Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral: Tujuan, Tugas, Wewenang | Anyabila

Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral: Tujuan, Tugas, Wewenang

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral seharusnya memang menjadi sebuah informasi yang sudah diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.  Hanya saja Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahuinya. 

Table of Contents

Tujuan Didirikannya Bank Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa di semua negara membutuhkan lembaga khusus yang dapat memantau,  mengendalikan atau mengatur keuangan negara.  Hal ini penting mengingat keuangan negara cukup riskan karena berkaitan dengan berbagai aspek dalam negara tersebut. Sehingga perlu adanya lembaga khusus yang memang bertugas untuk menangani keuangan negara tersebut. 

Terlepas dari negara tersebut adalah negara besar atau kecil,  tetap saja bahwa perekonomian negara tersebut harus diatur dengan baik.  Hal ini karena kebutuhan dan jumlah sektor ekonomi dalam sebuah negara sangatlah kompleks sehingga pengaturan ekonomi ini akan menjaga kestabilan sistem keuangan negara. Dan tentunya hal seperti ini juga berlaku bagi aspek keuangan dalam studi kelayakan bisnis. 

Tugas Dan Wewenang Bank Indonesia

Perlu diketahui bahwa didalam suatu negara terdapat sebuah lembaga yang tugas khususnya adalah mengatur keuangan negara. Khususnya negara Indonesia yang mana memiliki lembaga keuangan dimana tugasnya adalah menjaga kestabilan keuangan negara demi mewujudkan kondisi perekonomian yang baik. 

Dalam hal ini dinegara Indonesia tugas tersebut dijalankan oleh Bank Indonesia.  Secara keseluruhan intinya memang mengatur semua keuangan negara,  namun agar lebih terperinci dan jelas berikut ini dijabarkan tentang apa sajakah tugas dari Bank Indonesia sebagai Bank Sentral.

  1. Menjaga Agar Sistem Pembayaran Tetap Lancar

Didalam suatu negara tentu terdapat berbagai transaksi keuangan, baik itu yang bersifat tunai maupun non tunai. Disinilah tugas Bank Indonesia yang harus menjaga agar sistem pembayaran negara tetap lancar. 

  1. Membuat,  Menetapkan Dan Mengatur Kebijakan Moneter
Baca Juga:  Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tak Cepat Habis

Bank Indonesia juga memiliki wewenang dalam membuat kebijakan moneter negara dimana didalamnya termasuk pembatasan kredit maupun jumlah minimal untuk cadangan bank.

Bank Indonesia juga bertugas membuat serta melaksanakan ketetapan moneter yang mana nantinya akan berpengaruh terhadap peredaran uang.  Hal ini bertujuan agar laju perekonomian negara tetap terpantau dan terkendali. 

  1. Melakukan Pengaturan Dan Pengawasan Terhadap Lembaga Perbankan

Di Negara Indonesia sendiri terdapat banyak sekali lembaga perbankan. Disinilah peran Bank Indonesia dimana tugasnya adalah membuat peraturan sistem keuangan yang baik demi menuju kestabilan perekonomian negara. 

Sedangkan untuk wewenangnya sendiri adalah membuat kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan perbankan,  melakukan pengawasan terhadap lembaga – lembaga perbankan serta memberikan sanksi atau pencabutan ijin bagi mereka yang melakukan pelanggaran terhadap kebijakan yang sudah dibuat.

Dengan beberapa penjelasan diatas tentunya bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa keuangan negara merupakan suatu hal yang krusial sehingga perlu adanya lembaga yang secara khusus membuat dan mengatur kebijakan sistem keuangan sehingga dengan adanya Bank Indonesia sebagai Bank Sentral ini akan membantu dalam mewujudkan kondisi perekonomian negara yang stabil. 

2 Replies to “Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral: Tujuan, Tugas, Wewenang

Leave a Reply

Your email address will not be published.