manajemen produksi meliputi tiga kegiatan yaitu | Anyabila

manajemen produksi meliputi tiga kegiatan yaitu

manajemen produksi meliputi tiga kegiatan yaitu – Dunia korporat dan korporasi memiliki hubungan yang erat dengan manajemen produksi. Dimana, bertindak sebagai kekuatan pendorong di belakang pertumbuhan bisnis atau industri secara keseluruhan. Jadi kegiatan apa yang terlibat dalam proses ini?

Secara umum, konsep manajemen produksi adalah kegiatan mengalokasikan dan menggabungkan faktor-faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal dan keterampilan untuk menambah nilai suatu produk atau jasa. Secara singkat dapat juga dipahami sebagai pengaturan proses mengubah bahan mentah menjadi produk atau jasa yang bernilai jual.

manajemen produksi meliputi tiga kegiatan yaitu

Menurut beberapa sumber, manajemen produksi bertujuan untuk mengelola lima elemen utama, yaitu:

  • Orang, baik sebagai sumber daya maupun tenaga kerja.
  • Mesin, sebagai peralatan produksi.
  • Metode, berupa rancangan strategis yang berkaitan dengan operasi produksi.
  • Bahan, berupa bahan baku primer dan sekunder untuk proses produksi.
  • Kas, atau uang, termasuk keuangan, modal, arus kas operasi, dan laba.

Jadi pada umumnya ditujukan untuk menghasilkan barang atau jasa dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

manajemen produksi meliputi tiga kegiatan yaitu

Perencanaan sistem produksi

Manajemen merencanakan alokasi orang, bahan, mesin, metode, dan modal yang dibutuhkan untuk memproduksi barang atau jasa pada periode berikutnya. Perencanaan produksi meliputi jenis barang yang akan diproduksi, jumlah barang yang akan diproduksi, desain produksi, bahan baku yang dibutuhkan, cara pengolahan, kualifikasi sumber daya manusia (SDM) dan anggaran.

Pengendalian Produksi

Manajemen merancang dan menetapkan serangkaian prosedur (SOP/Prosedur Operasi Standar) yang harus diikuti selama pembuatan. Pengendalian produksi meliputi pengendalian bahan, harga pembelian bahan baku, proses produksi, standar kualitas produksi, standar personel agar dapat berproduksi secara optimal sesuai anggaran yang diberikan.

Pengawasan produksi

Manajemen mengendalikan dan menjalin komunikasi antara departemen produksi untuk memastikan bahwa produksi berjalan sesuai rencana. Pengendalian terutama berkaitan dengan kualitas, waktu dan biaya.

Tinggalkan Balasan