Cara Menjual Produk dan Jasa Dengan PengOptimalan SEO | Anyabila

Cara Menjual Produk dan Jasa Dengan PengOptimalan SEO

Ya, mengapa kita harus mempertimbangkan cara menjual produk dan jasa dengan SEO, karena memberikan hasil jangka panjang. Sekali Anda menulis konten, kemudian terindex dan dapat ranking, maka website Anda akan terusmenerus mendapatkan kunjungan dari orang yang mencari produk atau informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda.

Jika saja Anda membayar iklan PPC dengan biaya Rp 500 saja per klik, maka untuk mendatangkan 1000 kunjungan per hari, Anda membutuhkan anggaran Rp 500.000 per hari atau Rp 15.000 per bulan. Jika Anda menggunakan SEO, Anda bisa mendatangkan 1.000 kunjungan PER HARI dengan biaya yang jauh lebih murah, nyaris gratis jika semua dikerjakan sendiri. Kalau pun di outsourcing atau membayar karyawan, tidak harus membayar sampai belasan juta per bulannya.

Bukankah Cara Menjual Produk dan Jasa Dengan SEO Memerlukan Waktu?

Salah satu pertanyaan, bukankah cara menjual produk dengan SEO itu memerlukan waktu? Ada dua hal yang harus ditunggu jika kita mempromosikan produk dengan taktik SEO, yang pertama waktu website atau halaman diindex oleh mesin pencari dan menunggu agar halaman kita mendapatkan ranking di mesin pencari. Ini memerlukan waktu bisa sampai bulanan.

Jawaban atas pertanyaan itu adalah:

Pertama: mungkin karena dia yang bertanya belum mengetahui teknik untuk mempercepat pengidexan dan mempercepat ranking.

Baca Juga:  5 Tingkatan Produk dan Contohnya Manajemen Pemasaran

Kedua: mungkin saja akan lama jika hanya menggunakan SEO sebagai satu-satunya taktik promosi.

Artinya ada tektik-teknik mempercepat hasil SEO yang perlu kita pelajari dan menjadikan SEO sebagai salah satu (bukan satu-satunya) marketing mix yang diintegrasikan dengan taktik-taktik pemasaran lainnya.

Cara Menjual Produk dan Jasa Dengan SEO Step by Step

Langkah Pertama: Lengkapi Dengan Blog

Kunci dari taktik SEO jangan sekarang yang sering mengalami perubahan ialah menggunakan strategi SEO tahan banting agar kita tidak perlu repot saat ada perubahan lagi. Kuncinya ada di kualitas dan relevansi konten serta kesegaran konten (sering diupdate). Karena peran kontan sangat penting, maka toko online saja tidak akan cukup, apalagi produk yang kita jual itu-itu saja. Untuk itu perlu dikombinasikan dengan kekuatan blog agar bisa membuat konten yang berkualitas, relevan, dan kita bisa mengupdate kapan saja kita mau.

Jika toko online atau sales letter Anda belum memiliki blog, maka perlu ditambahkan blog baik pada domain yang sama dengan cara menambahkan subdirektori atau sub domain. Atau bisa juga dengan membuat blog pada domain terpisah. Blog yang kita buat tentu saja harus blog yang teroptimasi SEO dengan baik, bukan sembarangan blog. Kekuatan blog gratisan jelas akan kalah oleh blog berbayar jika optimasi SEO yang dilakukan sama. Jika Anda memerlukan bantuan untuk membuat blog profesional dan teroptimasi SEO, kami siap membantu Anda, klik di sini.

Bagi Anda yang belum punya toko online dan berencana membuat toko online, maka Anda bisa membuat toko online yang ada fitur blognya, artinya terintegrasi sekaligus antara toko online dan blog. Ini akan memudahkan dalam pengoperasian dan pemeliharaan website Anda, karena hanya ada 1 website yang berfungsi blog dan toko online sekaligus. Bagaimana cara membuatnya, silakan serahkan saja kepada kami, klik di sini.

Baca Juga:  Taktik Pemasaran : Mendatangkan, Tangkap, dan Daya Ungkit

Langkah Kedua: Riset Kata Kunci

Caranya mudah, Anda bisa menggunakan Google Keyword Tool untuk mencari kata kunci yang berkaitan dengan produk Anda. Masukan kata kunci pada alat di atas, pilih bahasa dan target negara, kemudian cari, maka Anda akan menemukan banyak kata kunci sebagai ide untuk konten Anda. Gunakan kata-kata kunci itu sebagai ide pembuatan konten di blog Anda.

lakukan riset kata kunci dengan google keyword planner sebelum mulai jualan produk

Langkah Ketiga: Kembangkan Ide Anda

Sering kali kita kesulitan membuat konten yang membahas produk kita. Jika membuat satu atau dua konten, masih memungkinkan. Tetapi jika untuk membuat konten yang banyak, kita bisa kehabisan ide. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkan ide agar kita tidak mudah kehabisan konten. Contoh, misalnya saya menjual Jaket, saya bisa membahas masuk angin, motor, kesehatan, perjalanan motor, gaya hidup, dan sebagainya selama masih bisa dikaitkan dengan jaket. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan banyak ide untuk konten Anda.

Langkah Keempat: Buatlah Konten Berkualitas dan Upload Secara Reguler

Kriteria konten berkualitas adalah bermanfaat dan pengunjung suka dengan konten Anda. Jangan copy paste, karena Google akan mengetahuinya, ini tidak akan bermanfaatkan. Kemudian, jangan lupa update secara reguler, artinya jangan sekaligus jangan juga terlalu jarang.

Langkah Kelima: Tambahkan sosial Signal

sosial Signal adalah salah satu cara google menilai konten kita. sosial signal akan mempercepat terindex dan akan mempercepat mendapatkan ranking.

Apa saja sosial signal yang dimaksud ?

  1. sosial Network: fokus pada ketiga SN ini yaitu twitter, facebook, dan google plus.
  2. sosial Bookmark: bisa menggunakan sosial Poster.

Artinya makin banyak konten Anda di share baik di sosial network dan sosial bookmar, akan makin bagus untuk SEO.

Baca Juga:  Memahami Pengertian Dan Jenis Jenis Rasio Keuangan

Langkah Keenam: Tambahkan Backlink

Pastikan Anda menambahkan backlink yang berkualitas, sedikit tidak apa-apa, yang penting berkualitas. Jangan tergiru oleh tawaran ribuan bahkan puluhan ribu backlink yang bisa membahayakan website Anda.

Saran backlink yang bisa digunakan:

  1. Guest Blogging (menjadi tamu di blog orang lain, dengan link balik ke konten kita)
  2. Press Release, sayangnya saya belum menemukan yang khusus Indonesia. silakan cari di google, ada yang berbayar ada juga gratis.
  3. Document Sharing, Anda membuat dokumen baik MS Qord, PDF, dan Slide, kemudian share di bebagai document dan slide sharing (silakan cari di google, banyak koq)
  4. Youtube, buat video, upload di youtube, dan berikan backlink ke konten Anda di deskripsinya.

Kesimpulan

Bukanlah tongkat ajaib, artinya perlu usaha dan biaya (Meskipun jauh lebih hemat). Mudah-mudahan artikel Cara Menjual Produk dan Jasa Dengan SEO ini bermanfaat untuk Anda.

3 Replies to “Cara Menjual Produk dan Jasa Dengan PengOptimalan SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published.