Meningkatkan Penjualan Dengan Newsletter di Era Internet | Anyabila

Meningkatkan Penjualan Dengan Newsletter di Era Internet

Sejak dulu, keberadaan newsletter dalam bisnis dipercaya mampu meningkatkan penjualan, tidak terkecuali di zaman internet saat ini. Pertanyaan muncul saat kemunculan berbagai social network, apakah keberadaan newsletter masih diperlukan?

Ya, tetap masih diperlukan. Pada kenyataan para pemasar dunia saat ini menggunakan social network untuk membangun newsletter. Artinya keberadaan newsletter masih sangat vital pada dunia pemasaran ini.

Jika dulu, newsletter menggunakan surat cetak, sekarang di zaman internet, newsletter menggunakan email. Email memiliki keunggulan dibandingkan dengan surat biasa. Keunggulan email adalah kecepatan dan biaya yang jauh relatif murah dibandingkan dengan surat biasa. Untuk mengirim 1.000 surat biasa, dengan perangko Rp 2.500 Anda memerlukan biaya Rp 2.500.000 untuk sekali kirim. Namun jika menggunakan email, biaya puluhan ribu bisa untuk berkali-kali. Belum lagi dengan kecepatan yang jauh berbeda.

Jadi, newsletter zaman sekarang lebih banyak yang memilih email karena praktis, cepat, dan biaya murah. Sudahkah Anda memiliki newsletter? Jika belum, artinya Anda melewatkan banyak peluang untuk meningkatkan penjualan. OK, dibawah akan saya jelaskan 3 alasan penting, kenapa newsletter bisa meningkatkan penjualan.

Alasan #1: Anda Terus Terhubung Dengan Pelanggan Anda

Alasan pertama ialah Anda akan terus terhubung dengan pelanggan Anda. Jika Anda berada di hati pelanggan Anda, siapa yang akan mereka hubungi jika memerlukan sebuah produk atau jasa? Mereka akan menghubungi orang yang mereka ingat. Mereka akan memilih merk yang mereka ingat. Pada dasarnya, orang itu malas, termasuk malas mencari sehingga apa yang ada di kepala merekalah yang akan langsung menjadi pilihan.

Baca Juga:  istilah marketing mix dalam manajemen pemasaran meliputi

Agar Anda, produk Anda, tetap ada di kepala pelanggan Anda, maka newsletter akan sangat membantu. Dengan newsletter Anda akan mudah menghubungi mereka kapan saja. Mereka akan ingat Anda, ingat produk Anda, ingat jasa Anda, dan ingat merk Anda. Sungguh sangat disayangkan jika Anda melewatkan satu taktik penting ini.

Alasan #2: Follow Up Bisa Meningkatkan Penjualan sampai 400%

Dengan adanya newsletter, artinya Anda memberikan kesempatan kepada prospek Anda untuk lebih mengenal Anda, lebih mengenal produk dan jasa Anda. Jika mereka sudah mengenal dan sudah nyaman dengan Anda, maka peluang mereka menggunakan produk dan jasa Anda menjadi lebih besar. Mereka tidak mau mengambil resiko memilih produk, jasa, dan orang yang tidak dikenal.

Menurut pada ahli pemasaran, keberadaan follow up bisa meningkatkan penjualan sampai 400% dibandingkan tanpa follow up. Dan, dengan newsletter Anda bisa memfollow up jauh lebih mudah. Jadi, jika Anda berbisnis tanpa ada sistem follow up, artinya Anda mengabaikan peluang penjualan sebesar 300%. Sayang bukan?

Alasan #3: Menunjukan Keahlian Anda

Dengan keberadaan newsletter juga, Anda bisa meningkatkan penjualan dengan cara menunjukan bahwa Anda ahlinya. Orang akan memilih ahlinya dan Anda memiliki kesempatan untuk menunjukan dengan email bahwa Anda memang ahlinya untuk produk dan jasa yang tawarkan. Anda bisa mengirimkan berbagai bukti, testimoni, liputan media, dan sebagainya yang menunjukan keahlian Anda.

