Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil | Anyabila

Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil

Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil – Kreativitas sangat penting dalam bisnis. Apalagi sekarang banyak perusahaan yang muncul hanya sebentar dan segera menghilang. Salah satu alasan utamanya adalah minimnya ide bisnis kreatif yang mereka hasilkan.
Untuk mendukung bisnis, Anda memerlukan ide bisnis kreatif yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga membedakan Anda dari pesaing Anda. Nah, artikel ini akan mengajak Anda melihat 35+ ide bisnis kreatif yang bisa dijadikan inspirasi.

35 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Anda Coba

1. Kerajinan rotan

Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil

Furnitur merupakan hal yang penting di setiap rumah. Saat ini banyak pasangan muda yang suka mendekorasi rumahnya dengan dekorasi yang estetis. Rotan adalah varietas yang populer untuk memberikan kesan kehangatan alami.
Selain itu, rotan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dibentuk. Begitu banyak orang mengejar usaha kreatif ini. Mengubah bambu dan rotan menjadi dekorasi unik sangat menarik bagi pemilik rumah minimalis.

2. Camilan unik

Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil

Jajanan selalu menjadi teman saat Anda bekerja, jalan-jalan dan tentunya santai. Tidak sulit untuk membuat jajanan unik seperti pasta pedas, cimol kering atau kentang goreng. Kreasi jajanan unik dari makanan tradisional juga menjadi tren baru saat ini. nah, camilan unik ini bisa jadi salah satu ide bisnis kreatif bukan ?

3. Produk Daur Ulang

Ada banyak hal yang dapat dijadikan sebagai sesuatu yang bernilai, termasuk barang bekas. Anda bisa mengubah berbagai barang yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bernilai untuk dijual.

Misalnya, ubah koran atau kertas yang tidak terpakai menjadi benda yang lebih berguna seperti tong sampah, bingkai foto, bunga, dan benda lainnya. Selain dapat meningkatkan potensi pasar, cara ini lebih ramah lingkungan.

4. Bisnis Barang Antik

Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil

Jual beli barang antik bisa menjadi peluang bisnis yang baik dan berkelanjutan. Pasalnya, peminat barang antik tidak pernah sendirian, apalagi dengan para kolektor yang siap berburu barang antik. Jenis barang antik yang sering diminati antara lain lemari kayu, jam dinding, dan lainnya.

5. Desain titik

Contoh lain dari upaya kreatif dan inovatif adalah desain titik. Agar lebih berkesan dan indah, banyak pasangan memilih untuk membuat mahar lebih menarik dan berkesan. Jasa desain mahar kreatif sering dibingkai untuk pajangan atau hiasan.

5. Design Uang Mahar

Contoh lain dari bisnis kreatif dan inovatif adalah dot design. Agar lebih berkesan dan indah, banyak pasangan memilih untuk membuat mahar lebih menarik dan berkesan. Jasa desain mahar kreatif sering dibingkai untuk pajangan atau hiasan.

6. Kursus musik privat

Jika Anda berbakat dalam musik, cobalah mengambil kursus alat musik. Beberapa instrumen yang paling populer adalah gitar, piano, dan biola. Anda juga dapat mengajar menyanyi sambil terus meningkatkan keterampilan Anda.

7. Penyewaan kostum

Anda bisa menjajal bisnis sewa kostum mulai dari kebaya, pakaian adat, hingga pakaian tradisional dari luar negeri seperti Jepang dan Korea. Biasanya, persewaan kostum laris manis untuk sesi foto bertema. Namun, ingat untuk tetap bersih, ya!

8. Jasa titip (jastip)

Siapa bilang belanja hanya menghabiskan uang? Anda juga bisa mengubah hobi ini menjadi penghasilan. Personal shopper adalah orang yang menyediakan jasa untuk membeli barang dari orang lain, yang disebut juga dengan jastep (jasa gudang).
Pada umumnya masyarakat yang menggunakan jasa ini adalah masyarakat yang ingin membeli barang dan dibatasi oleh keterpencilan. Bagi Anda yang senang pergi ke pusat perbelanjaan dan tempat belanja lainnya, membuka toko bisnis Jastip mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Nah, ide bisnis kreatif ini tanpa memerlukan modal bukan ?

