Peran Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Anda | Anyabila

Peran Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Anda

Rajamanajemen.com – Mengapa sosial media marketing menjadi semakin penting dijaman sekarang?  Ya, tentu saja, kita bisa melihat bahwa sosial network sudah menjada gaya hidup baru di internet. Rasanya, belum internetan jika belum punya facebook atau twitter, bahkan banyak orang yang belum mengenal internet pun, mereka sudah punya akun facebook atau akun twitter. Jika bisnis Anda belum menyentuh setidaknya salah satu dari kedua social network (jejaring sosial) tersebut, artinya bisnis Anda melewatkan peluang yang besar. Anda menyia-nyiakan potensi pasar.

Maka wajarlah jika kita melihat perusahaan-perusahaan besar menginvestasikan modalnya untuk menjalankan sosial media marketing sebagai bagian dari pemasarannya. Apa yang disebut bauran pemasaran (marketing mix) saat ini, tidak boleh melupakan peran sosial media.

Sosial Media Menjanjikan Kemudahan Interaksi

Salah satu keunggulan sosial media adalah memberikan kemudahan interaksi. Interaksi ini bukan hanya terjadi antara Anda sebagai pebisnis dengan user, tetapi user dengan user juga. Interaksi ini, jika kita manfaatkan dengan baik, akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Anda bisa mendengar suara konsumen dan suara pasar. Interaksi ini bisa menyebabkan buzz atau penyebaran pesan tentang produk Anda. Dengan berbagai teknologi saat ini, Anda bisa memantau suara pelanggan dan pasar serta penyebarannya, bahkan disertai dengan data yang cukup akurat.

Sosial Media Marketing Bagian Dari Viral Marketing

Dengan kemudahan interaksi dan akses ke sosial media, maka viral marketing akan semakin mudah terjadi jika kita mampu mengelolanya dengan baik. Mungkin Anda pernah mendengar tentang produk keripik singkong Mak Icih, dimana mampu memanfaatkan sosial media sehingga mendongkrak bisnisnya.  Dan, Anda pun bisa melakukan hal yang sama, memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan kinerja pemasaran di bisnis Anda.

Baca Juga:  Taktik Pemasaran : Datangkan, Tangkap, dan Daya Ungkit

Anda bisa memulai kampanye pemasaran viral dengan menggunakan sosial media. Selain lebih mudah, pemasaran viral dengan memanfatkan sosial media akan memudahkan kita untuk memantau penyebaran pesan kita sehingga kita bisa melakukan test dan ukur usaha pemasaran Anda. Berbeda dengan jaman dulu, viral marketing terjadi dari mulut ke mulut dimana kita sulit untuk melihat datanya.

Sederhana saja, sosial media marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan sosial media atau sosial network seperti facebook, twitter, dan …. Google.

Apa? Google? Ya, Google sekarang tidak hanya sebagai mesin pencari. Google saat ini sudah berubah, bukan hanya sebagai mesin pencari, tetapi juga sebagai sosial network. Mungkin Anda pernah mendengar google plus, ini adalah sosial media milik google. Saat Anda memiliki akun google, artinya bukan hanya bisa mengirimkan email saja, tetapi juga bisa berinteraksi sesama user google. Artinya, google sudah menjadi sosial network saat ini.

Apakah google meninggalkan fungsi utamanya sebagai mesin pencari? Tidak, google tetap sebagai mesin pencari, tetapi sekarang sudah lebih sosial. Jika dulu saya sering mendengar kalau facebook berbeda dengan google, sekarang tidak lagi. Mereka sama-sama sosial network dan juga sama-sama punya kemampuan mencari. Hanya saja, fungsi utama mereka yang berbeda.

Sejauh Mana Sosial Media Marketing Mempengaruhi Bisnis Anda?

Saat masyarakat lebih mudah bersosial, lintas kota bahkan lintas negara, maka mereka (termasuk kita) akan lebih mudah mendengar suara orang lain. Jika sebelumnya kita hanya mendengar bisik-bisik tetangga, sekarang kita bisa membaca tulisan teman kita yang jauh bahkan orang yang barus saja kita kenal. Kondisi ini akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam berbagai bidang, termasuk dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

Baca Juga:  Strategi Pemasaran : Datangkan, Tangkap, dan Daya Ungkit

Iklan saja tidak cukup, tetapi bagaimana caranya agar kita mendapatkan kesan positif melalui sosial media. Ini mengubah kita cara beriklan, pesan-pesan yang disampaikan pun akan berbeda. Masihkan Anda akan menggunakan teknik iklan masa lalu? Jelas akan berbeda.

