Komunikasi Antar Budaya Adalah : Pengertian, Faktor, dan Manfaatnya | Anyabila

Komunikasi Antar Budaya Adalah : Pengertian, Faktor, dan Manfaatnya

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai komunikasi antar budaya adalah …

Dunia terbagi menjadi beberapa benua. Tiap benua, terdapat banyak negara. Tiap negara, mungkin memiliki budaya yang berbeda-beda. Karena perbedaan budaya tersebut, terciptalah komunikasi antar budaya.

Budaya merupakan kebiasaan suatu kelompok pada area tertentu yang memiliki ciri khas unik yang membedakannya dengan kelompok lainnya dan sudah turun-temurun.

Komunikasi adalah kegiatan atau suatu proses yang mempertukarkan informasi kepada lawan bicara berdasarkan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan.

Komunikasi sendiri terbagi menjadi komunikasi interpersonal/ Antar pribadi dan komunikasi antar budaya yang akan kita bahas pada artikel ini.

Pengertian Komunikasi Antar Budaya Adalah

Komunikasi antar budaya adalah proses pertukaran informasi atau pesan yang terjadi antara beda budaya melalui cara verbal atau non verbal, hanya saja dalam prosesnya salah satu pihak akan menggunakan budaya lawan bicaranya agar dapat saling memahami.

Contohnya, ketika kamu mengobrol dengan kawan yang berkewarganegaraan inggris. Tentunya, kamu akan menyesuaikan dengan bahasa yang ia ucapkan, yaitu bahasa inggris atau dia yang menyesuaikan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Penyesuaian bahasa memiliki tujuan agar semua pihak yang terlibat akan saling memahami.

Komunikasi ini bukan berarti komunikasi yang terjadi antar dalam negeri dan luar negeri saja. Tetapi, jika kita melihat negara Indonesia ini banyak sekali budaya-budaya yang tersebear dan berbeda.

Oleh sebabnya, komunikasi antar budaya akan terjadi pada tiap individu yang memiliki perbedaan budaya demi menciptakan keselarasan paham dan kebersamaan.

Baca Juga:  Komunikasi Antar Pribadi : Pengertian, Tujuan, Hambatan dan Contoh

Tujuan dan Fungsi Komunikasi Antar Budaya Adalah

tujuan komunikasi antar budaya

Komunikasi ini memiliki tujuan sebagai media penghubung suatu informasi yang pada hakikatnya untuk menghilangkan resiko kesalahpahaman dan ketidakpastian dari suatu informasi.

Sehingga informasi dari suatu komunikasi dapat tercapai secara efektif dan dimengerti oleh semua pihak yang terlibat.

Komunikasi antar budaya adalah pondasi suatu bangsa agar saling bekerja sama dan tidak terpecah belah.

Adanya komunikasi antar budaya pun membuat individu secara naluriah akan terus menggali potensi diri untuk mempelajari berbagai budaya dan memahami adanya perbedaan tersebut.

Fungsi dari komunikasi antar budaya adalah sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan identitas diri
    Dengan komunikasi ini, tiap individu dapat memperlihatkan identitas sosialnya dengan jelas dan mudah dipahami.
  2. Menyatukan komunikasi
    Mempermudah untuk mempersatukan individu dengan individu lainnya.
  3. Menambah ilmu pengetahuan
    Tiap individu yang melakukan komunikasi antar budaya secara otomatis akan bertambah ilmunya karena ia akan mempelajari dan memahami budaya yang berbeda.
  4. Penghubung
    Artinya, komunikasi yang berbeda budaya dapat menghubungkan individu-individu yang berbeda bahasa dan mereka bebas untuk mengemukakan atau menyampaikan pemahamannya yang berbeda-beda.

Faktor Pendorong Komunikasi Antar Budaya Adalah

faktor pendorong komunikasi antar budaya

Dalam pelaksanaannya, komunikasi ini terjadi karena hal berikut:

1. Kebutuhan Perjalanan

Kegiatan atau pekerjaan yang kita lakoli, terkadang membuat kita harus berpergian jauh. Banyak kemungkinan, daerah yang kita tuju memiliki budaya yang berbeda baik dari bahasa atau adat istiadat.

Oleh sebab itu, kita perlu memahami budaya dari tempat yang akan kita tuju.

