Halaman Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis Anda | Anyabila

Halaman Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Halaman Facebook menawarkan cara yang hebat dalam berhubungan dengan klien saat ini maupun klien masa depan. Halaman Facebook sebagaimana social network lainnya adalah alat untuk menampilkan diri dan membangun relasi yang baik dengan pelanggan Anda. Meski bisa menjual secara langsung, tetapi bukan ini tujuan utama ada halaman Facebook.

Perlu diingat bahwa Facebook adalah social network, dimana orang login ke Facebook bukan untuk belanja, tetapi untuk menjalin silaturahim, bersosial, atau terhubung dengan teman dan keluarganya. Ini prinsip dasar dari social network mana pun. Untuk itu konsep pemasaran yang benar harus memperhatikan hal tersebut.

Perlukah Memiliki Halaman Facebook Untuk Bisnis?

Halaman fanspage untuk bisnis

Bukankah kita bisa menjual tanpa harus memiliki halaman Facebook? Tentu saja, jika tujuannya Anda hanya menjual, Anda tidak memerlukan halaman Facebook. Dengan menggunakan iklan yang disediakan oleh Facebook, Anda bisa langsung menjual meski pun tidak memiliki halaman. Yang penting Anda punya akun dan kartu kredit.

Namun jika Anda ingin mengembangkan bisnis, maka halaman Facebook bisa membantu Anda. Berikut adalah beberapa manfaat halaman Facebook untuk bisnis AndaMeningkatkan penjualan berulang. Karena Anda terhubung dengan pelanggan Anda, maka bisa terjadi penjualan berulang baik untuk produk yang sama atau yang berbeda.Meningkatkan referal. Karena Facebook bersifat viral, maka kita bisa dengan mudah mendapatkan calon pelanggan baru tanpa mengeluarkan waktu dan biaya promosi tambahan.Biaya marketing Anda akan lebih efektif sebab setiap pelanggan dan calon pelanggan akan terhubung dengan Anda melalui halaman. Anda tidak perlu biaya tambahan untuk mendatangkan mereka kembali.Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat hubungan antara Anda dengan para pelanggan Anda.Dan yang juga sangat penting adalah menciptakan komunitas berkaitan dengan bisnis Anda.

Saat komunitas tercipta dan hubungan Anda dengan pelanggan serta calon pelanggan kuat, maka penjualan akan terjadi. Mereka lebih percaya dan yakin dengan produk dan jasa Anda. Kepercayaan sangat penting saat ini, karena kepercayaan calon pembeli salah satu tantangan dalam dunia pemasaran internet.

Halaman Facebook Kronologi Untuk Bisnis Anda

Semenjak 1 April 2012, format halaman Facebook menjadi kronologi atau timeline. Ini perubahan besar-besaran yang tentu saja memperanguhi bagaimana cara kita melakukan pemasaran facebook seperti yang sudah saya bahas pada artikel Update Terbaru Halaman Facebook – Bisa Mempengaruhi Bisnis Anda dan Program Pemasaran Facebook Dengan Halaman Format Timeline yang membahas program dasar untuk mengatur halaman Facebook timeline dan prinsip-prinsip berkomunikasi dengan penggemar (liker).

Apa yang akan dibahas disini adalah bagaimana memanfaatkan halaman Facebook untuk mengembangkan bisnis. Jadi kita tidak hanya menggunakannya untuk menjual, tetapi mengembangkan sehingga mampu membesarkan bisnis kita menjadi semakin besar. Memang memerlukan waktu, namun makin lama penghasilan bisnis Anda akan stabil dan berkembang dan kepercayaan pelanggan semakin tinggi.

Strategi mengembangkan bisnis dengan konsep PBK yaitu Promosi, Branding, dan Komunitas.

Promosi

Anda bisa melakukan promosi produk di halaman Facebook. Yang penting tidak mengganggu dan dilakukan dengan cara yang baik. Tidak melakukan SPAM ke komunitas Anda. Ini adalah sumber aliran uang Anda, tetapi kita tidak boleh hanya melakukan ini. Promosi sekaligus menjual yang bertujuan memberikan informasi bahwa produk atau jasa kita bisa membantu mengatasi malah atau memenuhi kebutuhan mereka.

Branding

Di daerah saya, ada sebuah tempat makan bakso yang sudah cukup terkenal dan setiap harinya selalu ramai dikunjungi pembeli. Sudah ada beberapa orang yang mencoba membuka warung bakso di sekitarnya, tetapi tetap tidak mampu mengalahkan warung bakso ini. Alasannya sederhana, bukan berarti bakso lain kurang enak, tetapi warung bakso ini sudah memiliki “brand” yang dikenal dan dipercaya.

Memiliki brand yang kuat memang memerlukan waktu sampai memberikan hasil. Justru itu, perlu dilakukan sejak sekarang. Branding memang tidak memberikan langsung pemasukan, untuk itu perlu diiringi dengan promosi langsung untuk mendapatkan arus kas. Kombinasi keduanya akan menjadikan bisnis Anda bertahan dan berkembang.

Branding menjadi sangat penting saat pembeli melihat banyak penyedia produk atau jasa yang lainnya. Brand Anda yang kuat, bisa menjadi alasan mengapa mereka memilih Anda bukan orang lain.

Komunitas

Social network yang salah satunya Facebook harus dilihat juga sebagai pembentuk, alat memelihara, dan mengembangkan kominutas yang bekaitan dengan brand dan bisnis Anda. Halaman Facebook Anda bisa menjadi tempat mereka berkumpul, sehingga bisa sharing, saling memberikan informasi, membangun jaringan, dan tentu saja berinteraksi dengan perusahaan Anda.

Komunitas yang terpelihara dengan baik adalah cara untuk memastikan calon pelanggan membeli dari Anda. Jika mereka tidak terikat komunitas dengan kita, maka peluang membeli dari kita tentu lebih sedikit. Membangun dan memelihara kominitas jelas sangat mempengaruhi tingkat penjualannya Anda.

Manfaatkanlah halaman Facebook, bukan hanya untuk menjual tetapi untuk mengembangkan bisnis Anda agar bisa Anda makin lama makin membesar.

Tinggalkan Balasan