7 Dampak Positif Dari Perdagangan Internasional Adalah | Anyabila

7 Dampak Positif Dari Perdagangan Internasional Adalah

Perdagangan internasional ialah perdagangan yang terjadi antar 2 negara yang menjalin hubungan secara billateral. Artinya, perdagangan ini terjadi karena adanya kebutuhan dari kedua negara tersebut untuk memenuhi keinginan dari warga negaranya. Sedangkan, dampak positif dari perdagangan internasional adalah … Mari kita bahas !

Dampak Positif Perdagangan Internasional Adalah

dampak positif perdagangan internasional bagi negara adalah peningkatan devisa

Pada zaman ini, sangatlah mudah bagi kita untuk menemukan barang dari negara luar berjejeran di swalayan. Bahkan mungkin, hal tersebut saat ini terlampau mudah.

Hal di atas merupakan salah satu dari manfaat positif berdagangan internasional. Berikut dampak positif dari perdagangan internasional yang telah kami rangkum, yaitu:

  1. Mencukupi kebutuhan warga negara
  2. Menaikan devisa negara
  3. Membuka lapangan pekerjaan
  4. Membuka banyak peluang bisnis baru
  5. Memperluas jaringan bisnis
  6. Peningkatan teknologi
  7. Pertukaran budaya

Mencukupi Kebutuhan Warga Negara

Suatu negara akan memiliki sumberdaya alam yang terbatas dari segi jumlah maupun variasi, sedangkan keinginan dari warga negara tidaklah kita dapat batasi.

Misalnya rempah-rempah.

Negara eropa akan memiliki sedikit jumlah rempah-rempah jika kita bandingkan dengan negara pada kawasan Asia. Sehingga demi memenuhi kebutuhan rempah-rempah negaranya, mereka akan mencari sumber yang memiliki hal tersebut.

Jika kita menengok ratusan tahun yang lalu, demi memenuhi kebutuhan ini mereka melakukan penjajahan. Sedangkan untuk saat ini karena kolonialisme telah dihapus (walaupun tidak seluruhnya), untuk memenuhi kebutuhan tersebut mereka harus bekerja sama atau membangun hubungan billateral dengan negara penyedia rempah-rempah.

Selain itu, suatu negara akan lebih berfokus memproduksi barang yang ia kuasai daripada harus membuat semua tipe barang. Untuk lebih memahami akan hal ini, simak penjelasan mengenai keunggulan absolut dan komparatif.

Menaikan Devisa Negara

Sudah bukan rahasia lagi jika dampak positif dari perdagangan internasional adalah menaikan nilai devisa negara.

Semakin banyaknya transaksi ekspor akan membuat devisa negara semakin besar.

Devisa sendiri akan sangat berguna untuk membayar hutang luar negeri, mengadakan barang dari luar negeri, hingga mengakomodasi jika atlet kita berkompetisi diluar negara.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Bagi para pencari kerja, perdagangan internasional menjadi berkah tersendiri. Hal tersebut karena dengan adanya perdagangan internasional akan membuka lapangan pekerjaan semakin luas.

Dalam pemasaran global, jika pemasaran ke luar negaranya ingin berjalan secara optimal. Mereka haruslah berani berinvestasi untuk membuka cabang di negara yang mereka jadikan target penjualan.

Dengan pembukaan cabang, artinya terdapat perusahaan baru yang dapat membukakan lowongan.

Di negara Indonesia pun dampak positif dari perdagangan internasional ini sudah dapat kita lihat dari banyaknya perusahaan modal asing (PMA) yang berdiri.

Membuka Banyak Peluang Bisnis Baru

Semakin luas jangkauan penjualan berarti semakin banyak juga konsumen yang dapat kita raih. Artinya, semakin banyak juga masalah dan solusi yang dapat kita tawarkan.

Hal ini tentunya menjadi peluang bagi kita yang ingin membuka bisnis baru atau memperluas jangkauan bisnis.

Memperluas Jaringan Bisnis

Bagi para pelaku bisnis yang memiliki modal besar, tentunya hal ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk memperluas distribusi atau jaringan bisnisnya ke luar negera.

Lihat saja NIKE atau Adidas yang memiliki banyak cabang diberbagai negara belahan dunia.

Peningkatan Teknologi

Dengan adanya perdagangan internasional akan meningkatkan informasi dan teknologi dari suatu negara.

Misalnya Indonesia dapat menikmati teknologi smartphone Apple atau android yang asalnya dari luar negara kita.

Pertukaran Budaya

Dampak positif lainnya dari perdagangan internasional adalah adanya pertukaran budaya. Kita menjadi bisa lebih terbuka dengan dunia luar dan memahami orang-orang diluar sana.

Walaupun perlu kita catat, tidak semua dari pertukaran budaya ini baik. Malah mungkin pertukaran budaya ini lebih banyak membawa hal negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.