Dalam dunia internet marketing, atau pemasaran internet, jelas kita tidak bisa mengabaikan peran sosial media. Bahkan meski Anda jago SEO, aturan SEO pun sudah berubah, menyesuaikan dengan kondisi jaman sekarang. Mungkin, Anda pernah mendengar tentang Google Panda update, dimana aturan SEO saat ini sudah sangat memperhatikan interaksi sosial media. Artinya strategi-strategi SEO jaman dulu sudah berubah. Jika Anda masih tetap menginvestasikan dana Anda untuk SEO jaman dulu, Anda hanya buang-buang uang.

Rumus SEO jaman dulu adalah content is king and backlink is queen. Sekarang sudah berubah. Lalu bagaimana rumus SEO jaman sekarang? Begini:

Quality and Relevancy Content

Apa bedanya dengan rumus SEO jaman dulu? Sebenarnya sama saja. Dari dulu, sebenarnya rumus SEO itu berkaitan dengan qualitas dan relevansi. Perbedaanya, jika dulu google menilai kualitas konten dengan jumlah backlink (yang bisa kita akali) sekarang sudah tidak lagi. Google memperkuat rumus bagaimana menilai kualitas dan relevansi konten, yang salah satunya dengan memanfaatkan sosial media. Jadi, jaman sekarang Anda tidak bisa hanya bergantung kepada backlink, Anda lebih memerlukan sosial media marketing untuk menunjukan bahkan konten yang Anda miliki itu relevansi dan berkualitas.

Jika Anda bersikukuh beranggapan backlink adalah ratu, silahkan saja. Saya tidak bisa memaksa Anda. Saya hanya merangkum hasil pengamatan saya terhadap dunia internet terutama sosial media saat ini.

Apakah Kita Meninggalkan SEO?

Tidak, tetapi saya menambahnya dengan GO. Apa itu GO? Jika SEO singkatan dari search engine optimization, maka GO menjadi Google Optimization. Google sudah mengubah diri, berbeda dengan Yahoo dan Bing (setidaknya saat ini), jadi harus ada ada usaha spesial untuk memperlakukan website kita agar mendapatkan ranking di Google, karena google spesial.

Baca Juga:  Kepuasan Konsumen: Pengertian, Cara Mengukur dan Cara Meningkatkan

Bagaimana dengan Yahoo dan Bing? Kita lihat saja perkembangannya. Saya belum mendengar Yahoo Panda update.

GO itu mangawinkan on-site SEO dan sosial media marketing. Ya, hanya on-site, sebab off-site SEO (baca backlink) sudah hampir tamat. Mungkin sekarang masih ada manfaatnya, tetapi nasibnya masih tanda tanya untuk beberapa bulan kedepan. Sementara SEO masih diperlukan jika Anda akan membidik target pasar dari mesin pencari lain yang belum berubah.

OK, sekarang Anda bisa melihat bahwa sosial media marketing menjadi bagian yang tidak bisa ditinggalkan dalam pemasaran, bukan hanya pemasaran internet, tetapi bahkan jika Anda belum pernah menggunakan internet sama sekali. Sosial media marketing harus menjadi bagian dari pembauran pemasaran Anda.

17 Replies to “Peran Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Anda

  1. All of the cell lines were cultured in DMEM supplemented with 10 FCS, 2 m m l glutamine, 1 nonessential amino acids, 50 Ојg ml streptomycin, and 50 units ml penicillin, with MCF 7 and 734B or without MDA MB 231, BT20, and BT 549 10 Ојg ml insulin lasix patient teaching The oestrogen receptor ER is a ligand activated transcription factor that mediates the effects of the steroid hormone 17beta oestradiol in both males and females

  2. 5 years before crossover, with the majority between 3 and 5 years, and the median durations of letrozole therapy and of follow up after starting letrozole were 18 months and 21 months range, 0 to 36 months, respectively generic cialis 20mg

  3. Furthermore, in other rodent models estrogen replacement therapy has also been shown to decrease glomerular damage in uninephrectomized, spontaneously hypertensive rats, to attenuate GS in aging Dahl salt sensitive rats, and to normalize the decreased renal functional reserve in ovariectomized Ovx Wistar rats clomid and nolvadex for pct Pretty neat for a story drawn entirely from a series of comic books

  4. lasix for pneumonia Packaging Type Strips Brand Xovoltib Medicine Type Allopathic Packaging Size 28 Tablets Dose Strength 30 mg Afatinib is a drug approved in United States, Europe, Taiwan, Mexico, Chile and Japan as well as other countries for the first line treatment of patients with distinct types of metastatic non small

Leave a Reply

Your email address will not be published.