapi oleh para pemilik juga.

Tinggalkan Balasan