9. Desainer pakaian

Jika Anda tertarik dengan fashion dan memiliki ide-ide kreatif tentang fashion terbaru, Anda bisa menjadi seorang desainer pakaian. Selain bisa digunakan untuk usaha sendiri, kamu juga bisa menjual hasil karyamu dan mengubah hobimu menjadi sesuatu yang bermanfaat.

10. Clothing line

Clothing line merek lokal juga semakin diminati oleh masyarakat khususnya anak muda. Selama produk yang dijual berkualitas tinggi dan sesuai dengan harganya, peminatnya akan selalu ada. Anda juga dapat memasarkan produk Anda melalui jejaring sosial dan situs web.

11. Desain Grafis

Contoh lain dari bisnis kreatif dan inovatif adalah jasa desain grafis. Banyak bisnis membutuhkan jasa desain grafis untuk tujuan pemasaran online. Jika Anda memiliki keterampilan ini, Anda dapat menggunakannya sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan.

12. Animator

Banyak perusahaan besar menggunakan animasi untuk tujuan branding yang berbeda. Layanan animasi juga kemungkinan besar digunakan oleh seorang freelancer. Anda dapat mulai memasarkan keterampilan Anda dan bekerja melalui situs web freelance lokal atau media sosial untuk menarik klien.

13. Blogger

Contoh bisnis yang inovatif dan kreatif ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, blogger juga masuk dalam perhitungan anggaran pemasaran perusahaan besar. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan membangun karir dengan melatih keterampilan blogging Anda dengan baik.

14. Casing Ponsel Custom

Kini casing ponsel tidak hanya dapat digunakan sebagai pelindung, tetapi juga dapat mempercantik ponsel Anda. Anda bisa menjual casing handphone dengan berbagai desain yang unik dan modern. Tren ini juga kemungkinan akan terus berkembang menjadi bisnis yang potensial.

15. Dekorasi interior

Bagi Anda yang memiliki kemampuan mendekorasi ruangan dengan indah, ini adalah peluang bisnis yang bagus. Tidak semua orang bisa mendekorasi ruangan dengan baik dan memadukan berbagai perabot dengan tepat di rumahnya. Jasa desain interior bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

16. Make-up Artist (MUA)

Bagi Anda yang suka berdandan dan memiliki kemampuan make up yang baik, Anda bisa mencoba menjadi seorang penata rias. Peran MUA sangat penting untuk hari-hari besar seperti wisuda, pertunangan, pernikahan atau fotografi produk

17. Jasa pembuatan konten

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkreasi dalam menulis, tetapi jika Anda memilikinya, Anda bisa mencoba menjadi seorang pembuat konten untuk Layanan. Peluang bisnis ini adalah yang paling mudah dan sederhana. Anda bahkan dapat melakukannya di rumah hanya dengan satu item.

18. Fotografer

Fotografer Apakah Anda menyukai fotografi dan memiliki kamera? Saatnya mengubah hobi itu menjadi pekerjaan. Fotografi adalah bisnis kreatif dengan potensi pertumbuhan. Anda bisa mencoba jasa fotografi event, produk atau bahkan fotografi.

19. Dropshipper

Sekarang jenis bisnis ini benar-benar bisnis yang inovatif. Sesuai dengan perkembangan zaman, siapa pun dapat mencoba bisnis mereka sebagai dropshipper. Anda bisa menjual produk dengan resiko minimal karena produk sudah dipasok oleh supplier dan bisa langsung dikirim ke konsumen.

20. Restorasi makanan sehat

Pemulihan makanan sehat semakin diminati, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai sumber penghasilan. Memasak di rumah juga menjadi lebih sehat dan tidak membosankan.

21. Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Laju masyarakat yang semakin cepat telah menyebabkan tren makan jauh dari rumah. Bahkan, orang bisa lebih berhemat dengan memasak sendiri, terutama bagi yang sudah berkeluarga.
Namun, tidak semua orang punya cukup waktu untuk berbelanja dan menyiapkan makanan di rumah.
Dari masalah ini, Anda bisa membuka usaha bahan makanan jadi yang belum banyak dikenal di Indonesia.
Mengalami kesulitan memvisualisasikan konsep? Anda dapat melihat apa yang telah dilakukan iCook.
Usaha makanan di Malang ini menawarkan berbagai menu kuliner, namun dalam keadaan mentah. Namun, bahan-bahannya telah dibersihkan, dicincang dan diukur. Pada dasarnya konsumen tinggal memasak saja.
Bagi Anda yang suka memasak atau membuat menu sendiri, tentunya ide bisnis ini tidak boleh diabaikan.

