Hubungan Antara Administrasi Organisasi dan Manajemen | Anyabila

Hubungan Antara Administrasi Organisasi dan Manajemen

Dalam dunia kerja, kita akan mengenal dengan banyak istilah seperti administrasi, organisasi dan manajemen. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai apa hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen.

Administrasi merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas pada suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Bentuk aktivitas dari administrasi berupa pencatatan data, surat-menyurat hingga menentukan agenda kerja.

Hubungan Antara Administrasi Organisasi dan Manajemen

Organisasi adalah dua atau lebih orang yang memiliki tujuan dan cita-cita yang sama. Terdapat 2 jenis organisasi yaitu organisasi formal dan informal.

Organisasi formal merupakan suatu organisasi yang terbentuk secara sah berdasarkan hukum seperti perusahaan. Sedangkan, organisasi informal adalah bentuk organisasi yang tidak sah secara hukum misalnya ibu-ibu arisan.

Ciri-ciri dari suatu organisasi resmi adalah memiliki landasan hukum yang resmi, memiliki struktur organisasi yang jelas, adanya visi dan misi organisasi, Tiap anggota memiliki tugasnya masing-masing, dan komunikasi yang berasas kepentingan.

Maka organisasi informal akan memiliki ciri-ciri yang bertolak belakang.

Kemudian, manajemen adalah ilmu yang mempelajari pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian kinerja dari suatu proses dalam penghasilan output.

Pengelolaan suatu organisasi akan selalu berlandaskan ilmu manajemen karena organisasi akan berdiri berdasarkan unsur dari manajemen itu sendiri, yaitu:

  1. Manusia sebagai pelaksana operasional dan pemasaran.
  2. Modal sebagai roda penggerak kegiatan suatu organisasi.
  3. Metode sebagai cara yang efektif dan efisien yang dapat organisasi terapkan.
  4. Material merupakan input untuk menghasilkan suatu output seperti bahan baku, kemas, dan material pendukung.
  5. Mesin sebagai alat bantu pengolahan input menjadi output.
  6. Market adalah pasar yang akan organisasi tuju untuk menawarkan produk dan jasanya.

Setelah mengetahui masing-masing pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa administrasi adalah pengumpulan dan pencatatan data, organisasi adalah suatu wadah atau badan, dan manajemen merupakan ilmu yang mendasari aktivitas pada organisasi dalam pengelolaan.

penjelasan Hubungan Antara Administrasi Organisasi dan Manajemen

Sehingga, hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah administrasi merupakan bagian dari ilmu manajemen dalam pengumpulan dan pencatatan data yang nantinya organisasi analisa dan olah. Hasilnya akan organisasi gunakan sebagai perbaikan dan pengembangan pada sistem organisasi.

Oleh sebabnya, ilmu manajemen akan selalu berhubungan dengan proses administrasi pada perusahaan.

Tinggalkan Balasan