Bayangkan, betapa sulitnya jika kamu pergi ke luar negeri dan tidak memahami bahasa dan budaya negara yang kamu tuju.

Tentunya, memesan makanan pun akan begitu sulit.

2. Teknologi

Dengan kemajuan internet dan teknologi, kita akan lebih mudah dan sering berjumpa dengan berbagai macam orang. Yang tentunya memiliki budaya yang berbeda-beda.

Baca Juga:  komunikasi yang berlangsung secara sepihak dari pihak komunikator saja disebut komunikasi

Walaupun kita menutup diri terhadap budaya luar tetapi masih menggunakan teknologi dan internet, rasanya sangat tidak mungkin untuk menghindari suatu komunikasi antar berbagai budaya.

Bahkan jika kita melihat pada jual beli, kita dapat mendapati bahwa teknologi negara kita tertinggal jauh dengan teknologi negara luar.

Oleh sebabnya akan terjadi perdagangan internasional atau global, kita akan membeli produk berteknologi tersebut kepada negara luar. Yang artinya, kita perlu memahami bahasa, budaya, dan sistem jual beli dengan negara luar.

3. Politik

Sangat kecil kemungkinan suatu negara dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari negara lain, bahkan negara seperti korut pun yang terlihat tertutup masih menjalin hubungan dengan beberapa negara.

Demi terjadinya hubungan diplomatis yang adil antara kedua belah pihak, maka harus adanya suatu komunikasi yang satu paham agar tidak terjadinya kesalahpahaman atau suatu kerjasama memberatkan salah satu pihak.

4. Memenuhi Kebutuhan

Pada 3 poin pertama, dapat kita simpulkan bahwa komunikasi antar budaya memiliki tujuan untuk mencukupi atau memenuhi seluruh kebutuhan.

Suatu negara akan memiliki banyak warga negara yang memiliki kebutuhan bervariasi. Artinya, demi memenuhi kebutuhan tersebut Negara akan mengupayakan mengadakan apa yang mereka inginkan baik.

Sebagai individu pun, kita membutuhkan komunikasi antar budaya dalam pekerjaan, pembelian online, dan transaksi lainnya.

Semata-mata, komunikasi ini diperlukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan tiap manusia.

Manfaat dan Hambatan Komunikasi Antar Budaya Adalah

Dampak komunikasi ini bagi kehidupan bersosial sangatlah besar. Kita sebagai manusia dapat saling memahami satu sama lain. Komunikasi ini akan mengurangi kemungkinan konflik yang terjadi antar daerah.

Selain itu, kita dapat terus mengeksplor diri untuk lebih mempelajari berbagai budaya. Bahkan kita dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita inginkan.

Baca Juga:  Komunikasi Interpersonal : Pengertian, Komponen, Hubungan, Dll

Sedangkan, hambatan dari komunikasi antar budaya adalah sebagai berikut:

  1. Kurangnya rasa ingin mempelajari bahasa dan budaya daerah luar
  2. Menutup diri
  3. Memiliki stigma negatif terlebih dahulu

Contoh Komunikasi Antar Budaya Adalah

Fauzi akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri, yaitu negara Jepang. Sebelum menuju kesana, Fauzi sudah memahami budaya orang jepang yang bersih dan lumayan menguasai bahasa mereka.

Ia berangkat dengan rekannya bernama Tono.

Ketika pengecekan passport, berhubung Tono tidak mengerti bahasa Jepang. Ia salah memberikan apa yang diminta petugas pengecekkan.

Akibatnya terjadi suatu pertikaian.

Dikarenakan Fauzi mengerti bahasa jepang dan tentunya bisa bahasa Indonesia. Ia kemudian memberitahu Tono bahwa yang petugas itu minta bukan buku passport. Tetapi, petugas tersebut meminta pulpen yang dipegang Tono dikembalikan.

Kemudian Tono mengembalikan pulpennya dan pertingkaian pun usai.

Dari cerita sederhana di atas, dapat kita simpulkan bahwa memahami komunikasi antar budaya adalah untuk menghindari kita dari konflik yang tidak perlu.

One Reply to “Komunikasi Antar Budaya Adalah : Pengertian, Faktor, dan Manfaatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.