22. Usaha Roti dan Kue

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis kreatif?”
Alasannya sama seperti yang disebutkan sebelumnya dalam pembahasan bisnis makanan ringan tunggal. Meski banyak toko roti yang sudah memiliki nama, Anda bisa membuat banyak kreasi baru. Kuncinya adalah kreativitas.
Babe Bakery misalnya. Perusahaan roti Jakarta ini menawarkan berbagai pilihan roti bebas pengawet, ide yang masih langka.

23. Jual Barang Antik

Tidak banyak orang tua yang melewatkan produk atau teknologi lama karena ingin bernostalgia. Ada juga anak muda yang tertarik dengan barang antik. Bahkan, Anda juga bisa menemukan banyak komunitas properti kuno. Oleh karena itu, aktivitas jual beli barang antik masih relevan.
Sebelum Anda mencoba ide bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui, terutama jika Anda belum mengenal pasar barang antik.
Pertama, Anda harus dekat dengan orang itu atau komunitas bekas. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis barang apa saja yang biasa dijual.
Beberapa contoh barang antik yang banyak dicari adalah mobil, furnitur, dan kamera analog. Namun, tak jarang para kolektor mengincar barang-barang elektronik antik untuk sekadar hiasan, seperti televisi, radio, dan telepon.
Sekarang, dengan menjangkau orang-orang yang menyukai barang-barang ini, Anda tidak hanya dapat mempelajari situasi pasar, tetapi juga mencari koleksi barang untuk dijual di toko Anda sendiri. Karena komunitas barang antik cukup eksklusif, hal ini menjadi keharusan bagi para penjual.

24. Produk Daur Ulang

Seperti yang kita ketahui bersama, sampah telah menjadi masalah lingkungan yang sangat serius. Padahal, masih banyak jenis limbah dan limbah produksi yang masih bisa dihasilkan pada produk lain. Diantaranya adalah kaleng air minum, berbagai jenis plastik dan lap sisa dari proses pembuatan pakaian.
Banyak produk daur ulang dapat dibuat dari berbagai jenis sampah ini. Anda juga tidak perlu mendaur ulangnya menjadi produk yang sama. Dari produk daur ulang, Anda dapat membuat objek baru seperti kerajinan.
Bardiju adalah contoh perusahaan daur ulang yang dapat Anda inspirasi. Berkantor pusat di Jakarta Barat, perusahaan ini mengubah berbagai kertas bekas menjadi kartu nama, amplop, bahkan lampion.
Dengan mengumpulkan bahan daur ulang, Bardiju tidak hanya mencari sendiri, tetapi juga menerima sumbangan kertas bekas. Apakah itu menarik? Selain membantu orang lain, Anda bisa menggunakan ide bisnis ini untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya gaya hidup daur ulang.

25. Kerajinan Rotan

Kerajinan rotan bukanlah hal baru. Namun, Anda tidak harus mengikuti tren produk yang ada.
Native Borneo adalah salah satu produsen karpet rotan yang bisa melakukannya. Selain karpet berkualitas tinggi, produk yang dijual pun beragam, mulai dari hiasan dinding hingga meja dan kursi lipat. Desain setiap itemnya unik dan jarang ditemukan dari pabrikan lain.
Nah, Anda juga bisa memulai bisnis bambu dan rotan seperti contoh ini. Meski banyak pelaku bisnis di industri ini, Anda bisa berinovasi dengan menciptakan barang-barang yang belum pernah dibuat dari rotan.

26. Florist

Apakah Anda suka merawat tanaman bunga? Jika iya, membuka toko bunga atau florist bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya menjual bunga, tetapi juga mendesain dan merangkai karangan bunga.
Meskipun layanan ini ada di mana-mana, permintaan karangan bunga tidak pernah berkurang. Apalagi saat musim kelulusan. Pastikan bisnis Anda akan dicari oleh pelanggan.
Namun, menikmati saat-saat seperti itu tidak cukup. Anda juga perlu memperluas jangkauan bisnis Anda, karena Meme Florist menerima pengiriman ke berbagai wilayah.
Selain karangan bunga atau panel bunga yang cocok untuk berbagai acara, bisnis toko bunga Anda akan menarik banyak pelanggan.

