Karakteristik Budaya Organisasi Menurut Ahli Fred Luthans | Anyabila

Karakteristik Budaya Organisasi Menurut Ahli Fred Luthans

Organisasi merupakan badan sosial atau pun usaha yang terdiri dari minimal dua orang atau lebih, yang mana organisasi memiliki tujuan yang ingin tercapai, struktur peran yang terorganisir dan peran kerja yang sudah terporsir. Dalam berorganisasi manajemen tingkat tertinggi hingga tingkat terrendah harus memiliki komitmen yang kuat agar organisasi dapat terus berkembang dan bersaing. Selain itu, organisasi memiliki karakteristik budaya organisasi yang perlu kita ketahui.

Karakteristik budaya organisasi adalah sifat atau ciri khas yang ada pada sebuah organisasi mencakup kebijakan, norma, nilai, filosofi, dan aturan yang berlaku pada organisasi tersebut.

6 Karakteristik Budaya Organisasi fred luthans

6 Karakteristik Budaya Organisasi Menurut Fred Luthans

Fred luthans merupakan seorang ahli ilmu organisasi, pada tahun 1998 ia mengemukakan 6 karakteristik budaya organisasi, yaitu:

Keteraturan perilaku yang teramati.

Tiap anggota pada sebuah organisasi ketika mereka melakukan sebuah interaksi maka mereka akan memiliki bahasa, cara perilaku, terminologi dan cara yang sama. Yang berhubungan dengan rasa hormat dan cara bertindak di organisasi tersebut.

Norma

Sebuah organisasi akan memiliki standar perilaku dan cara bertindak sesuai pedoman yang telah manajemen tertinggi buat. Sehingga pedoman ini akan mencakup segala informasi terkait hal apa saja yang anggota organisasi bisa perbuat. Termasuk yang mereka tidak boleh perbuat.

Nilai-nilai dominan

Nilai dominan adalah perilaku atau hasil yang organisasi inginkan dari tiap anggotanya. Nilai ini merupakan hal yang sangat organisasi harapkan sebagai output untuk perkembangan dan kemanjuan organisasi.

Contoh dari nilai dominan tersebut adalah hasil output pekerjaan memiliki kualitas yang tinggi, tiap anggota menjalankan kebijakan organisasi dengan baik, dan tingkat efisiensi maupun efektifitas yang optimal.

Nilai dominan ini dapat kita hitung dengan beberapa cara, simak pada artikel Cara Mengukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Akurat Beserta Contoh.

Filosofi

Filosofi adalah cara bagaimana organisasi memperlakukan para anggotanya dan juga para pelanggannya dalam sebuah tindakan dan keyakinan. Comtohnya, PT Nutrifood memiliki filosofi rumah kedua bagi karyawannya dan memfasilitasi lingkungan kerja senyaman mungkin.

Aturan

Karakteristik ini berupa pedoman yang berhubungan dengan kemajuan organisasi secara pasti. Sehingga tiap anggota yang bergabung harus mempelajari dan memahami aturan yang telah ada agarorganisasi dapat menerima mereka seutuhnya.

Organizational climate atau iklim organisasi

Iklim organisasi yang dimaksud adalah adanya sebuah perasaan atau feeling yang bersumber dari tata letak fisik, cara interaksi tiap anggota organisasi, dan cara bagaimana anggota tersebut mendorong dirinya untuk berinteraksi dengan pihak pelanggan dan pihal luar lainnya.

Tinggalkan Balasan