Pengertian Karakteristik Individu Beserta Komponen-Komponennya | Anyabila

Pengertian Karakteristik Individu Beserta Komponen-Komponennya

Organisasi terdiri dari beberapa individu yang masing-masing dari mereka akan memiliki ciri khas atau karakteristik masing-masing. Dalam berorganisasi sumber daya manusia adalah faktor terpenting untuk perkembangan dan kemajuan organisasi. Karena sumber daya manusia memiliki peran sebagai pemberi tenaga, penyumbang pikiran, dan pembentuk inovasi dan kreatifitas. Sehingga untuk pemilihan sumber daya manusia ini, tiap organisasi harus memahami tiap karakteristik anggota yang mereka butuhkan. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai karaktertisik individu mulai dari pengertian karakteristik individu hingga komponen pembentuknya.

Pengertian Karakteristik Individu

Karakteristik individu adalah ciri unik yang membedakan individu dengan individu lainnya. Yang termasuk dalam karakteristik ini sifatnya sangat beragam dan akan berbeda tiap individunya. Hal ini karena tiap individu memiliki keahlian, pendidikan, umur, dan pengalaman kerja yang berbeda.

Selain dari faktor tersebut, tiap orang secara alami akan memiliki tujuan, pandangan dan kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Sehingga individu akan memiliki karakteristik yang unik.

pengertian karakteristik individu rajamanajemen

4 Komponen Utama Karakteristik Individu

Umur

Dalam dunia kerja, secara teori karyawan muda akan lebih memiliki kekuatan, kecepatan dan produktifitas yang tinggi daripada karyawan tua. Walaupun cendrung cepat bosan, tidak berkomitmen dan kurang komitmen. Sedangkan, karyawan tua akan memiliki kekuatan, kecepatan, dan produktifitas yang lebih rendah. Akan tetapi, tingkat komitmen dan tanggung jawab mereka sangat tinggi.

Namun secara nyata, teori mengenai produktifitas kaum muda lebih tinggi bisa kita bantah. Karena semakin tua dan lama seorang karyawan bekerja, maka tingkat pengalamannya pun akan semakin tinggi. Sehingga hal tersebut dapat mengcover kekurangan pada fisik mereka.

Baca Juga:  Organisasi Formal Dan Informal : Perbedaan dan Penjelasan Lengkap

Misalnya seorang operator muda ketika ada masalah pada mesin produksi, ia akan lebih lama menangani masalah tersebut karena kurangnya pengalaman. Sedangkan, karyawan tua akan lebih mudah mengatasi masalah tersebut karena tingginya jam terbang untuk mengatasi hal yang demikian.

Pendidikan

Tingkat pendidikan seseorang akan membuatnya memiliki karakteristik yang berbeda. Mulai dari peningkatan kepribadian, pengabdian, mutu, keterampilan dan banyak hal. Hal tersebut karena pendidikan merupakan wadah pelatihan, pengembangan dan pengetahuan.

Secara teori, semakin tinggi dan berkualitasnya tempat pendidikan seseorang maka akan semakin baik juga kepribadiannya dalam menyikapi suatu masalah dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pengalaman Kerja

Yang kita maksud dengan pengalaman kerja adalah pembentukan keterampilan dan pengetahuan yang terjadi saat proses kerja oleh karyawan dalam kurun waktu tertentu. Pengalaman kerja akan terhitung dalam bidang yang sama, bukan dari perusahaan yang sama.

Contohnya karyawan tersebut bekerja sebagai operator selama 2 tahun dan sebagai admin 1 tahun di PT A. Maka ia telah berpengalaman sebagai operator selama 2 tahun dan sebagai admin 1 tahun, bukan berpengalaman kerja selama 3 tahun. Semakin lama pengalaman kerja seseorang akan semakin baik juga kinerjanya.

Keahlian

Komponen ini akan menentukan kecapakan individu dalam menghadapi situasi. Dimana keahlian dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Keahlian teknis, kemampuan individu untuk menggunakan pengetahuannya, metode dan teknik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Kemampuan ini diperoleh dari pendidikan, pengalaman kerja dan berbagai pelatihan.
  2. Keahlian sosial, kemampuan interaksi dan bekerja bersama orang lain sehingga pada kemampuan ini penerapan kepemimpinan dan motivasi perlu diterapkan.
  3. Kemampuan konseptual, kemampuan yang dapat mengkonsepkan atau menganalisa suatu permasalahan sehingga memudahkan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

2 Replies to “Pengertian Karakteristik Individu Beserta Komponen-Komponennya

Leave a Reply

Your email address will not be published.