Mengenal Jenis - Jenis Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank | Anyabila

Mengenal Jenis – Jenis Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Lembaga keuangan yang ada di Indonesia sendiri cukup beragam. lembaga yang bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya kembali pada masyarakat, dalam bentuk pinjaman ini, tidak hanya berbentuk bank saja. Namun masih ada lembaga keuangan lain yang juga mempunyai tujuan kurang lebih sama. Setidaknya ada 2 jenis lembaga keuangan bank dan non bank yang ada di Indonesia, yaitu lembaga keuangan bank, dan lembaga keuangan non bank.

Lembaga keuangan bank

Jenis lembaga keuangan bank sendiri, mempunyai peran memberikan jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara langsung, baik itu dari bentuk tabungan, deposito atau juga giro. Dalam pelayanannya ada beberapa fasilitas yang disediakan, seperti pembayaran, penyimpanan serta pinjaman atau kredit.

Ada 3 jenis lembaga keuangan dalam bentuk bank, yaitu :

  1. Bank sentral

Tujuan dari adanya bank sentral, dalam hal ini Bank Indonesia, adalah, untuk mencapai serta memelihara stabilitas nilai rupiah itu sendiri. Hal ini berguna untuk menjaga stabilitas nilai mata uang dari barang dan jasa, dan menjaga mata uang dari negara lain.  

  1. Bank umum

Yang kedua adalah, memberikan layanan jasa perbankan secara langsung pada masyarakat. Caranya adalah dengan memberikan fasilitas dan produk. Berupa menghimpun dana yang dijadikan simpanan atau tabungan, untuk menerbitkan surat pengakuan hutang, menyimpan barang dan surat berharga, serta hal lainnya.   

  1. Bank Perkreditan Rakyat

Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sendiri mempunyai layanan yang sedikit lebih sempit dibanding bank umum. Tugasnya tidak lain hanya menghimpun dana dari masyarakat, dalam bentuk tabungan, deposito berjangka, atau juga yang sejenisnya, memberikan kredit, menyediakan layanan pembiayaan, dan yang lainnya.

Lembaga keuangan non bank

Berikutnya adalah lembaga keuangan non bank. Lembaga keuangan yang satu ini, tidak lain adalah jasa keuangan yang juga menghimpun dana dari masyarakat secara langsung atau juga depository. Tujuannya adalah untuk mendorong pergerakan pasar modal dan juga pengembangan pasar uang,  juga membantu sistem permodalan bagi perusahaan yang mempunyai nilai ekonomi rendah.

Yang termasuk dalam lembaga keuangan non bank adalah :

  1. Asuransi

Adalah lembaga keuangan non bank yang kegiatannya memberikan proteksi atas kerugian keuangan nasabah atas kejadian yang tidak terduga.

  1. Leasing

Ini adalah perusahaan multifinance atau yang kerap disebut dengan leasing, umumnya menawarkan pinjaman atau kredit, pada masyarakat atau juga pribadi, dengan jaminan tertentu.

  1. Pegadaian

Pegadaian sendiri masuk termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, yang kegiatannya memberikan layanan kredit, dengan cara sistem gadai.

  1. Pasar modal

Atau disebut juga dengan bursa efek, adalah tempat jual beli berbagai surat berharga jangka panjang, mulai dari surat pengakuan hutang, ekuitas saham,dan yang lainnya.

  1. Koperasi simpan pinjam  

Lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dana dengan mekanisme atau sistem keanggotaan. Ini adalah salah satu lembaga yang menerapkan jenis-jenis rasio keuangan, secara transparan.

Dapat diambil kesimpulan, bahwa jenis lembaga keuangan bank yang ada di Indonesia ini memang cukup banyak, dan masing-masing mempunyai pelayanan yang sedikit banyak berbeda, satu dengan yang lain.  

Tinggalkan Balasan