Kinerja Keuangan Menurut Para Ahli Dalam Perusahaan | Anyabila

Kinerja Keuangan Menurut Para Ahli Dalam Perusahaan

Kinerja keuangan menurut para ahli dalam dunia usaha. Dalam sebuah perusahaan adanya evaluasi perihal masalah keuangan sangatlah penting. Kinerja keuangan merupakan sebuah gambaran laporan keuangan perusahaan pada periode tertentu. Laporan keuangan ini menjadi tolak ukur aspek keuangan dalam studi kelayakan bisnis suatu perusahaan. Kelayakan bisnis perusahaan dapat dilihat dari aspek penghimpunan serta penyaluran dananya seperti kecukupan modal hingga profitabilitas perusahaan.

Melalui evaluasi keuangan maka perusahaan dapat melihat pencapaian yang telah diraih selama memulai bisnis. Dengan mengetahui laporan keuangan maka perusahaan dapat melakukan prediksi tentang keberlangsungan dalam dunia bisnis selanjutnya. Abila dalam laporan finansial perusahaan mengalami minus maka hal itu dapat berdampak besar seperti pailit misalnya. 

Pengertian Kinerja Keuangan Menurut Para Ahli 

Terdapat beberapa pengertian mengenai kinerja keuangan menurut para ahli. 

  • Sawir (2005:1)

Kinerja keuangan berperan dalam penilaian kinerja dan kondisi keuangan sebuah perusahaan berdasarkan standar, sasaran serta kriteria yang ditetapkan. 

  • Fahmi (2012:2)

Kinerja keuangan merupakan pencapaian hasil analisis yang dilakukan perusahaan dalam menerapkan aturan keuangan yang tepat dan benar.

  • Sutrisno (2009:53)

Menurut Sutrisno, kinerja keuangan adalah sebuah prestasi yang telah dicapai perusahaan selama periode tertentu dan mencerminkan kesehatan perusahaan tersebut. 

  • Jumingan (2006:239)

Kinerja keuangan merupakan seluruh gambaran kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu baik dari aspek penggalangan dana dan penyaluran dana. Biasanya hal-hal tersebut diukur sebagai kecukupan modal, likuiditas serta profitabilitasnya.

Fungsi Penilaian Kinerja Keuangan

Setelah mengenal pengertian dari kinerja keuangan menurut para ahli, sebuah perusahaan juga harus memperhatikan tentang penilaian kinerja keuangannya. Hal ini penting dilakukan agar perusahaan dapat mempunyai standarnya sendiri. 

  • Likuiditas

Likuiditas juga sering disebut kemampuan. Perusahaan yang bagus akan memiliki likuiditas pada kisaran angka yang bagus juga. Hal ini akan memberikan image bagus juga di mata klien.

  • Solvabilitas

Merupakan sebuah acuan dari suatu perusahaan apabila diharuskan membayar kewajiban keuangan. Contoh kasusnya bila suatu perusahaan dilikuidasi, perusahaan telah siap menunjukkan keuangannya baik jangka waktu pendek maupun panjang. 

  • Rentabilitas atau Profitabilitas

Rentabilitas menjadi dasar penilaian keuangan dari suatu perusahaan. Rentabilitas dan profitabilitas menunjukkan kemampuan suatu perusahaan untuk melihat laba yang didapatkan perusahaannya. Profitabilitas dapat terlihat jelas melalui laporan kinerja keuangannya. Keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan jika laba yang didapatkan banyak adalah mampu mendatangkan banyak investor.

  • Stabilitas

Investor akan melihat suatu perusahaan dari laporan keuangannya. Jika laporan keuangan perusahaan, perusahaan mampu bertahan menghadapi era akan datang. Perusahaan harus mampu membayar kebutuhan baik dari segi hutang hingga beban bunga tepat waktu. Kinerja keuangan menurut para ahli yang tepat ini akan membuat investor berani menanamkan modal di perusahaan tersebut. 

Tinggalkan Balasan