27. Scrap Frame

Ketika Anda berbicara tentang industri framing, Anda mungkin berpikir tentang bingkai kayu yang dapat dengan mudah ditemukan oleh pengrajin.
Namun, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang perdagangan bingkai memo. Kerajinan ini berbentuk bingkai, namun isinya lebih dari sekedar foto atau lukisan.
Pencakar bingkai malah menggabungkan gambar kertas atau kanvas menjadi seni tiga dimensi agar lebih menarik.
Salah satu penggiat perusahaan ini adalah id.rumahkertas. Desain bingkai memo yang diproduksi oleh perusahaan ini disesuaikan untuk berbagai kebutuhan, termasuk ucapan terima kasih, suvenir pernikahan, dan hadiah ulang tahun.
Nah, bagi Anda yang suka membuat kerajinan kertas, ide bisnis ini patut dicoba karena tidak banyak orang yang melakukannya.

28. Suvenir Pernikahan Custom

Bagi yang sering diundang ke pesta pernikahan, mungkin akan menemukan bahwa oleh-oleh yang diberikan kepada tamu memiliki motif yang kurang bervariasi.
Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk memulai bisnis souvenir pernikahan yang tidak biasa, seperti Biebie Gift.
Selain menawarkan suvenir unik seperti tas headphone dan bingkai foto, pabrikan ini juga menawarkan hadiah pernikahan yang dipersonalisasi – dengan harga per produk dan tentu saja pemesanan terbatas.

29. Desainer Interior

Saat ini, desain interior merupakan salah satu jenis jasa yang banyak dicari orang. Layanan ini digunakan terutama untuk perkantoran dan bisnis, yang jumlahnya terus meningkat.
Hal utama yang Anda perlukan untuk memulai bisnis desain interior dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori, yaitu personel dan logistik.
Dari segi tenaga kerja, usaha ini membutuhkan setidaknya dua orang. Satu bekerja sebagai desainer, yang lain sebagai pengusaha. Dari segi logistik, Anda harus memiliki laptop untuk mengerjakan desain, software desain interior, dan workshop.
Tidak punya cukup uang untuk membeli perangkat lunak profesional? Tidak perlu khawatir. Anda dapat mencoba perangkat lunak gratis seperti Google Sketchup, yang memiliki versi berbayar dengan fitur lebih canggih yang dapat Anda beli saat Anda siap secara finansial.
Begitu juga bengkel Anda. Jika Anda tidak mampu menyewa studio, Anda cukup menggunakan garasi atau toko kecil Anda sebagai tempat mengerjakan proyek.
Jadi bagaimana cara menyampaikan pekerjaan Anda ke klien? Sangat mudah – Anda dapat menggunakan layanan pengiriman yang mudah ditemukan jika Anda tidak memiliki pickup atau truk sendiri.

30. Desain Case Handphone

Bagi kebanyakan orang, terutama anak muda, mempercantik atau mempercantik tampilan smartphone adalah sebuah kebutuhan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan instance. Selain desain yang stylish, produk ini juga berfungsi untuk melindungi barang dari benturan.
Tidak hanya kasing sederhana, kini konsumen juga lebih menyukai kasing yang dipersonalisasi. Bedanya, case jenis ini memiliki gambar atau desain yang dipilih oleh pembeli.
Untuk memperluas pilihan produk Anda, Anda juga dapat menawarkan berbagai bahan casing, misalnya cangkang lunak dan keras.
Oleh karena itu, operasi ini dilakukan dengan sistem pre-ordering. Setelah pelanggan memberikan desain, Anda mencetaknya pada bahan case yang dipilih.
Untuk melakukan ini, Anda memerlukan printer sublimasi yang biasa digunakan untuk mencetak desain pada bahan akrilik atau keramik. Harga alat-alat tersebut tidaklah murah, mulai dari puluhan juta rupiah.
Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mewujudkan ide bisnis inovatif ini. Pada awalnya, Anda bisa menjadi dropshipper atau menggunakan jasa percetakan pihak lain. Dengan kata lain, Anda hanya menyediakan bahan amplop. Sederhana bukan?

