Contoh Pengawasan Dalam Manajemen Kepemimpinan | Anyabila

Contoh Pengawasan Dalam Manajemen Kepemimpinan

Para petinggi atau manajer merupakan pemimpin untuk seluruh anggota pada organisasi. Para pemimpin tersebut memiliki fungsi sebagai pengarah dan pengawasan. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai salah satu fungsi dari pemimpin, yaitu fungsi pengawasan dalam manajemen kepemimpinan beserta contoh.

Fungsi pengawas merupakan fungsi seorang pemimpin untuk melihat, memperhatikan, dan mengevaluasi anggota organisasi yang dipimpinnya agar selalu berada pada jalur yang sesuai dengan tujuan organisasi.

Sedangkan, fungsi pengarah adalah fungsi pemimpin dalam mengarahkan atau membimbing para anggotanya agar tidak melenceng dari tujuan organisasi.

Contoh Fungsi Pengawasan Dalam Manajemen Kepemimpinan

Contoh Fungsi Pengawasan Dalam Manajemen Kepemimpinan

Kamu adalah seorang manajer di salah satu perusahaan besar yang memproduksi makanan cepat saji, sebut saja perusahaan KFF. Sebagai seorang manajer, kamu memiliki tugas untuk mengawasi para karyawan yang berapa pada divisi yang kamu kelola.

Kamu akan mengawasi mereka agar tidak menyimpang dari tujuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Artinya, kamu akan mengawasi mereka mulai dari awal kerja hingga pulang kerja.

Kamu akan mengawasi apakah mereka tepat waktu masuk kerja, kerja sesuai dengan porsinya, dan melayani pelanggan dengan baik.

Jika karyawan ada yang menyimpang, kamu akan mengawasinya dan mencatat hal-hal yang melenceng pada karyawan tersebut. Misalnya, karyawan ini sering sekali masuk telat.

Setelah kamu mengawasi karyawan tersebut dan merasa ada yang tidak beres dan berulang. Maka fungsi pengarah seorang manajer akan berjalan disini.

Kamu mulai menegurnya, memberitahunya bahwa masuk kerja harus tepat waktu, dan memberikan konsekuensi terhadap apa yang ia lakukan.

Selain itu, pada fungsi pengawasan seorang manajer bukan melihat nilai minus dari karyawannya saja. Tetapi nilai positif semua karyawan. Misalkan, ada seorang karyawan yang memiliki kinerja sangat baik. Ia rajin masuk dan memiliki kelebihan dalam melayani pelanggan.

Baca Juga:  Karakteristik Budaya Organisasi Menurut Ahli Fred Luthans

Bahkan, banyak pelanggan yang datang kembali untuk membeli produk karena pelayanan dia yang ramah.

Sebagai seorang pengawas, kamu perlu mencatat apa saja nilai positif karyawan tersebut yang berdampak baik bagi perusahaan.

Kemudian sebagai manajer yang memiliki fungsi pengarahan atau pembimbing, kamu dapat mengapresiasinya agar kinerja karyawan tersebut dapat terus ia tingkatkan atau pertahankan.

Apresiasi yang dapat kamu berikan berupa:

  1. Kenaikan jabatan
  2. Bonus kerja
  3. Ucapan selamat

15 Replies to “Contoh Pengawasan Dalam Manajemen Kepemimpinan

  1. Just wish to say your article is as astonishing.
    The clearness in your put up is simply excellent and
    that i could suppose you are an expert on this subject.
    Fine together with your permission allow me to grasp your feed
    to keep up to date with imminent post. Thank you a million and please keep
    up the enjoyable work.

  2. Your style is so unique compared to other folks I’ve
    read stuff from. Many thanks for posting when you’ve got the
    opportunity, Guess I will just book mark this web site.

  3. Hi! Would you mind if I share your blog with my facebook group?

    There’s a lot of people that I think would really enjoy your content.
    Please let me know. Cheers

  4. ivermectin cream Following acquisition, the spectra were processed and analyzed using ACD software Advanced Chemistry Development, Toronto, Ontario, Canada followed by post processing steps of Fourier transformation, phasing and baseline correction

Leave a Reply

Your email address will not be published.