Dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan Harus Memperhatikan Bauran Pemasaran | Anyabila

Dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan Harus Memperhatikan Bauran Pemasaran

Untuk mendorong produk atau jasa laris terjual, perusahaan harus melakukan analisa menyeluruh sebelum menawarkan produknya ke konsumen. Dalam manajemen pemasaran perusahaan harus memperhatikan bauran pemasaran yang terdiri atas produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).

Secara dasar perusahaan harus memahami bauran pemasaran atau marketing mix. Lebih lanjutnya, perusahaan mampu memahami juga apa itu strategi 7P.

Dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan Harus Memperhatikan Bauran Pemasaran Yang Terdiri Atas

1. Produk (product)

Dalam manajemen pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang bernilai yang berguna untuk memenuhi keinginan konsumen tertentu. Produk dapat berupa barang atau jasa.

Selain itu, produk adalah sesuatu yang nantinya perusahaan akan jual untuk mendapatkan laba.

Produk memiliki siklus hidup, yang mana produk akan melewati beberapa fase. Fase awal adalah fase perkenalan produk, kemudian produk akan mulai laku terjual atau kita sebut sebagai fase pertumbuhan. Setelah produk mengalami pertumbuhan, produk akan berhenti pada fase jatuh tempo atau fase datar yang berarti rata-rata penjualan tidak mengalami pertumbuhan signifikan.

Terakhir, produk akan memasuki fase penurunan atau mati. Untuk mengatasi hal ini perusahaan harus terus mengeluarkan inovasi.

2. Harga (price)

Dalam bauran pemasaran, harga adalah jumlah biaya yang perlu konsumen berikan untuk mendapatkan produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

Penentuan harga harus membandingkan beberapa faktor seperti harga kompetitor, daya beli target konsumen, dan biaya operasional perusahaan.

Kita tidak boleh menjual produk terlalu mahal atau pun terlalu murah.

3. Tempat (place)

Tempat akan mengacu kepada ketersediaan produk atau jasa dipasaran. Sehingga distribusi dari produk ini dapat jelas dan meluas.

Dalam pemilihan tempat, kita harus melihat pada beberapa faktor seperti keramaian tempat, kenyamanan, hingga apakah konsumen dapat mudah menjangkau tempat tersebut.

4. Promosi (promotion)

Yang terakhir, promosi adalah kegiatan menginformasikan produk atau jasa ke konsumen dengan mengutamakan informasi fitur dan manfaat. Promosi juga menyiratkan bahwa konsumen tidak mungkin membeli produk jika mereka tidak mengetahui bahwa produk tersebut eksis.

Metode promosi dapat melalui periklanan, secara langsung, atau secara offline.

Tinggalkan Balasan