Jenis Lembaga Keuangan Dalam Aktivitas Perekonomian | Anyabila

Jenis Lembaga Keuangan Dalam Aktivitas Perekonomian

Jenis lembaga keuangan bukan bank memiliki peranan penting dalam aktivitas perekonomian Indonesia. Lembaga keuangan bukan bank merupakan badan/lembaga yang terkait dengan aktivitas keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis lembaga keuangan bukan bank ini mampu menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk lain seperti surat berharga. Menurut SK Menteri keuangan RI, mereka mengantongi izin untuk menerbitkan surat berharga. 

Kehadiran dari jenis lembaga keuangan bukan bank atau LKBB ini diharap dapat mendorong perkembangan pasar modal tanah air. Tidak hanya itu, LKBB dapat membantu meningkatkan produktivitas barang serta jasa dan mendorong tersedianya lapangan pekerjaan. 

Fungsi Utama Lembaga Keuangan Bukan Bank

Saat mendengar tentang lembaga keuangan, orang akan mengira dan mengaitkannya dengan bank. Padahal bukan bank saja yang termasuk dalam lembaga keuangan. Bank dan lembaga keuangan bukan bank memiliki perbedaan pada tugas dan fungsinya. Lalu apa saja tugas dan fungsi jenis lembaga keuangan bukan bank?

  • Menghimpun Dana

Berfungsi mengumpulkan dana dari masyarakat dan selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk selain  tabungan, giro, serta deposito. LKBB akan mengeluarkan dokumen atau surat-surat berharga dan menyalurkan dana tersebut kembali untuk biaya investasi perusahaan. 

  • Memberi Bantuan Modal

LKBB menyediakan bantuan modal yang dapat diakses oleh usaha kecil dan menengah, atau perusahaan swasta. Biasanya modal berupa kredit jangka pendek hingga jangka panjang. 

  • Menjadi Perantara

LKBB memiliki peran menjadi perantara perusahaan yang membutuhkan modal dengan pemilik modal. Lembaga ini menjadi badan hukum pemerintah yang berperan untuk mendapatkan sumber permodalan kredit dalam negeri maupun luar negeri.

  • Memberikan Kredit
Baca Juga:  Ingin Sukses? Ini Cara Orang Tionghoa Mengatur Keuangan

Jenis lembaga keuangan bukan bank juga memberikan kredit untuk membeli barang-barang tertentu seperti kendaraan, elektronik dan masih banyak lagi. Petugas KLBB akan mengadakan survey terlebih dahulu sebelum menyetujui pengadaan kredit tersebut.

Jenis-jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Jika Anda ingin membuka usaha namun terkendala modal, maka Anda bisa memanfaatkan peran dari LKBB. Sebelum menjalankan bisnis cobalah untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis yang akan dijalankan. Hal ini akan berpengaruh pada aspek keuangan dalam studi kelayakan bisnis. Dengan perencanaan bisnis yang matang maka Anda bisa memperkirakan apakah bisnis tersebut dapat bertahan atau tidak. Setelah Anda mempelajari dengan matang, Anda bisa mulai mengajukan modal melalui perusahaan berikut tergantung bisnis apa yang ingin Anda mulai.

  1. Koperasi Simpan Pinjam
  2. Pegadaian
  3. Perusahaan Asuransi
  4. Leasing
  5. Perusahaan Dana Pensiun
  6. Pasar Modal
  7. Perusahaan Modal Ventura

Dengan hadirnya beberapa jenis lembaga keuangan bukan bank tersebut, masyarakat dapat berperan dalam memajukan perekonomian baik makro maupun mikro. Pastikan untuk memilih jenis lembaga keuangan bukan bank yang terpercaya dan diawasi OJK.

One Reply to “Jenis Lembaga Keuangan Dalam Aktivitas Perekonomian”

Leave a Reply

Your email address will not be published.