Download Buku Guru Buku Siswa Kelas 3 SD Terlengkap

Anyabila.comDownload Buku Guru Buku Siswa Kelas 3 SD Terlengkap Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 3 SD K13 2020

Buku siswa dan buku guru termasuk dalam buku teks pelajaran.Buku tersebut telah lama kita gunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Meskipun bersifat konvensional atau tradisional namun kita masih bisa menggunakannya sampai sekarang seiring dengan perkembangan jaman dan telah perbarui secara bertahap.

Dengan cara memisah antara Buku Guru dan Buku Siswa. Untuk mempermudah tugas siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran. 

Buku Guru dan Buku Siswa berisi materi yang sama, akan tetapi berisi petunjuk yang berbeda. Buku Guru  untuk guru sebagai pegangan pada saat memberikan pembelajaran.

Sedangkan, buku siswa sebagai buku pegangan siswa untuk mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung.

Telah termuat dalam PP mengenai pembelajaran adalah sumber utama untuk kecapaian KD dan KI. Dengan menggunakan Buku Guru dan Buku Sisiwa ini sangat membantu dalam mensukseskan PP No 32 Tahun 2013.

Download Buku Guru Buku Siswa Kelas 3 SD Terlengkap

Kegunaan Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas satu dalam kurikulum 2013 pada revisi tahun 2018 antara lain,

Kegunaan Buku Guru :

1. Sebagai Panduan Penggunaan Buku Siswa
Informasi yang selanjutnya akan kita peroleh dari Buku Guru sebagai berikut :
a.Kompetensi Isi, Kompetensi Dasar, Karakteristik Kurikulum 2013, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar.
b.Panduan penggunaan buku beserta penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.

2. Sebagai Penjelasan Metode yang ada dalam Proses Pembelajaran

3. Sebagai Patokan Pembelajaran 
a.Menjabarkan cara-cara yang  dapat membantu guru dalam memberikan pembelajaran.
b.Menjabarkan tujuan yang guru capai setelah guru memberikan pembelajaran kepada siswa.

Karakteristik Buku Guru

Salah satu perwujudan kurikulum 2013 adalah Buku Guru. Buku Guru memiliki karakteristik sebagai berikut,

  • Menanamkan pendidikan karakter meliputi nilai kejujuran, tanggung jawab, hidup sehat, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berpikir kreatif, logis, inovatif, mandiri, ingin tahu, cinta ilmu, santun, toleransi, demokratis, dan nasionalis yang kemudian kita dapat menerapkannya di lingkungan sekolah maupun masyarakat
  • Mengembangkan Kompetensi Inti untuk mencapai kompetensi yang terdapat dalam Kompetensi Inti agar menjadi unsur pengorganisasian.
  • Mengembangkan kompetensi dalam bentuk kompetensi Inti yang lebih spesifik lebih lanjut menjadi Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  • Memberikan waktu yang cukup leluasa kepada siswa dalam mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Kegunaan Buku Siswa

Buku Siswa berisi materi pembelajaran yang akan siswa gunakan untuk memudahkan dalam menguasai kompetensi Inti dan dasar.

1. Sebagai Lembar Penilaian bagi Siswa
lembar penilaian ini bersifat menguji  kemampuan siswa setelah menerima pembelajaran yang telah guru sampaikan.

2. Sebagai Panduan bagi Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran
Buku Siswa Kurikulum 2013 ada dengan tujuan agar siswa dapat belajar mandiri dan lebih aktif ketika guru hanya menyampaikan beberapa pokok-pokok materi. Sehingga Buku Siswa lengkap dengan beberapa subtema yang berisi tentang kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh siswa.

3. Sebagai Sarana Komunikasi antara Guru dan Siswa
Dengan adanya Buku Siswa Kurikulum 2013 menciptakan suasana pembelajaran yang komunikatif karena guru hanya memberikan pokok-pokok materi sehingga siswa bisa aktif bertanya jawab dengan guru saat pembelajaran berlangsung.

4. Penilaian dan Portofolio
Dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 berisi beberapa lembar kerja yang tersedia sebagai portofolio untuk melakukan penilaian.

