8 Ide Usaha Rumahan Kreatif Yang Perlu Anda Coba

8 Ide Usaha Rumahan Kreatif Yang Perlu Anda Coba

Membuka sebuah usaha rumahan bukanlah suatu hal yang mudah, tidak sedikit dari anda yang mungkin pernah mengalami kegagalan ketika akan memulai ide usaha rumahan kreatif. Namun banyak pula diantara mereka yang telah berhasil dalam hal bisnis usaha rumahan ini. Satu hal yang dapat menjadi penentu suatu bisnis usaha rumahan dapat berjalan dengan baik yakni adanya kreatifitas dari anda.

Ide Usaha Rumaha Kreatif

Kreatifitas ini sangatlah dibutuhkan ketika anda akan memulai suatu ide usaha rumahan kreatif. Terlebih jika saat ini tidak sedikit bisnis yang hanya muncul sesaat mengikuti keinginan dari konsumen. Salah satu hal yang menjadi alasan utama yakni berkurangnya ide inovasi dalam berbisnis yang mereka ditawarkan.

Baca Juga: Cara Bangkit dari Kegagalan Usaha Dengan Cepat

Ide usaha rumahan kreatif tidak hanya harus memenuhi kebutuhan konsumen saja, melainkan juga dapat membedakannya dari kompetitor. Pada kesempatan kali ini akan diberikan berbagai pilihan usaha rumahan kreatif yang dapat menjadi inspirasi bagi anda yang ingin memulainya atau bahkan bagi anda yang telah memulainya.

Daftar Ide Usaha Kreatif Di Rumah

  1. Catering Sehat

Ide usaha rumahan kreatif dalam dituangkan dalam bisnis catering rumahan yang sehat. Jasa memasak dapat menjadi salah satu ide yang dapat anda laksanakan sejak lama dan telah banyak orang yang melakukannya. Catering sehat banyak diminati karena keuntungan besar yang menjanjikan.

Makanan yang dijualkan dalam catering sehat pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhan gizi dari masing – masing pelanggan. Misalnya saja, anda yang sedang melakukan diet tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam menu yang telah tersedia untuk anda lengkap dengan kandungan garam rendah.

Melalui bisnis Catering sehat ini anda dapat menuangkan kreatifitas dalam hal tata boga dan sekaligus menghitungkan kebutuhan gizi dari masing – masing konsumen. Anda dapat mencoba ide kreatif rumahan yang satu ini dan dapatkan berbagai keuntungan menariknya.

Baca Juga:  Ide Usaha Kecil kecilan Untuk Remaja: Tips Sukses Berwirausaha

Membuka bisnis camilan mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda. Atau bahkan anda sendiri yang telah memulainya. Bisnis camilan termasuk dalam usaha rumahan yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, tidak hanya orang – orang yang telah dewasa saja, namun juga para pelajar dan mahasiswa dapat turut melakukan penjualan.

Camilan yang dijual adalah camilan unik yang disukai oleh kalangan mudah, misalnya saja seperti menjual basreng, kripik kaca, baso aci dan masih banyak lainnya. Dari ide menjual camilan unik ini anda dapat memperoleh banyak keuntungan yang cukup menjanjikan, maka tak heran jika camilan unik dijadikan sebagai salah satu ide usaha rumahan kreatif.

Camilan unik menjadi suatu inovasi baru dari makanan lainnya yang sudah ada. Disamping mudah untuk dilakukan, ide bisnis camilan unik ini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa mengganggu adanya aktivitas utama. Maka dari itu, bisnis yang satu ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan anda.

  • Usaha kue dan roti

Siapa sangka ternyata roti dan kue dapat menjadi salah satu ladang penghasilan dengan banyak keuntungan. Meskipun telah banyak dibuka toko – toko kue maupun roti dengan nama yang besar, membuka usaha roti dan kue termasuk dalam ide usaha rumahan kreatif. Bisa saja kue yang anda pasarkan adalah inovasi terbaru dan masih belum banyak diketahui orang.

Tidak sedikit diantara mereka yang juga telah memulai usaha ini dan mendapatkan banyak keuntungan menarik darinya. Anda dapat memulai usaha yang satu ini dengan perlahan – lahan namun pasti.

  • Bahan makanan siap masak dan sayuran

Masyarakat yang sibuk membuat mereka cenderung untuk menyantap makanan di luar rumah. Padahal makanan – makanan yang dijual tersebut belum tentu memiliki gizi baik untuk seseorang. Maka dari itu anda dapat memanfaatkan adanya penjualan sayuran dan bahan makanan yang siap masak.