31. Dropshipper

Anda baru saja mendengar kata dropshipper. Apa artinya ini?
Pada dasarnya, dropshipping adalah model bisnis di mana Anda menjual barang dari pemasok atau produsen ke pembeli. Menariknya, sebagai dropshipper, Anda tidak harus memiliki toko atau mengirimkan produk ke konsumen. Sebaliknya, produsen atau pemasok melakukan tugas atas nama Anda.
Dalam model bisnis ini, Anda juga dapat menetapkan harga yang lebih tinggi dari produsen atau pemasok. Jadi Anda bisa mendapatkan keuntungan.
Tidak hanya itu, modal yang dibutuhkan untuk bisnis dropshipping tidak harus besar. Setidaknya Anda memiliki katalog sebagai website dan melakukan pemasaran sendiri.
Tantangan dalam bisnis ini adalah menemukan pemasok atau produsen. Karena produk tidak melalui tangan Anda terlebih dahulu, Anda perlu memastikan bahwa pemasok dapat menangani pengemasan dan pengiriman dengan benar.

32. Jasa Konsultasi Bisnis

Semua bisnis, baik bisnis mapan maupun startup, membutuhkan strategi bisnis yang tepat untuk berkembang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak jarang perusahaan menggunakan jasa konsultasi bisnis. Inilah alasan mengapa konsultan bisnis begitu dicari oleh banyak orang.
Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menjadi konsultan bisnis. Tentu saja, Anda harus memiliki gelar di bidang ekonomi, pemasaran atau bisnis. Tanpa itu, pemilik bisnis akan mempertanyakan tingkat keahlian bisnis Anda.
Di sisi lain, kualitas seorang konsultan tidak lepas dari pengalaman, baik dalam bisnis maupun sebagai penasihat. Sebagai orang yang berpengalaman, Anda dapat menawarkan sejumlah manfaat.
Keuntungan pertama jauh jangkauannya. Orang-orang yang telah bekerja dengan banyak perusahaan berbeda di industri yang berbeda akan dapat menghasilkan ide dan solusi dengan sangat tepat.
Selain itu, konsultan berpengalaman memiliki banyak koneksi. Bekerja dengan banyak klien memungkinkan Anda menghubungkan pengguna satu layanan ke layanan lainnya. Jika Anda melakukannya, tentu itu akan menjadi nilai plus bagi Anda.
Selanjutnya, seorang profesional bisnis juga dapat memprediksi tren di industri yang berbeda.
Jadi bagi Anda yang ingin memasuki karir konsultasi bisnis, keterampilan di atas harus dipelajari sebelum memulai.

33. Event Organizer

Apakah Anda termasuk orang yang suka membuat konsep acara? Jika iya, membuka bisnis event merupakan ide bisnis yang menjanjikan. Apalagi pelayanannya tidak pernah sepi – mulai dari acara kantor hingga pameran.
Bagi Anda yang sudah berpengalaman menyelenggarakan berbagai jenis acara, karya seorang event organizer bahkan bisa menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah per proyek.
Namun, ini tidak berarti bahwa upaya tersebut tidak dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki pengalaman minimal. Untuk memulai, Anda dapat bergabung dengan tim perencanaan acara orang lain.
Jika Anda memiliki teman atau saudara yang menjalankan bisnis serupa, yakinkan mereka untuk mempekerjakan Anda. Dari sini Anda dapat mempelajari banyak jenis acara dan konsepnya.
Saat Anda siap membuka usaha sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Yang pertama adalah modal untuk membiayai berbagai kebutuhan event. Hal ini diperlukan karena model pembayaran jasa event biasanya dilakukan secara bertahap. Bahkan, ada juga yang dibayar lunas setelah acara berakhir.
Kedua, Anda membutuhkan tim yang kompak. Persiapan acara tidak dapat dilakukan sendiri karena mengharuskan penanggung jawab untuk melakukan hal yang berbeda di tempat yang berbeda. Jadi, Anda harus memiliki setidaknya beberapa orang dengan tugas yang berbeda.
Ketiga, membangun hubungan. Tidak hanya untuk memasarkan layanan Anda tetapi juga untuk mencari mitra bisnis.
Ini penting untuk dengan mudah menemukan vendor suvenir, persewaan sistem PA, penata rias, dan layanan lain yang diperlukan untuk sebuah acara. Dengan begitu, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk berbagai kebutuhan tersebut.
Meski terdengar rumit, banyak orang telah berhasil mengembangkan bisnis event mereka sejak awal. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memiliki kemauan untuk mendalami bidang bisnis ini.

34. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Bagi yang sudah berkeluarga tentunya tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan buah hati Anda. Berbagai kebutuhan pokok seperti sandang, konsumsi dan kesehatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Selain itu, Anda juga memerlukan berbagai perlengkapan seperti tempat tidur, kereta bayi, dan mainan untuk memastikan kenyamanan dan kesejahteraan bayi Anda.
Namun, barang-barang ini tidak akan digunakan lagi saat anak Anda tumbuh. Tak jarang juga anak-anak cepat bosan dengan hiburan.
Akibatnya, banyak orang tua berharap dapat menyewakan fasilitas untuk anak-anak mereka daripada harus membelinya.
Dari sinilah ide menyewa perlengkapan bayi berasal. Jika Anda ingin berbisnis, Anda bisa mencoba ide ini, terutama karena sangat sedikit orang yang melakukannya.
Salah satu contoh yang dapat Anda ambil inspirasinya adalah Babilonia. Layanan penyewaan peralatan anak online ini dimulai hanya dengan beberapa perangkat pendiri yang tidak lagi digunakan. Namun, layanan ini secara bertahap menghadirkan lebih banyak pilihan produk, yaitu perangkat untuk ibu hamil dan menyusui.
Selain itu, Babylonia juga memiliki trik untuk menambah portfolio produknya, yaitu mencari partner yang ingin menitipkan rental melalui layanannya. Apakah itu menarik? Cara ini bisa digunakan jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar untuk persediaan sewa awal Anda.

35. Terrarium

Terarium merupakan tren baru dalam dunia pertanian yang diperkenalkan ke Indonesia beberapa tahun lalu. Namun, banyak orang tidak menyadari preferensi ini.
Terarium adalah wadah kaca atau plastik yang diisi dengan tanah atau media tumbuh lainnya dan satu atau lebih tanaman. Dengan kata lain, terarium juga dapat dianggap sebagai akuarium untuk tanaman.
Bentuk wadah terarium berbeda. Namun, ada dua desain umum yaitu terarium terbuka dan tertutup. Kedua model cocok untuk spesies tanaman yang berbeda.
Untuk tanaman tropis, terarium tertutup lebih cocok karena kelembaban yang dihasilkan dalam wadah berfungsi untuk mensimulasikan kondisi habitat aslinya. Di sisi lain, terarium terbuka efektif untuk tanaman yang tumbuh di iklim kering seperti kaktus.
Jadi mengapa terarium bisa menjadi ide bisnis? Berbeda dengan cara perawatan bonsai yang membutuhkan ruang terbuka, terarium dapat dirawat di dalam ruangan selama ada sinar matahari masuk.
Akibatnya, orang-orang yang tinggal di tempat-tempat di mana berkebun konvensional tidak diperbolehkan, seperti di apartemen.
Salah satu perusahaan terarium yang terkenal adalah Jakarta Terrarium. Secara khusus, perusahaan ini tidak menjual terarium dalam bentuk jadi. Hal ini dilakukan agar produk dapat menjangkau pembeli di lokasi terpencil tanpa kerusakan.
Karena pembeli harus membangun terarium secara mandiri, Terarium Jakarta juga menyertakan instruksi manual untuk perakitan yang mudah.
Jika Anda ingin memulai di bidang terarium, contoh ini bisa dijadikan inspirasi.

Itulah ide bisnis kreatif Kekinian dengan Modal Kecil yang telah kami uraikan, semoga ide bisnis ini dapat bermanfaat dan bisa terealisasikan di dunia nyata.

3 Replies to “Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil

  1. [url=https://buypillsonline.shop/]minocin canada[/url] [url=https://glucophage.cfd/]metformin 93[/url] [url=https://tenormin.store/]ordering atenolol online[/url] [url=https://doxycycline.email/]doxycycline rx coupon[/url] [url=https://elavil.boutique/]amitriptyline coupon[/url] [url=https://sumycin.store/]sumycin 250 mg[/url] [url=https://buyhpills.com/]minocin 100mg capsules[/url]

Leave a Reply

Your email address will not be published.