8 Cara Memanajemen Keuangan Pribadi | Anyabila

8 Cara Memanajemen Keuangan Pribadi

8 Cara Memanajemen Keuangan Pribadi – Masalah keuangan seringkali menjadi masalah besar bagi semua orang. Ketika kita mendapatkan gaji atau memiliki lebih banyak uang, keinginan kita untuk membeli sesuatu meningkat dan akhirnya membebani kita. Dan akhirnya, terkadang sulit untuk menabung atau berinvestasi untuk kebahagiaan yang akan kita temukan nanti.

Meskipun banyak yang berpenghasilan, katakanlah penghasilan mereka adalah Rp 15 juta dalam sebulan, total hutang dan tagihan lebih dari 70% dari pendapatan mereka. Masalah keuangan terkadang membuat kita stres sampai frustrasi jika kita tidak dapat mengelola keuangan kita dan menangani pendapatan dan pemotongan dengan benar.

cara memanajemen keuangan pribadi

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar mengelola keuangan agar kita dapat menikmati hasilnya nanti. Untuk melakukan ini, mulailah dengan langkah-langkah sederhana sebelum melanjutkan ke langkah yang lebih sulit. Berikut cara memanajemen keuangan pribadi dengan baik:

1. Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Jika kita tidak membuat catatan keuangan pribadi, kita tidak dapat mengelola keuangan pribadi dengan benar. Penggunaan catatan pribadi sangat banyak. Cara ini adalah cara dasar kita bisa mulai mengelola keuangan pribadi kita dengan baik. Jika kita melakukan ini secara teratur, keuangan pribadi kita akan terorganisir dengan baik dan tidak berantakan.

Fungsi dari catatan keuangan pribadi adalah untuk melacak kemana kita membelanjakan pendapatan yang kita peroleh, dan pada saat yang sama, kita dapat melihat pengeluaran apa yang dapat kita kurangi (jika tidak dilakukan).kebutuhan) hanya menambah biaya nominal.

Catatan Keuangan Pribadi juga dapat untuk tujuan keuangan yang ingin kami capai dalam waktu yang telah ditentukan. Misalnya, Anda ingin membeli rumah, mobil, atau lainnya.

2. Buat Dana Darurat dari Tabungan Investasi

Baca Juga:  Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM

Dana darurat adalah dana yang amat penting kepada meramalkan suasana ketegangan atau urgen sehingga tidak menawan tentang keuangan kita.

Dalam hidup pasti akan banyak kejadian atau musibah di bagian luar sangkaan yang berhasil terjadi, sehingga kita harus mempunyai inayat ketegangan. Dana darurat bisa kita dapatkan dari dana yang kita kumpulkan di tabungan investasi.

3. Miliki Asuransi Kesehatan & Jiwa

Sebagian orang masih memikirkan manfaat memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Mereka merasa rugi setiap kali membayar asuransi, tetapi merasa tidak ada untungnya. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, kita tidak dapat memprediksi apa yang mungkin terjadi atau bencana apa yang akan kita hadapi di masa depan.

Dan itulah asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan memiliki asuransi, kita bisa menuai banyak manfaat, antara lain membayar pengobatan atau perawatan, melindungi aset dan mencegah hilangnya harta dan utang, yang bisa menggantikan cicilan dan utang, serta menggalang dana untuk kebutuhan keluarga.

4. Segera Bayarkan Utang atau Cicilan

Prioritaskan dan lunasi hutang dan cicilan Anda jika Anda memilikinya, karena mengabaikannya akan menjebak Anda di masa depan. Dan pada akhirnya akan mengganggu pengelolaan keuangan pribadi Anda.

5. Hindari Utang Konsumtif

Hutang konsumtif adalah pinjaman untuk membeli barang yang nilainya akan terus menurun di masa depan dan tidak menghasilkan keuntungan. Sebagai contoh, katakanlah Anda berhutang untuk membeli pakaian, tas, atau topi untuk gaya hidup yang terlihat mewah, tetapi tidak menghasilkan pendapatan untuk Anda. Jika Anda terus berutang kepada konsumen, itu hanya akan merugikan keuangan Anda.

6. Buat Anggaran Bulanan

Untuk budgeting bulanan, ada rumus yang bisa kita gunakan yaitu 40 30 20 10 yang artinya
0% dari pendapatan digunakan untuk pengeluaran sehari-hari, seperti biaya pembayaran bulanan untuk kebutuhan, kebutuhan belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:  jabatan direktur utama dalam perusahaan termasuk dalam tingkatan

Kemudian, 30 persen dari penghasilan Anda untuk melunasi utang jika Anda memiliki utang. Ditambah 20% dari penghasilan Anda untuk ditabung atau diinvestasikan untuk masa depan keuangan yang baik. Dan kami akan mengalokasikan 10% lebih untuk donasi seperti zakat atau zakat fitrah.

7. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit bisa menjadi jebakan, tetapi juga tidak praktis jika Anda tidak memilikinya di dunia sekarang ini. Anda harus melacak pengeluaran Anda karena dapat membantu Anda dengan perencanaan keuangan Anda. Jangan menyalahgunakannya.

8. Rencanakan Dana Untuk Masa Pensiun

Pensiun mungkin adalah sesuatu yang masih terasa sangat jauh bagi Anda, seseorang akan membutuhkan sekitar 80% dari lebih dari gaji saat ini di masa pensiun. Semakin muda Anda memulai, semakin mudah untuk memanfaatkan kekuatan magis bunga majemuk, yang akan meningkat seiring waktu.

Itulah beberapa cara memanajemen keuangan pribadi yang dapat anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari anda. Simak terus artikel-artikel bermanfaat dari anyabila.com

5 Replies to “8 Cara Memanajemen Keuangan Pribadi

  1. Host factors include age, strain Davis and Cassell, 1982, immune status and lymphoreticular function, and the presence of intercurrent infections such as Sendai virus Schoeb et al. doxycycline drug interactions If you maintain a blood sugar chart properly, it will make it simple in your doctor to write down a medical necessity form for you The hormones your body might produce in response to extended stress may stop insulin from working correctly, which is able to increase your blood sugar and stress you even more If you smoke or use other forms of tobacco, ask your doctor that.

Leave a Reply

Your email address will not be published.