Apa Itu dan Cara Mencapai Kebebasan Finansial Sewaktu Muda! | Anyabila

Apa Itu dan Cara Mencapai Kebebasan Finansial Sewaktu Muda!

Siapa yang tidak ingin merasakan kebebasan finansial, apalagi bebas finansial dari masih muda. Untuk mencapai hal-hal seperti ini tentu saja ada proses dan cara mencapai kebebasan finansial yang harus dilakukan.

Apa itu kebebasan finansial

 Sebelum membahas tentang cara mencapai kebebasan finansial, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu kebebasan finansial itu sendiri. Ini adalah kebebasan dalam hal keuangan, dimana Anda tidak perlu memikirkan lagi tentang uang. Lantaran Anda sudah mempunyai cukup dana, baik dalam bentuk aset, seperti tabungan, investasi, bisnis atau yang lainnya. Ini adalah salah satu hal yang jadi impian banyak orang.

Bagaimana cara mencapai kebebasan finansial

Lalu yang jadi persoalan berikutnya adalah bagaimana cara mencapai kebebasan finansial itu sendiri:

  1. Menerapkan tujuan hidup

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah, menetapkan tujuan hidup Anda. Mau sampai kapan Anda bekerja, dan berapa banyak dana atau gaji yang Anda miliki. Apa yang akan Anda lakukan di kemudian hari, misalnya saja traveling, mempunyai rumah atau yang lainnya.   

  1. Membuat anggaran

Berikutnya buat anggaran keuangan dari total pendapatan yang dimiliki. Anggaran yang dibuat tidak hanya tentang total pendapatan namun juga total pengeluaran. Dalam hal ini Anda juga perlu merencanakan aneka pengeluaran yang benar-benar perlu, dan banyak menyisihkan dana untuk tabungan kelak.

Jika hal-hal tersebut sudah benar-benar dilaksanakan, maka pegang teguh prinsip tersebut, dan jangan mudah tergoda untuk mengeluarkan berbagai macam dana yang tidak perlu.  

  1. Melunasi semua kredit yang ada

Terutama untuk Anda yang saat ini mempunyai pinjaman atau kredit, sebaiknya dilunasi dengan segera. Jika Anda menggunakan kartu kredit, sebaiknya batasi penggunaan kartu tersebut hingga seefisien mungkin. terkecuali jika Anda menggunakan kartu kredit tersebut, untuk mengembangkan usaha atau bisnis tertentu. Sudah pasti penggunaan kartu kredit ini jadi lebih menguntungkan.

  1. Buat tabungan otomatis

Tidak ada salahnya jika mendaftarkan diri pada program pensiun. Dengan demikian, dana yang ada di bank, akan langsung terpotong otomatis. Dana seperti ini, dapat Anda gunakan, untuk hal-hal yang tidak terduga nantinya.

Sedikit tips untuk Anda, pastikan dana yang akan dipotong kelak, tidak akan mengganggu sistem pengeluaran per bulan dari total dana yang dimiliki.

  1. Mulai berinvestasi

Saat ini ada cukup banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih dan lakukan, mulai dari investasi emas, saham, dan yang lainnya. kali ini pilih salah satu jenis investasi yang dirasa tepat, dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Akan lebih baik, jika jenis investasi tersebut, termasuk jenis investasi yang dapat dicicil modal awalnya. Dengan demikian, pengeluaran untuk investasi tersebut tidak akan mengganggu sistem pengeluaran bulanan Anda.

Sedikit tips tambahan untuk hal ini, perhatikan sistem keuangan yang dimiliki, pastikan jenis-jenis rasio keuangan jelas dan terperinci. Sehingga Anda tahu nilai keuntungan dan kerugian yang diperoleh.

Walaupun cara mencapai kebebasan finansial yang disebutkan dia atau, terbilang mudah, namun umumnya, pada proses pelaksanaannya, banyak yang sulit menjalankannya. 

Tinggalkan Balasan