Setelah mereka melihat keahlian Anda, mereka akan percaya kepada Anda, dan mereka akan membeli kepada Anda.

Nah, sekarang Anda sudah memahami bagimana peran newsletter dalam meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Sekarang kita akan belajar bagaimana cara membangun newsletter di zaman internet. Saya tidak akan membahas bagaimana membangun newsletter dengan surat biasa untuk saat ini. Mungkin lain kali.

Baca Juga:  Peran Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Anda

Langkah #1: Miliki Sebuah Website

Saya anjurkan Anda memiliki sebuah website atau blog jika belum. Kenapa, ada tiga manfaat utama jika Anda memiliki sebuah website atau blog:Sebagai landing page. Setiap usaha pemasaran Anda, Anda akan memerlukan sebuah landing page. Landing page adalah konsep dimana website Anda menjadi tujuan dari setiap usaha pemasaran Anda. Jika memasarkan melalui iklan, maka Anda bisa menggiring prospek ke website Anda. Mendatangkan pengunjung. Sebuah website yang sudah dioptimasi (SEO) dan sudah diindex oleh google akan mendatangkan pengunjung dengan sendirinya yang merupakan lead (bakal prospek) bisnis Anda. Setelah mereka mengunjungi website Anda, mereka bisa berubah menjadi prospek (yang tertarik dengan produk/jasa Anda) kemudian mereka mendaftar newsletter Anda sehingga bisa diubah menjadi pelanggan. Meperkenalkan Diri, Produk, dan Jasa Anda. Jika Anda sudah memiliki website Anda bisa memperkenalkan diri dan memberikan kesan kepada calon pelanggan Anda. Dengan konten, Anda bisa memperkenalkan diri. Dengan desain profesional Anda bisa memberikan kesan positif kepada mereka.

Dan fungsi utama dari website itu sendiri untuk menyimpan formulir pendaftaran.

Sebagai alternatif, tentu saja Anda juga bisa menggunakan halaman facebook selain website atau blog.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat website atau halaman facebook, silahkan hubungi kami.

Langkah #2: Mendaftar Jasa Pengelola Newsletter

Langkah kedua tentu saja Anda harus mendaftar jasa penglola newsletter. Salah satu rekomendasi saya ialah dengan menggunakan autoresponder profesional. Contohnya ialah Aweber, GetResponse, Mulxim (Indonesia), dan sebagainya.

Biayanya sesuai dengan paket yang Anda pilih, tergantung jumlah pelanggan (subscriber) yang Anda miliki. Anda bisa mulai dengan paket kecil dulu, nanti bisa diupgrade setelah subscriber Anda bertambah.

Baca Juga:  Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Agar Untung

Anda bisa mendapatkan kode html untuk membuat formulir di website/halaman fb Anda.

Langkah #3: Pasang Formulir Pendaftaran

Setelah Anda memiliki kode html dari autoresponder, maka silahkan pasang di website Anda. Anda bisa membuat landing page khusus untuk form pendaftaran seperti Zona Sukses, bisa juga di sidebar blog Anda, dan dibawah artikel pada blog Anda.

Tip-tip Meningkatkan Penjualan Dengan Newsletter

Ada Insentif Agar Pengunjung Web Mendaftar Newsletter Anda. Seperti yang saya lakukan dengan menawarkan ebook dan video gratis. Anda bisa menawarkan kupon diskon, katalog gratis, dan sebagainya.Bangun Relasi. Bukan hanya menjual, tetapi lebih penting membangun relasi, bahwa keberadaan Anda untuk membantu mereka.Tunjukan Keahlian Anda. Ya, seperti bahas di atas, tunjukan keahlian Anda.Tawarkan Deal, bukan menjual. Orang tidak suka jika Anda menjual kepadanya, tetapi mereka suka jika Anda menawarkan deal yang menguntungkan mereka.

Jadi, tunggu apa lagi? Tambahkan newsletter dalam pemasaran Anda untuk meningkatkan penjualan.

2 Replies to “Meningkatkan Penjualan Dengan Newsletter di Era Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published.