Pentingnya Manajemen Pemasaran Bagi Sebuah Perusahaan | Anyabila

Pentingnya Manajemen Pemasaran Bagi Sebuah Perusahaan

Pemasaran merupakan salah satu divisi yang sangat berdampak pada perusahaan. Sejatinya, tanpa pemasaran suatu perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik atau tidak dapat mempertahankan eksitensinya. Pada artikel ini, kita akan menjelaskan pentingnya manajemen pemasaran bagi sebuah perusahaan.

Sebelum memasuki penjelasan mengenai pentingnya manajemen pemasaran, kita perlu memahami apa itu pemasaran.

Pemasaran adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perencanaan, pengeksekusian dan evaluasi terhadap kinerja transaksi jual beli yang mendatangkan laba pada perusahaan.

Setelah mengetahu mengenai pengertian pemasaran, berikut penjelasan pentingnya manajemen pemasaran bagi perusahaan:

Jelaskan Pentingnya Manajemen Pemasaran Bagi Sebuah Perusahaan

1. Pembangun Sistem Penjualan

Manajemen perusahaan memiliki peran penting sebagai pembangun sistem penjualan, artinya bagian pemasaran akan bertanggung jawab pada seluruh perencanaan penjualan produk atau jasa.

Manajemen pemasaran akan membantu mengelola perusahaan mulai dari pengumpulan database konsumen hingga pengevaluasian kinerja dari promosi dan penjualan.

2. Menargetkan Pasar

Manajemen pemasaran akan bertanggung jawab dalam menargetkan siapa yang akan mereka tawarkan produk atau bisa kita sebut sebagai target konsumen.

Dalam manajemen pemasaran, mereka akan melakukan proses STP (Segmentasi, targeting, dan positioning) hingga melakukan marketing mix untuk menentukan pasar yang akan perusahaan bidik.

3. Menentukan Harga Jual

Peran penting manajemen pemasaran lainnya adalah kemampuan untuk menentukan harga jual berdasarkan data analisa dari proses marketing mix. Sehingga, perusahaan mengetahui berapa yang konsumen rela keluarkan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Perusahaan tidak perlu menebak secara asal atau mengikuti kompetitor dalam harga jual. Seorang pemasar akan melakukan analisa marketing mix dengan menimbang dari kualitas produk, pendapatan target pasar dan siapa kompetitor yang perusahaan hadapi.

Baca Juga:  Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Kecerdasan Finansial

Tentunya hal ini akan mempermudah perusahaan dalam menjual produknya.

4. Mendatangkan Keuntungan

Tujuan dari perusahaan adalah mendatangkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Manajemen pemasaran merupakan ujung tombak untuk hal ini. Mereka akan berfokus dalam mendatangkan banyak konsumen yang mau bertrasaksi untuk produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

5. Inovasi dan Perbaikan

Manajemen pemasaran akan berperan penting untuk memunculkan inovasi-inovasi baru dalam perencanaan pemasaran. Selain itu, dalam manajemen pemasaran pun akan terus melakukan perbaikan-perbaikan pada produk hingga strategi penjualan yang ada.

16 Replies to “Pentingnya Manajemen Pemasaran Bagi Sebuah Perusahaan

  1. Most women were younger than 50 years, with invasive, operable breast cancer confined to one breast without evidence of metastatic disease stromectol order The proteins 40 Ојg were loaded onto 12 SDS PAGE gel, separated, transferred onto nitrocellulose membrane, blocked in 5 non fat dry milk for 1 h at 37 C, soaked in the TBST solutions containing primary antibodies 1 1500 for ClC 3 and 1 1000 for ОІ actin overnight at 4 C, rinsed with TBS solutions to remove unbound primary antibodies and then exposed to the TBST solutions containing secondary antibodies labeled with peroxidase for 1 h at 37 C

Leave a Reply

Your email address will not be published.