Memahami Pengertian Dan Jenis Jenis Rasio Keuangan | Anyabila

Memahami Pengertian Dan Jenis Jenis Rasio Keuangan

Analisis rasio keuangan perusahaan sangat penting bagi calon investor untuk mengetahui seberapa besar investasi yang dapat ditawarkan. Untuk itu hasil analisis juga dapat dijadikan acuan untuk pengembangan bisnis. Sebenarnya, apa itu analisis rasio keuangan dan fungsinya? Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan di bawah ini. Di dalam artikel, anda juga akan mempelajari seputar jenis jenis rasio keuangan. Anda mungkin juga bisa menghubungkan dengan bank dan lembaga keuangan.

Pengertian Rasio Keuangan

Menurut Harvarindo (2010) rasio adalah hubungan antara satu angka dengan angka lainnya. Jonathan Golin (2001) juga berpendapat bahwa rasio adalah angka yang dijelaskan oleh model tertentu, dan angka tersebut dibandingkan dengan model lain dan dinyatakan sebagai persentase. Pada saat yang sama, keuangan sering terkait dengan akuntansi, seperti manajemen keuangan dan pelaporan keuangan. Oleh karena itu, rasio keuangan merupakan indeks yang menghubungkan dua angka akuntansi dan bisa didapatkan dengan cara membagi satu angka dengan angka lainnya (menurut Jas Carter Van Horne, diambil dari Kasmir (2008)).

Setelah memahami pengertian rasio keuangan, analisis adalah mengamati hal-hal secara mendetail dengan mendeskripsikan komponen-komponen atau menyusun komponen-komponen tersebut untuk digunakan pada penelitian selanjutnya. Analisis juga bisa disebut proses dalam memecah hal-hal menjadi bagian yang lebih dalam lalu menggabungkannya bersama. Anda juga bisa pahami jenis lembaga keuangan bank.

Oleh karena itu, analisis rasio keuangan adalah proses mengamati indikator yang berkaitan dengan bidang akuntansi seperti laporan keuangan, neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas, ditujukan untuk mengevaluasi kinerja keuangan suatu perusahaan. Analisis ini digunakan untuk memberikan gambaran informasi tentang status keuangan dan kinerja perusahaan, serta dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan bisnis. Analisis resiko keuangan sering dipakai oleh investor dan bagian manajemen dalam beberapa hal. Investor menggunakan rasio keuangan untuk melihat apakah perusahaan tersebut merupakan investasi yang baik. Dengan perbandingan rasio keuangan antar perusahaan dan industri, investor menentukan investasi terbaik. Dalam hal ini kedua belah pihak harus memahami memahami kebijakan pengelolaan keuangan.

Pada saat yang sama, manajemen menggunakan rasio keuangan untuk menentukan kinerja perusahaan untuk menilai di mana perusahaan dapat lebih ditingkatkan dalam beberapa hal. Misalnya, jika margin laba kotor perusahaan rendah, manajer dapat mengevaluasi bagaimana cara meningkatkan margin laba kotor tersebut menjadi lebih baik.

Fungsi rasio keuangan

Fungsi umum dari analisis rasio keuangan berguna bagi manajer dan investor. Tentu saja fungsinya tidak sesederhana itu. Anda bisa simak fungsi lengkapnya di bawah ini:

  • Berguna bagi orang / perusahaan yang ingin berinvestasi saham.
  • Menyediakan kredit pada perusahaan
  • Menentukan tingkat kesehatan perusahaan pelanggan
  • Menentukan tingkat kesehatan supplier
  • Menentukan tingkat kesehatan dari segi karyawan
  • Menentukan pajak yang dibebankan perusahaan
  • Menentukan tingkat keuangan pesaing
  • Menentukan tingkat perkembangan perusahaan
  • Mengetahui tingkat kekuatan pesaing
  • Mengetahui besarnya tingkat kerusakan

