Cara Mengatur Uang Belanja Rumah Tangga Untuk Masa Depan | Anyabila

Cara Mengatur Uang Belanja Rumah Tangga Untuk Masa Depan

Cara mengatur uang belanja – Terpuruknya kondisi keuangan bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti minimnya tekad dalam mengolah keuangan serta tidak paham membuat anggaran untuk berbagai kebutuhan. Perlu diketahui seberapa besar pun pendapatan bulanan yang Anda miliki, tentu akan terus menguap jika tidak diolah dengan baik. Oleh sebab itu, Anda patut memahami cara mengatur keuangan rumah tangga sehingga Anda tidak mengalami kesulitan jika ingin berbelanja saat akhir bulan.

Cara Atur Uang Belanja Dengan Gaji Kecil

Apabila Anda ingin mengatur uang belanja, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut agar keuangan rumah tangga bisa terkontrol dengan baik.

  1. Membuat anggaran bulanan

Setiap orang memang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga Anda harus benar-benar jeli dan pintar dalam mengatur kebutuhan. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa yang sekiranya sangat dibutuhkan atau sebaliknya hanya keinginan semata. Selain itu, supaya Anda lebih mudah mengatur uang belanja, sebaiknya membuat anggaran bulanan dengan membaginya menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan pokok seperti makanan, cicilan rumah, ongkos transportasi untuk bekerja, tagihan listrik, tagihan air dan lainnya. Selanjutnya ada kebutuhan tersier seperti traveling, shopping, hang out dan lainnya. Apabila ingin berhemat, sebaiknya Anda lebih memprioritaskan kebutuhan primer agar Anda tidak kesusahan mengurus rumah tangga. Sementara itu, jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan anggaran kebutuhan tersier untuk menyegarkan pikiran ataupun bersenang-senang.

  1. Membuat laporan keuangan harian

Membuat laporan keuangan harian sangatlah penting agar Anda lebih mudah mengatur uang bulanan. Oleh sebab itu, Anda harus selalu mencatat pengeluaran setiap harinya sehingga Anda bisa mengetahui kemana saja Anda membelanjakan uang tersebut.

  1. Selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit
Baca Juga:  8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Cermat

Cara mengatur uang belanja selanjutnya ialah Anda harus selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit. Sebab keberadaan kartu kredit sebenarnya tidak hanya dapat memudahkan urusan belanja rumah tangga, namun juga bisa menjadi bumerang jika digunakan secara sembarangan. Penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol memang sangat merugikan Anda, untuk jika Anda ingin mengatur uang belanja dengan sempurna maka Anda harus bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak atau sebaiknya tidak menggunakannya.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengatur Uang Belanja

Jika Anda ingin sukses dalam mengatur uang belanja maka patut menghindari beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor

Untuk berpergian sebaiknya Anda mempertimbangkan berjalan kaki, naik kendaraan umum atau naik sepeda dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini berguna untuk penghematan BBM sekaligus membuat tubuh menjadi tetap sehat.

  1. Hindari berhutang

Apabila Anda ingin mengatur uang belanja dengan baik, sebaiknya hindari berhutang, baik itu hutang nominal kecil maupun besar. Hal ini patut diperhatikan, sebab kebiasaan berhutang tidaklah baik karena dapat membuat penghasilan Anda menjadi terkuras hanya untuk membayar cicilan bulanan dan bunganya.

  1. Kurangi kebiasaan makan di luar atau pesan makanan online

Cara mengatur uang belanja terakhir ialah mengurangi kebiasaan makan di luar dan pesan makan online. Pasalnya jika kebiasaan ini rutin dilakukan tentu akan menghabiskan gaji yang telah Anda peroleh secara cepat. Untuk itu, Anda wajib menghindari kebiasaan makan di luar rumah jika memang ingin mengatur uang belanja dengan bijak.

2 Replies to “Cara Mengatur Uang Belanja Rumah Tangga Untuk Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.