Organisasi Modern Penjelasan dan Ciri Organisasi Lengkap | Anyabila

Organisasi Modern Penjelasan dan Ciri Organisasi Lengkap

Dasar munculnya teori ini berawal dari beberapa dasar pemikiran pada teori klasik yang memfokuskan pada pandangan yang lebih deskriptif, sedangkan teori modern menekankan pada perancangan dan pemenuhan kebutuhan. Lalu apa yang kita maksud dengan organisasi modern ?

Pengertian Organisasi Modern

Ilmu organisasi modern adalah ilmu yang mengintegrasikan konsep dari organisasi klasik dengan perkembangan ilmu sosial dan perilaku masyarakat.

Sehingga organisasi modern adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama dan merupakan sistem yang berubah seiring dengan perubahan lingkungannya, baik secara internal atau pun eksternal.

Lebih lengkapnya, kamu harus mengetahui karakteristik dari organisasi.

organisasi modern penjelasan dan ciri rajamanajemen.com

Ciri Organisasi Modern

Terdapat setidaknya 7 ciri yang menandakan organisasi modern, yaitu:

Teori ini menganggap organisasi sebagai sistem yang terbuka

Yaitu, organisasi secara konsisten berinteraksi dengan lingkungannya, sehingga dapat bertahan dan berkembang di pasar. Karena organisasi memiliki sistem terbuka maka muncul beberapa elemen seperti masukan, transformasi, proses, keluaran, umpan balik dan lingkungan. Dengan demikian, teori ini berbeda dengan teori klasik dimana organisasi menggunakan sistem tertutup.

Organisasi bersifat adaftif

Sehingga organisasi akan menyesuaikan dengan perubahan lingkungannya. Hal ini merupakan pengaruh atau efek dari sistem yag terbuka.

Organisasi memiliki sistem yang dinamis

Berbeda dengan organisasi klasik yang tertutup, organisasi yang terbuka akan lebih dinamis dalam pergerakannya.

Bersifat probabilistik dan tidak deterministik

Model deterministik adalah model yang hasilnya telah ditentukan sebelumnya dan sedangkan hasil dari model probabilistik tidak pasti dan bergantung pada peluang terjadinya.

Mencakup aspek multilevel dan multidimensi organisasi

Fakto ini akan mencakup lingkungan mikro dan makro organisasi. Lingkungan makro adalah eksternal organisasi, sedangkan lingkungan mikro adalah internal organisasi.

Organisasi bersifat multi-variabel

Maksudnya teori ini menganggap banyak variabel secara bersamaan. Hal ini menunjukkan bahwa sebab dan akibat bukanlah fenomena sederhana. Sebaliknya, peristiwa tersebut dapat disebabkan sebagai hasil dari beberapa variabel yang dapat saling terkait atau saling bergantung.

Terdapat lima bagian proses pada sistem organisasi, yaitu: input, proses, output, feedback (arus balik), dan lingkungan

Para ahli menekankan pada pentingnya komunikasi dan integrasi kepentingan individu dan organisasi sebagai prasyarat untuk kelancaran fungsi organisasi modern.

Tinggalkan Balasan