Organisasi Internasional Yang diikuti Indonesia | Anyabila

Organisasi Internasional Yang diikuti Indonesia

organisasi internasional yang diikuti indonesia – Sebagai negara yang merdeka dan berdaulat, Indonesia memiliki cita-cita yang besar dalam upaya mewujudkan perdamaian di seluruh dunia. Upaya Indonesia dalam menjalankan peran perdamaian global ditunjukkan dengan partisipasinya dalam organisasi internasional.

Organisasi Internasional Yang diikuti Indonesia

Namun, tahukah Anda nama-nama organisasi internasional dan peran Indonesia di dalamnya?

Kami yakin banyak di antara Anda yang belum mengetahui nama-nama organisasi internasional dan peran Indonesia dalam mengikuti organisasi-organisasi tersebut.

Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan dan Tugasnya

Maka pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa nama organisasi internasional dan peran Indonesia dalam organisasi tersebut sebagai upaya menjaga perdamaian dunia.

Bina Qurani Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia
Lokasi: Bina Qurani Islamic School, Gambar: Nama organisasi internasional dan peran Indonesia, Sumber: Foto Berita Satu

Ini adalah beberapa organisasi internasional yang di dalamnya Indonesia berpartisipasi dalam upaya untuk mendirikan perdamaian dunia:

  • Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
  • Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)
  • Kerjasama Ekonomi Asia-Thailand Binh Duong (APEC)
  • Organisasi Kerjasama Islam (OKI)
  • Konferensi Asia-Afrika

Pada kesempatan ini, kita akan membahas sedikit tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui sistem internasional berdasarkan poin-poin di atas.

Beberapa Nama Organisasi Internasional dan Peranan Indonesia

Membahas Nama Organisasi Internasional dan Peranan Indonesia Di dalamnya Tentu sangat luas dan cukup panjang. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya hanya akan mengulas secara singkat peran Indonesia di sejumlah organisasi internasional.

Organisasi Internasional Yang diikuti Indonesia

Berikut sejumlah nama organisasi internasional dan peran Indonesia dalam hubungan :

1. United Nations Organization (UN)
United Nations Organization atau Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah salah satu organisasi internasional dimana Indonesia berpartisipasi dan berperan aktif. Indonesia resmi menjadi anggota PBB yang keenam puluh setelah menerima suara bulat dari negara-negara anggota pada tanggal 28 September 1950.

Sebagai negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Indonesia terdaftar ditandatangani di sejumlah organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perserikatan Bangsa-Bangsa seperti:

  • ECOSOC (Dewan Ekonomi dan Sosial)
  • ILO (Organisasi Perburuhan Internasional)
  • FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian)
  • UNICEF (Organisasi Kesejahteraan Anak)
  • WHO (Organisasi Perburuhan Internasional, Organisasi Kesehatan Dunia)

2. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)
Organisasi internasional lain di mana Indonesia menjadi anggotanya adalah ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu negara perintis pembentukan ASEAN.

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pembentukan ASEAN dihadiri oleh 5 perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara. Kelima perwakilan tersebut adalah:

  • Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia
  • Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri Malaysia
  • Narciso Ramos, Menteri Luar Negeri Filipina
  • Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura
  • Thanat Khoman, Menteri Kementerian Luar Negeri Thailand

3. Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC)
Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1989, pada tahun yang sama Indonesia menjadi anggota APEC.

APEC adalah organisasi kerjasama ekonomi kawasan Asia-Pasifik. Jumlah anggota APEC adalah 21 negara.

Beberapa peran Indonesia dalam organisasi internasional ini antara lain:

  • Pernah menjadi Presiden APEC selama beberapa periode.
  • Sebagai tuan rumah KTT APEC.
    Adalah pembangun Deklarasi Bogor dan Bogor Goals.
    Pelopor dalam pembentukan ECOTECH (Economic and Technical Cooperation).
    Anggota G20 APEC.

Baca Juga: Urutan Jabatan Dalam Perusahaan

4. Organisasi Kerjasama Islam (OKI)
Indonesia juga telah bergabung dengan Organisasi Kerjasama Islam atau OKI. Organisasi Kerjasama Islam adalah organisasi internasional yang didirikan dengan tujuan untuk memperkuat solidaritas umat Islam, mengadvokasi perdamaian dunia dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1989 di Rabat, Maroko. Sebagai salah satu pelopor lahirnya OKI, Indonesia juga memiliki sejumlah peran di dalamnya, seperti:

  • Inisiator Sistem Informasi Baru untuk Dunia Islam
  • Ketua Enam Komite
  • Sebagai Tuan Rumah Konferensi Tingkat Menteri , KTT OKI dan KTT Luar Biasa OKI
  • Dukungan damai untuk negara-negara Muslim yang bersengketa

5. Konferensi Asia-Afrika (KAA)
Organisasi internasional yang diikuti Indonesia sebagai bentuk hubungan internasional dengan tujuan mewujudkan perdamaian dunia adalah Konferensi Asia-Afrika. Selain menjadi anggota Konferensi Asia-Afrika, Indonesia juga berperan sebagai pionir dalam membentuk konferensi Asia-Afrika ini.

Konferensi Asia-Afrika pertama diadakan pada bulan 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia. Konferensi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperjuangkan kepentingan bersama, khususnya kedaulatan negara-negara Asia dan Afrika, melawan imperialisme dan rasisme.

Gagasan pertemuan Asia-Afrika disampaikan oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo kepada Majelis Sementara Perwakilan Rakyat pada tanggal 23 Agustus 1953. Kemudian, untuk melanjutkan gagasan ini, diadakan Konferensi Kolombo dari tanggal 28 April hingga 2 Mei , 1956 dan mempertemukan para pemimpin Sri Lanka, Burma atau Myanmar, Pakistan, Indonesia dan India.

Dalam pertemuan itu dicapai kesepakatan untuk menyelenggarakan konferensi lanjutan negara-negara Asia Afrika yang biasa disebut Konferensi Asia Afrika.

Di bawah ini adalah beberapa nama organisasi internasional dan peran Indonesia di dalamnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan kita.

Tinggalkan Balasan