Pentingnya Laporan Keuangan dan Cara Menghitungnya | Anyabila

Pentingnya Laporan Keuangan dan Cara Menghitungnya

Dalam berbagai aspek pekerjaan, mengetahui cara buat laporan keuangan yang baik dan benar merupakan keahlian yang seringkali dibutuhkan. Hal ini dikarenakan laporan keuangan sendiri termasuk laporan penting dalam berjalannya sebuah perusahaan yang berguna untuk melihat seberapa jauh perkembangan perusahaan dan juga bagaimana kondisi dalam waktu tertentu. Banyak sumber data yang diperlukan untuk membangun cara menghitung laporan keuangan agar dapat dibuat dengan mendetail dan jelas. Sumber data tersebut biasanya diambil dari seluruh transaksi yang dilakukan oleh perusahaan demi kepentingan strategi bisnis dalam waktu tertentu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat laporan tersebut dan juga menghitungnya karena skill ini dibutuhkan setiap waktu.

Penting Untuk Mengetahui Cara Membuat Laporan Keuangan

Dalam dunia kerja, tidak jarang para pelamar diberikan pertanyaan dan juga tes yang berkaitan dengan cara menghitung laporan keuangan karena skill ini perlu agar karyawan tersebut nantinya dapat membaca data laporan secara teliti dan dengan baik. Hal ini dikarenakan pada laporan keuangan, terdapat catatan mendetail terkait dengan kondisi keuangan pada perusahaan tersebut. Kondisi ini nantinya akan membawa pengaruh terhadap calon investor untuk memutuskan apakah akan melakukan investasi pada perusahaan atau tidak. Selain itu juga, pada laporan keuangan yang baik maka mencerminkan pula proses pengelolaan dan juga seberapa baik dari kinerja perusahaan tersebut. Faktor ini berhubungan dengan keuntungan yang dihasilkan dari hubungan kerjasama antara investor dengan perusahaan.

Stabilitas dari berjalannya sebuah perusahaan juga dapat dilihat dari laporan keuangan yang ada. Hal ini nantinya akan mempengaruhi kondisi karyawan yang bekerja, di mana perusahaan yang cenderung lebih stabil dalam hal mengatur keuangannya akan lebih menjamin masa depan dan juga kondisi dari para karyawan tersebut. Selain itu, stabilitas perusahaan juga berpengaruh terhadap nilai saham yang mereka miliki karena semakin stabil berarti nilai saham yang ditanamkan pada perusahaan tersebut maka juga akan semakin besar. Dalam internal perusahaan sendiri, laporan keuangan berisi informasi terkait kondisi perusahaan yang akan membantu untuk proses pengambilan keputusan kedepannya.

Tahapan Cara Menghitung Laporan Keuangan

Pada akhir periode tertentu, oleh perusahaan biasanya akan diminta untuk membuat laporan keuangan sebagai materi untuk dilakukannya evaluasi terhadap kebijakan dan juga strategi bisnis yang telah diambil oleh perusahaan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghitung laporan keuangan agar dapat menghasilkan laporan yang teliti, detail, dan juga jelas untuk dibaca. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat laporan keuangan, diantaranya:

  1. Transaksi yang terdapat pada buku besar dapat dibuat dalam bentuk neraca saldo
  2. Seluruh data yang dibutuhkan digunakan sebagai materi dalam pembuatan jurnal penyesuaian
  3. Membentuk daftar kerja yang dibutuhkan
  4. Membuat jenis laporan keuangan dalam bentuk laba rugi dan juga neraca
  5. Melakukan penyesuaian selagi menutup seluruh rekening, setelah itu dibuat neraca saldo
  6. Melakukan penyesuaian kembali dari seluruh rekening yang ada

Tinggalkan Balasan