Ingin Sukses? Ini Cara Orang Tionghoa Mengatur Keuangan | Anyabila

Ingin Sukses? Ini Cara Orang Tionghoa Mengatur Keuangan

Ada ungkapan yang sering kita dengar yaitu belajarlah sampai ke negeri Cina. Ya, seperti ungkapan tersebut maka Anda bisa mempraktikkan untuk mengatur keuangan rumah tangga Anda. jadi, cara orang Tionghoa mengatur keuangan memang patut untuk kita ikuti. Sebab melihat bagaimana cara mereka menjalani usaha dan juga sampai berkembang pesat memang sudah menjadi bukti yang selama ini kita lihat. Oleh karena itu, bagi Anda yang sulit mengatur keuangan maka berikut ini ada beberapa cara orang Tionghoa dalam mengatur keuangan yang dapat Anda ikuti dan lakukan.

Menolak Berhutang

Prinsip yang selama ini dipegang oleh orang Tionghoa adalah mereka tidak mau berhutang terlebih lagi tanpa alasan yang menguntungkan. Jadi, bagi orang Tionghoa, beruntang sama artinya dengan menambah hidup semakin sudah dan juga tidak tenang. Oleh karena itulah, ini alasan dibalik mengapa orang Tionghoa tidak tertarik dan enggan untuk berhutang. 

Berhutang menurut mereka yaitu jika kondisi benar-benar terdesak dan juga harus bisa segera berusaha untuk mengembalikan. Untuk itu, Anda harus bisa mengikuti cara orang Tionghoa untuk mulai menolak berhutang. Untuk langkah awal dalam cara mengatur keuangan rumah tangga pada poin ini, pertama Anda pastikan untuk tidak berhutang jika tidak ada hal yang mendesak, kemudian jika Anda memiliki kartu kredit maka sebaiknya dipergunakan dengan sebaik mungkin dan membeli kebutuhan barang-barang yang diperlukan saja.

Menambah Pemasukan 

Menambah pemasukan merupakan prinsip utama yang dilakukan orang Tionghoa dalam mengatur keuangannya. Prinsip ini mengajarkan bahwa Anda harus bisa selalu menjaga biaya hidup agar selalu lebih kecil daripada pendapatan. Meskipun terdengar mudah, tapi banyak orang tidak bisa menjalankannya dengan alasan sulit. 

Untuk itu, mereka tidak mengutamakan gaya hidup apalagi ikut-ikutan trend yang hanya akan dapat membuat status sosial menjadi naik. Namun, sebaliknya orang Tionghoa lebih senang untuk mencari pekerjaan sampingan sehingga dapat menambah pendapatan keuangan atau penghasilan tambahan.

Menabung Uang 

Untuk cara orang Tionghoa mengatur keuangan berikutnya yaitu menabung uang dengan sebanyak mungkin. Hal inilah yang menjadi kebiasaan orang Tionghoa menghindari hutang karena pada dasarnya mereka memang memiliki sifat yang senang menabung sehingga pada saat terjadi hal yang terdesak dan membutuhkan uang maka mereka sudah memiliki uang dan tidak perlu berhutang lagi. 

Oleh karena itu, pastikan Anda harus bisa kalkulasi semua pendapatan dan alokasikan uang dengan benar sesuai dengan kebutuhan rumah tangga serta kemudian jika Anda memiliki uang sisa maka Anda bisa menabung uang tersebut. Selain itu, orang Tionghoa juga lebih memilih untuk menambah jumlah tabungan mereka dibandingkan jika harus membeli barang atau hal-hal yang tidak perlu.

Bagaimana, apakah Anda siap mengikuti cara orang Tionghoa mengatur keuangan? Pasti harus bisa ya, sebab ini demi masa depan Anda semua. 

Tinggalkan Balasan