Bagaimana Cara Membaca Laporan Keuangan Saham Dengan Benar ? | Anyabila

Bagaimana Cara Membaca Laporan Keuangan Saham Dengan Benar ?

Bagi para investor saham sangat wajib mengetahui cara membaca laporan keuangan saham, dengan begitu aspek keuangan dalam studi kelayakan bisnis pada sebuah perusahaan bisa terlihat. Bila memahami cara membaca keuangan saham para investor dapat dengan mudah mengerti kinerja keuangan suatu perusahaan. Disini lah investor bisa memutuskan investasi yang bijak dan benar. Dengan demikian hal utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli saham sebuah perusahaan harus membaca terlebih dulu laporan keuangan. 

Kenapa Laporan Keuangan Sangat Penting ?

Laporan keuangan merupakan sebuah catatan keuangan pada suatu perusahaan dengan periode tertentu. Biasanya setiap satu bulan sekali bahkan satu tahun. Baik itu investasi dalam jangka yang singkat atau pendek laporan keuangan tetaplah penting. Karena, ini sebagai patokan untuk melihat seperti apa potensi saham dari perusahaan tersebut. Dalam laporan keuangan anda bisa mengetahui informasi aset yang dimiliki perusahaan, laba bersih perusahaan, sampai Langkah yang akan diambil untuk kedepanya. Jadi, untuk anda para investor saham hal ini tidak bisa diremehkan. 

Cara Membaca Laporan Keuangan Saham Perusahaan 

Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia saham mungkin akan sedikit sulit untuk memahami bagaimana cara membaca laporan keuangan saham. Untuk membaca sebuah laporan keuangan terdapat 3 pokok yang anda perlu pahami, bila anda sudah memahami tiga hal tersebut berarti anda sudah mengerti bagaimana cara membaca laporan keuangan saham suatu perusahaan. Berikut adalah cara membaca laporan keuangan saham setiap bagian tersebut. 

  1. Neraca Keuangan

Melalui neraca keuangan anda bisa melihat kondisi keuangan perusahaan seperti aset lancar, piutang dan masih banyak lagi. Dengan ini anda bisa menyimpulkan bagaimana kondisi perusahaan dimana kamu menanam saham. Sebuah perusahaan bisa dikatakan sehat bila mempunyai neraca keuangan yang baik. neraca keuangan juga dapat dijadikan sebuah penilaian dalam mengelola perusahaan dan operasionalnya. Perusahaan yang sehat juga mampu melunasi pelunasan vendor maupun pemenuhan kebutuhan sumber daya yang diperlukan. Dan yang terpenting adalah keuangan yang baik jika perusahaan bisa membayar pemegang saham. 

  1. Laporan Arus Kas

Membaca laporan arus kas juga tidak boleh kamu tinggalkan, pasalnya dengan laporan arus kas anda dapat melihat apakah aliran dana perusahaan lancar atau tidak misalnya untuk gaji karyawan, membeli aset, dan lain sebagainya. Melihat laporan ini juga anda dapat mengetahui apakah perusahaan menerima dengan baik investor atau tidak

  1. Laporan Laba Rugi

Untuk membaca laporan laba rugi dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi, karena anda akan membaca apakah perusahaan tersebut memiliki keuntungan atau malah kerugian. Tetapi, perusahaan yang mengalami kerugian belum tentu perusahaan itu tidak sehat, sebab banyak faktor kenapa perusahaan merugi misalnya saja terjadi bencana alam. Begitupun sebaliknya anda juga perlu mengetahui apa yang membuat perusahaan itu untung. 

Tinggalkan Balasan