Analisis Buku Siswa

Buku Siswa Kurikulum 2013 yang akan ada dalam proses pembelajaran, dengan demikian sebaiknya guru telah membaca dan menganalisis secara mendalam buku siswa sebelum melakukan pembelajaran. Hal tersebut untuk mencegah kesalahpahaman ketika dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 terdapat kekeliruan ataupun ketidaktepatan.

Sehingga guru juga  dapat melakukan langkah tepat untuk mengatasi kekeliruan tersebut dan dapat mencegah kesalahpahaman yang mungkin terjadi saat berlangsungnya proses pembelajaran.

Download Buku Guru Buku Siswa Kelas 3 SD Terlengkap

Oleh karena itu, sangat penting menganalisis Buku Siswa Kurikulum 2013 yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam melakukan analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. Kesesuaian isi buku dengan SKL,KI,dan KD
Perlunya melakukan pengecekan kesesuaian isi buku dengan kurikulum 2013 yang berlaku sebelum menggunakannya dalam proses pembelajaran dan jika ada yang tidak sesuai harus segera menindaklanjutinya Pengecekan meliputi kesesuaian standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar yang telah ada.

2. Kecukupan materi
Perlunya menganalisis materi yang ada dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 berdasarkan kecukupan materi . Menganalisis aspek utama dengan cara melihat dari cakupan konsep atau materi esensial dan seberapa lama membutuhkan dan menyediakan alokasi waktu

3. Kedalaman materi
Analisis kedalaman materi yang terdapat dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 berdasarkan pola pikir keilmuan dan karakteristik siswa. Tujuan utamanya agar guru dapat menemukan langkah-langkah dengan memberikan tambahan penjelasan tentang materi yang kurang jelas jika dalam proses pembelajaran adanya ketidaksesuaian antara materi dengan karakteristik siswa.

4. Kebenaran materi
Materi yang ada dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 dapat kita kebenarannya dengan cara menganalisis materi beserta soal-soal yang ada dalam buku siswa.

Kemudian Kesalahan penulisan materi pembelajaran dan contoh soal sering ada dalam buku siswa. Guru wajib untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan dan menindaklanjutinya. Kesalahan tersebut bisa berupa kesalahan dalam penulisan konsep maupun salah ketik.

5. Kesesuaian pendekatan
Konsep dasar yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari pemikiran tentang bagaimana metode pembelajaran yang akan guru terapkan berdasarkan teori tertentu adalah pendekatanscientific yang ada dalam Kurikulum 2013.

Apakah penyajiannya sudah memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang diharapkan dalam pendekatan scientific atau belum.

6. Kesesuaian penilaian
Kurikulum 2013 menggunakan bentuk penilaian autentik dimana siswa juga dapat menunjukan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas dan menyelesaikan masalah.Hal inilah yang menjadi dasar perlunya menganalisis buku siswa ditinjau dari  ketersediaan penilaian autentik yang terdapat dalam buku siswa tersebut.

Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas  3 Kurikulum 2013 K13 Revisi 2018 ini admin bagikan untuk membantu Bapak/Ibu Guru dan siswa jenjang sekolah dasar tingkat satu dalam menyiapkan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013.

Download Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 3 Kurikulum 2013 K13 pada link di bawah ini :

Buku Guru Semester 1 dan 2 K13 :

BUKU GURU KELAS 3 K13 SEMESTER 1 EDISI REVISI 2018

 Download Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Download Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Tema 3 Benda di Sekitarku

Tema 4 Kewajiban dan Hakku

BUKU SISWA KELAS 3 K13 SEMESTER 1 EDISI REVISI 2018

Tema 1 BS Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

BUKUTema 2 BS Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Tema 3 BS Benda di Sekitarku

Tema 4 BS Kewajiban dan Hakku

BUKU GURU KELAS 3 K13 SEMESTER 2 EDISI REVISI 2018

Dowload BS Tema 5 Cuaca

Dowload BS Tema 6 Energi dan Perubahannya

Tema 7 Perkembangan Teknologi

Tema 8 Praja Muda Karana

BUKU SISWA KELAS 3 K13 SEMESTER 2 EDISI REVISI 2018

BUKU Tema 5 Cuaca

 Unduh Tema 6 Energi dan Perubahannya

Tema 7 Perkembangan Teknologi

Tema 8 Praja Muda Karana

Kemudian informasi mengenai  Download Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 3 Kurikulum 2013 K13 ini telah selesai . Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan