Dasar Yang Digunakan Untuk Perencanaan Strategis Pada Usaha Ritel | Anyabila

Dasar Yang Digunakan Untuk Perencanaan Strategis Pada Usaha Ritel

Bisnis ritel merupakan bisnis yang paling populer. Hal tersebut karena bisnis ritel tidak perlu melakukan proses produksi. Walaupun jumlah konsumen yang bertransaksi pada bisnis ritel sangat banyak, tidak menutup jumlah pesain yang terus meningkat tiap tahunnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas hal berikut ini yang digunakan menjadi dasar perencanaan strategis pada usaha ritel.

Sebelum kita membahas mengenai perencanaan strategi pada usaha ritel. Ada baiknya, kita mengetahui apa itu manajemen pemasaran bisnis ritel.

Manajemen pemasaran bisnis ritel adalah ilmu yang mempelajari bagaimana pengelolaan terhadap aktivitas antara penjual dan pembeli akhir. Dimana tujuan dari pembelian oleh konsumen adalah untuk konsumsi bukan untuk mereka jual kembali.

Setelah mengetahui pengertian dari manajemen pemasaran bisnis ritel, berikut ini dasar yang digunakan untuk perencanaan strategis pada usaha ritel:

Berikut Ini Dasar Yang Digunakan Untuk Perencanaan Strategis Pada Usaha Ritel

1. Pilih Produk

Dalam manajemen pemasaran bisnis ritel, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah menentukan produk apa yang akan kamu jual nantinya. Apakah kamu akan menjual kemasan, bahan bangunan atau makanan dan aksesoris.

Pilihlah yang paling sedikit pesaingnya atau yang paling kamu kuasai.

2. Penentuan Lokasi

Lokasi dalam manajemen pemasaran bisnis ritel merupakan hal yang paling penting dan utama untuk kita analisa. Dalam bisnis ritel kita perlu mengetahui secara detail lokasi mana yang dapat mendatangkan keuntungan besar untuk produk yang kita jual.

Proses penentuan lokasi dalam manajemen pemasaran bisnis ritel bermula dari mengetahui produk yang ingin kita jual.

Baca Juga:  Ini Rahasia Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit Pandemi

Setelah mengetahui apa yang akan kita tawarkan kepada konsumen, ikutilah langkah berikut:

  • Ketahuilah target pasar produk yang akan kita jual
  • Cari lokasi yang terdapat banyak target konsumen
  • Survey lokasi dan analisa apakah tempat mudah terjangkau oleh konsumen
  • Cek biaya sewa apakah perkiraan pendapatan dapat menutupi biaya sewa tempat

3. Penyusunan Produk

Kamu perlu menyusun produk sedemikian rupa agar mudah konsumen temukan dan terlihat rapih. Dalam manajemen pemasaran, penyusunan produk ini sangatlah penting.

Jika konsumen merasa mudah menemukan produk yang akan mereka beli, tentunya hal tersebut akan menambahkan nilai costumer experience dan mereka pun akan senang untuk datang berbelanja kembali.

4. Promosi dan Promo

Dasar strategi dalam pemasaran bisnis ritel lainnya adalah promosi dan promo.

Kita sebagai pemilik usaha ritel harus mempromosikan apa yang kita jual. Promosi dapat kita lakukan dengan cara penyebaran info secara personal, pasang banner, menyebarkan brosur, atau iklan secara online.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, lakukanlah promo seperti harga diskon atau paket bundling pembelian.

2 Replies to “Dasar Yang Digunakan Untuk Perencanaan Strategis Pada Usaha Ritel

Leave a Reply

Your email address will not be published.