Baca Juga:  Download Excel Harga Pokok Produksi

Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk berbelanja ke pasar serta menyiapkan berbagai hal untuk memasak. Hanya perlu menunggu sampai pesanan datang dan memasaknya sesuai selera anda. Dalam beberapa toko, justru bahan – bahan yang anda butuhkan untuk memasak telah siap saji, sehingga anda hanya tinggal memasukkannya saja untuk dijadikan masakan yang lezat.

  • Kerajinan rotan

Jika anda memiliki kretifitas yang tinggi, ide usaha rumahan kreatif yang satu ini sangatlah cocok untuk anda. Terlebih saat ini usaha kerajinan rotan bukanlah suatu hal yang baru. Salah satu produsen kerajikan karpet dari rotan, Native Borneo telah berhasil memperoleh banyak keuntungan dengan menuangkan kreatifitasnya menjadi kerajinan rotan.

Anda dapat mencoba merintis usaha kerajinan dari rotan ini. Meskipun telah banyak pelaku bisnis tersebut, namun anda dapat menginovasikannya dalam bentuk – bentuk yang berbeda sehingga lebih menarik konsumen yang akan membelinya.

  • Barang antik

Menjual barang – barang antik termasuk dalam ide usaha rumahan kreatif yang dapat anda lakukan dengan cukup mudah. Saat ini banyak masyarakat yang rindu dengan kehadiran produk – produk lawas. Bahkan tidak hanya orang tua saja, melainkan anak – anak muda jaman sekarang yang juga senang mengoleksi barang – barang antik. Maka dari itu, bisnis yang satu ini sangat disarankan untuk dapat anda lakukan.

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mendekati orang – orang yang senang mengoleksi barang antik masa dahulu. Dengan hal tersebut anda dapat menggali berbagai informasi tentang barang – barang antik di masa lampau. Beberapa barang antik yang dapat dijual seperti televisi, setrika, kamera dan masih banyak lagi lainnya.

Disamping itu, anda tidak hanya dapat mempelajari bagaimana kondisi yang terjadi di pasaran, melainkan juga dapat mencari berbagai koleksi barang – barang untuk dijualkan di lapak milik anda sendiri.

  • Produk daur ulang
Baca Juga:  Cara Memulai Jualan Online Yang Baik dan Benar

Ide usaha rumahan kreatif dapat dituangkan dalam berbagai produk daur ulang dari botol – botol bekas, bekas wadah kopi, sabun, pakaian dan masih banyak lainnya. Beberapa sampah plastik jika diolah dengan baik dan unik dapat menjadi ladang penghasilan yang cukup besar bagi anda. Anda dapat menyulapnya menjadi barang – barang unik yang banyak digemari orang.

Tidak sedikit barang yang dapat dihasilkan plastik – plastik bekas. Kerajinan tangan atau produk daur ulang memiliki nilai jual yang cukup besar dan menjanjikan, maka tidak heran jika bisnis yang satu ini mulai banyak digemari oleh berbagai kalangan. Pada saat mengumpulkan barang – barang daur ulang, anda tidak hanya dapat mencarinya sendiri, namun mendapat donasi dari industri – industri besar yang membuat limbah plastiknya.

  • Souvenir pernikahan

Anda dapat memulai ide usaha rumahan kreatif dengan menjual souvenir pernikahan custom. Konsumen dapat mengajukan pilihan yang nantinya anda implementasikan dalam bentuk souvenir untuk pernikahan. Dalam hal ini, anda tidak hanya dapat menerima pesanan saja namun juga dapat memberikan saran souvenir pernikahan unik yang masih jarang ditemui.

Beberapa barang yang seringkali dijual untuk souvenir pernikahan adalah bingkai foto dan pouch earphone. Anda dapat memasang harga yang cukup tinggi karena kreatifitas mahal harganya.

Beberapa ide usaha rumahan kreatif yang telah disebutkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi anda yang masih bingung mencari pekerjaan rumahan yang dilakukan dengan mudah. Yang pasti untuk membuka suatu usaha rumahan anda harus memiliki kreatifitas tinggi agar tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.

3 Replies to “8 Ide Usaha Rumahan Kreatif Yang Perlu Anda Coba

Leave a Reply

Your email address will not be published.