Bagaimana Agar Website Saya Masuk Halaman Satu Google ? | Anyabila

Bagaimana Agar Website Saya Masuk Halaman Satu Google ?

Banyak sekali pertanyaan mengenai bagaimana cara agar website dapat tampil di halaman satu hasil pencarian google.

Orang yang bertanya ini tentu saja sudah memahami bagaimana pentingnya website bisa masuk di halaman 1 google atau dengan kata lain mudah ditemukan saat pengguna Google mencari produk atau jasa yang Anda jual.

Bagaimana caranya?

Dan, apakah jika website kita sudah masuk ke halaman 1 google penjualan akan meningkat?

OK, dua pertanyaan inilah yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Cara Agar Website Dapat Tampil di Halaman Satu Hasil Pencarian

Bagaimana agar website kita mudah ditemukan oleh calon pembeli yang menggunakan Google? Ada dua syarat agar website Anda mudah ditemukan di Google

1. Website Anda harus sudah diindex oleh Google dan tetap terindex.

Artinya website Anda sudah masuk ke database Google, sebab saat seseorang mencari di mesin pencari google, maka google akan mencari ke databasenya. Apakah website Anda ada di database Google? Jika tidak ada, maka jangan harap akan muncul di hasil pencarian.

Istilahnya jika website Anda belum terindex di Google, maka website Anda tidak muncul di hasil pencarian Google.

Bagaimana agar terindex di Google? Caranya sederhana, biarkan robotnya Google datang ke website Anda. Salah satu teknik yang bisa dilakukan ialah dengan social bookmarking, backlink, ping, dan sebagainya.

Anda juga bisa mengunjungi https://search.google.com/search-console/ untuk mendaftarkan website Anda di mesin pencari google dan melakukan submit XML maps.

manfaat seo mendatangkan traffic ke website
Data yang dapat kita lihat nantinya

Setelah terindex, tugas selanjutnya tetap terindex sebab Google bisa saja menghapus website kita di databasenya, atau istilahnya deindex.

Penyebabnya adalah saat Google menilai website kita tidak layak masuk ke databasenya.

Misalnya jika website kita dianggap hanya berisi konten sampah (tidak berkualitas) dan SPAM (hanya promosi tanpa memberikan manfaat dan berlebihan).

Agar website Anda tetap terindex, Anda harus menjaga agar hanya menggunakan taktik pemasaran yang baik saja dengan memberikan konten yang berkualitas serta memberikan manfaat untuk pembaca.

2. Memiliki Kualitas Terbaik Dimata Google

Saat pengguna google akan mencari informasi, dia memasukan kata kunci ke mesin pencari Google. Google akan mencari konten di databasenya yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Jika hanya website Anda yang relevan dengan kata kunci tersebut, maka pastinya website Anda yang akan ditampilkan.

Masalahnya, jika ternyata banyak website yang lain juga relevan dengan kata kunci tersebut, Google harus memilih dan menampilkan yang terbaik dan tercocok berurutan.

Jika website anda masuk ke 10 besar terbaik, maka akan masuk ke halaman 1. Jika tidak, maka tidak akan tampil di halaman 1. Semakin banyak saingan, tentu akan semakin sulit masuk halaman 1.

Sebelum memilih topik konten yang akan Anda tulis, sebaiknya perhatikan poin berikut.

  1. Rendahnya persaingan
  2. Pilih kata kunci yang relevan
  3. Gunakan SEO > Lihat manfaat SEO

Bagaimana Google Menilai Kualitas Konten?

Tentu saja akan sulit jika menggunakan penilaian manusia, sebab website itu sangat banyak. Google pastinya menggunakan mesin atau program yang dirancang untuk bisa menilai dan mengurutkan hasil pencarian website. Meskipun kabar terakhir, mesin tersebut divalidasi oleh ribuan penilaian manusia.

Karena penilaian dilakukan oleh mesin, maka penilaian akan dihitung dengan angka (kuantitatif). Saya tidak tau rumus penilaiannya, hanya saja pasti mengarah agar memberikan hasil pencarian sebaik mungkin.

  1. Relevansi: sejauh mana kesesuaian antara kata kunci yang dicari dengan konten di website kita. Namun jangan berlebihan, sebab siapa pun tidak suka berlebihan. Misalnya jangan menaruh kata kunci di konten kita terlalu banyak. Lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO sebagai indikator SEO atau lihat pesaing Anda menggunakan berapa banyak kata kunci.
  2. Kepercayaan atau Pengakuan: Bisa dilihat dari jumlah link yang merujuk ke website Anda termasuk jumlah interaksi sosial media. Orang menyebutnya dengan backlink dan social signal. Google inginnya alami, artinya memang benar-benar orang menyukai website kita, bukan sengaja dibuat oleh kita sendiri. Google sedang mengambangkan cara menilai backlink agar bisa mengetahui orang-orang yang mengakalinya.
  3. Perilaku pembaca/pengguna: cara penilaian lain ialah dengan melihat pembaca konten kita. Jika mereka betah, akan dianggap bagus. Jika pembaca tidak betah, Google menganggap konten kita jelek. Jadi usahakan pembaca website Anda betah dengan konten yang bermanfaat.
  4. Kadang ada beberapa hal teknis yang bisa merusak ketiga faktor diatas. Misalnya penempatan kata kunci yang tidak baik, kesulitan orang untuk berbagi konten di sosial media, termasuk lama loading website bisa mempengaruhi penilaian. Misalnya, jika website kita loadingnya lama, orang tidak sabar, dan langsung menutup website tersebut, maka Google bisa saja menilai website kita jelek.

Apakah Penjualan Akan Naik?

Ada sebuah rumusan yang mempengaruhi penjualan, yaitu Jumlah pengunjung dikalikan dengan tingkat konversi. Misalnya Anda punya 100 pengunjung perhari dengan konversi 1%, maka penjualan yang terjadi hanya 1 kali. Jadi untuk meningkatkan penjualan, harus ditingkatkan pula konversinya selain jumlah pengunjung.

Untuk menambah jumlah pengunjung ialah dengan mengusahakan setiap konten yang ada di website masuk ke halaman 1. Semakin banyak konten yang masuk ke halaman 1 untuk kata kunci terkait, akan semakin banyak jumlah pengunjung. Jadi jelas, kuantitas dan kualitas konten sangat penting keduanya.

Untuk meningkatkan konversi penjualan:

  1. Asal pengunjung yang tergantung dengan pemilihan kata kunci yang tepat.
  2. Desain website Anda, jika meragukan maka konversi akan menurun.
  3. Kepercayaan, pembeli hanya akan membeli kalau mereka percaya.
  4. Cara pelayanan (customer service), semakin baik semakin besar konversi.

Kesimpulan

Untuk masuk ke halaman satu Google maka faktor relevansi dan kualitas sangat penting. Kita harus memahami bagaimana cara Google menilai website kita agar tidak terhalang masalah teknis. Agar jumlah pengunjung banyak, selain kualitas, kuantitas juga penting, dan yang terakhir tingkatkan konversi agar penjualan Anda juga naik.

Mudah-mudahan website Anda masuk halaman satu Google dan mendapatkan penjualan yang banyak.

Tinggalkan Balasan