Ketahui Jenis Jenis Rasio Keuangan

  1. Rasio Likuiditas

Rasio likuiditas adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendeknya saat jatuh tempo. Rasio ini mengukur kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendek pada saat jatuh tempo. Rasio keuangan yang termasuk dalam rasio likuiditas antara lain rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas. Rasio lancar adalah adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar hutang jangka pendek atau utang yang akan jatuh tempo dengan aktiva lancar. Semakin besar rasio aset lancar terhadap hutang lancar, semakin tinggi pula kemampuan perusahaan untuk membayar utang jangka pendeknya. Anda bisa juga mempelajari tentang sistem akuntansi keuangan daerah. Rasio cepat rasio merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar kembali hutang dengan aset lancar tanpa mempertimbangkan nilai persediaan. Rasio kas membandingkan kas dan aset lancar yang dapat digunakan sebagai kas dengan hutang lancar.

  1. Rasio Aktivitas

Rasio ini melihat beberapa aset dan kemudian menentukan tingkat aktivitas apa dari aset tersebut di tingkat aktivitas tertentu. Penurunan aktivitas penjualan pada tingkat tertentu akan mengakibatkan lebih banyak dana berlebih yang diinvestasikan pada aset tersebut. Semakin banyak dana yang diinvestasikan pada aset lain dengan produktivitas lebih tinggi, maka kelebihan dana tersebut akan semakin baik. Rasio aktivitas (sering disebut rasio efisiensi) merupakan analisis rasio keuangan yang mengukur bagaimana perusahaan secara efektif menggunakan asetnya untuk menghasilkan pendapatan. Analisis yang diklasifikasikan sebagai rasio aktivitas meliputi tingkat perputaran persediaan, tingkat perputaran aset total dan tingkat perputaran aktiva tetap. Anda bisa hubungi sistem layanan informasi keuangan.

  1. Rasio Solvabilitas

Rasio satu ini juga sering disebut dengan rasio leverage yaitu rasio keuangan yang dipakai untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang, contohnya membayar pokok hutang akhir, membayar bunga hutang, dan ragam kewajiban lainnya. Jenis rasio solvabilitas atau rasio leverage yang sering digunakan adalah rasio hutang, rasio hutang terhadap ekuitas, dan Times Interest Earned Ratio. Anda bisa lakukan banyak cara mencapai kebebasan finansial.

  1. Rasio Profitabilitas

Rasio Profitabilitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan dari pendapatan yang berkaitan dengan penjualan, aset dan ekuitas. Beberapa jenis profitabilitas yang sering digunakan yaitu gross profit margin, net profit margin, return on asset (ROA), return on equity (ROE), return on sales (ROS), dan return on capital used (ROCE). Banyak hal yang bisa didapatkan dari rasio profitabilitas tersebut. Jika anda mempelajari tentang jenisnya, anda juga bisa pelajari tentang akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

  1. Rasio Investasi

Rasio investasi merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam memberikan imbal hasil kepada investor, khususnya investor yang masuk ke pasar modal dalam jangka waktu tertentu. Menurut fungsi pelaporan keuangan, rasio ini memiliki nilai yang menguntungkan bagi investor, bahkan investor dapat menggunakan fungsi pelaporan ini untuk mengevaluasi kinerja saham dan efek di pasar modal. Investor juga mungkin perlu mempelajari tentang aspek keuangan studi kelayakan bisnis.

Untuk melakukan analisis rasio, Anda harus memiliki laporan keuangan yang jelas dan mudah dipahami, termasuk neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Oleh karena itu, Anda dapat menyederhanakan proses penghitungan dengan bantuan software akuntansi atau alat sejenisnya sesuai kebutuhan anda. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan selama mempunyai laporan keuangan yang jelas. Analisis rasio keuangan adalah analisis kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi semua aspek operasi dan kinerja keuangan perusahaan berdasarkan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan (seperti neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi). Rasio keuangan ini dapat digunakan oleh manajemen perusahaan, kreditor atau pemberi pinjaman, dan investor dan pemegang saham. Analis sekuritas dan lembaga pemeringkat kredit juga menggunakan rasio keuangan ini untuk menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan yang akan mereka analisis. Nah anda juga bisa pahami jenis jenis rasio keuangan di atas.

Tinggalkan Balasan