Mengenal Jenis dan Fungsi Bank & Lembaga Keuangan Indonesia | Anyabila

Mengenal Jenis dan Fungsi Bank & Lembaga Keuangan Indonesia

Jika membahas tentang lembaga keuangan, sebagian orang, pasti akan langsung berpikir Bank. Tapi sebenarnya, lembaga keuangan, tidak hanya bank saja, ada juga bentuk lainnya. Ulasan kali ini akan membantu Anda lebih memahami apa itu bank dan apa saja jenis lembaga keuangan bank yang ada di Indonesia.  

Pengertian bank dan lembaga keuangan

Sebelum membahas lebih dalam tentang yang ada di Indonesia, ada baiknya jika mengenal apa itu bank dan lembaga keuangan.

Lembaga keuangan sendiri dalam badan usaha atau juga institusi yang bergerak di bidang jasa keuangan, bergerak dengan cara menghimpun atau mengumpulkan dana dari masyarakat, untuk kemudian mengalirkannya ke berbagai pendanaan, guna memperoleh keuntungan dalam bentuk persentase atau juga bunga. Artinya kegiatan usaha dari lembaga yang bersangkutan tidak hanya tentang menghimpun dana saja, namun juga menyalurkan dana atau juga keduanya secara bersamaan.

Untuk membuat sebuah lembaga keuangan, misalnya saja bank, maka harus ada izin terlebih dahulu dari menteri keuangan. Terutama izin usaha, kemudian setelah berdiri , maka lembaga keuangan tersebut, nantinya akan diawasi oleh Badan Otoritas jasa Keuangan tau yang disingkat jadi OJK. Ini adalah salah satu payung hukum, yang memberikan kepastian standar keamanan bagi masyarakat.  

Jenis lembaga keuangan bank

Jika dilihat dari jenisnya, bank dan lembaga keuangan sendiri dibagi jadi 2 jenis, yaitu :

  • Lembaga keuangan bank

Tidak lain adalah lembaga yang sengaja didirikan dengan hak untuk menerima serta menghimpun, juga menyimpan uang, untuk nantinya dapat dipinjamkan kembali. selain itu juga dapat menerbitkan promes atau juga banknote.

  • Lembaga keuangan non bank

Tidak lain adalah otoritas jasa keuangan, yang didalamnya dapat melakukan tarik dana dari masyarakat, melalui depository secara tidak langsung.

Baca Juga:  Sudah Seharusnya Perusahaan Membuat Website Blog

Fungsi bank dan lembaga keuangan

Pada dasarnya fungsi dari bank dan lembaga keuangan yang disebutkan diatas, cukup berbeda, tergantung jenis bank yang akan digunakan itu sendiri. Tapi jika dilihat secara umum, maka fungsi bank adalah :

  1. Untuk menghimpun dana dari masyarakat, caranya adalah dengan mengeluarkan dokumen berharga.
  2. Dalam hal ini bank akan menyalurkan kembali, dana yang sebelumnya sudah terkumpul, untuk digunakan dalam berbagai pembiayaan, seperti untuk pembangunan pada jangka waktu tertentu. yang artinya dana yang dihimpun, tidak akan tertimbun, namun dikelola untuk berkembang.  
  3. Juga mampu memberikan bantuan modal usaha pada masyarakat atau bahkan perusahaan yang membutuhkan, dalam rangka mengembangkan usahanya.
  4. Ada pula lembaga keuangan yang memberikan jasa simpan pinjam pada para anggotanya, dengan bunga yang relatif rendah. Ini adalah salah satu lembaga keuangan yang menerapkan jenis-jenis rasio keuangan secara terbuka untuk para anggotanya.

Demikianlah ulasan tentang pengertian bank dan lembaga keuangan, serta fungsinya. Semoga bermanfaat untuk Anda. 

2 Replies to “Mengenal Jenis dan Fungsi Bank & Lembaga Keuangan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.