Peranan Pemasaran Dalam Perusahaan Sebagai Operasional dan Fungsional | Anyabila

Peranan Pemasaran Dalam Perusahaan Sebagai Operasional dan Fungsional

Dalam suatu perusahaan, akan terduri dari berbagai divisi. Mulai dari RnD, produksi, dan marketing atau pemasaran. Setiap fungsi divisi mempunyai fungsi dan perannya masing-masing yang dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan meraih tujuannya yaitu laba keuntungan. Pemasaran menjadi ujung perencanaan tujuan tersebut karena peranannya yang sangat penting. Oleh karena itu, kita harus memahami apa peranan pemasaran dalam perusahaan.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara mendetail mengenai peranan pemasaran, silahkan disimak.

Pengertian Pemasaran

Sebelum mengetahui peranan pemasaran, ada baiknya kita memahami apa itu pemasaran.

Pemasaran adalah ilmu yang mempelajari segala aktivitas perencanaan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan menawarkan tawaran yang bernilai kepada para calon konsumen berupa barang atau jasa.

Sehingga, ilmu pemasaran mendalami ilmu strategi penjualan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai pemasaran dalam perusahaan, ada baiknya kamu membaca mengenai konsep pemasaran.

Peran Pemasaran Dalam Perusahaan Pada Jenjang Operasional atau Fungsional adalah sebagai berikut:

Ilmu pemasaran sangat perusahaan perlukan dalam membangun bisnisnya. Ingat, tujuan utama dari suatu perusahaan berdiri adalah untuk mendapatkan profit yang besar bagi pemilik dan gaji untuk para stafnya.

Sehingga, peranan pemasaran sangatlah besar bagi perusahaan.

Berikut 7 peranan pemasaran dalam perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah sebagai berikut:

  1. Membangun sistem bisnis
  2. Menentukan target pasar
  3. Mendatangkan Keuntungan
  4. Memberikan nilai pada merek
  5. Menjaga eksistensi perusahaan
  6. Mempertahankan dan memperluas jaringan distribusi
  7. Ujung tombak persaingan dengan kompetitor

Membangun Sistem Bisnis

Bagian pemasaran dalam perusahaan akan sangat berkontribusi dalam pembangunan sistem bisnis. Mereka akan membangun sistem marketing mulai dari database pelanggan, sistem administrasi, hingga strategi jitu untuk menaikan transaksi.

Selain itu, mereka akan membantu perusahaan dalam menanggulangi keluhan konsumen.

Menentukan Target Pasar

Kita tidak mungkin menjual pembalut wanita kepada pria. Artinya, tidak semua orang adalah target pasar untuk produk kita. Kita harus menentukan terlebih dahulu siapa yang akan membeli produk yang kita jual.

Ilmu pemasaran dapat membantu suatu perusahaan untuk menentukan konsumen yang paling tepat mereka sasar agar produk atau jasa yang mereka tawarkan mudah terserap atau terjual.

Pemasar dapat menggunakan metode segmentasi, targeting dan positioning untuk mengetahui kepada siapa kita menjual, dimana kita berjualan, harga produk yang tepat, hingga siapa para pesaing kita.

Mendatangkan Keuntungan

Dalam mendatangkan profit, perusahaan harus dapat menjual produknya. Oleh karena itu, perusahaan akan sangat membutuhkan peran dari pemasaran yang dapat menentukan strategi yang paling jitu untuk mendatangkan keuntungan tersebut.

Pemasaran akan membantu perusahaan menganalisa, mengaplikasikan dan mengevaluasi metode yang paling efektif untuk mendatangkan profit.

Jika perusahaan tidak memiliki tim pemasaran dalam bisnisnya. Sangatlah tidak mungkin bisnisnya akan mendapatkan profit. Justru sebaliknya, perusahaan terus menghasilkan produk tetapi tidak terjual hanya akan meningkatkan kerugian biaya dalam produksi.

Memberikan Nilai Pada Merek

Siapa yang tidak mengenal produk NIKE atau adidas, kedua merek tersebut sangatlah terkenal di seluruh dunia. Alasannya karena produk mereka sangatlah bagus, tapi apa hanya karena kualitas saja mereka bisa terkenal ke seluruh belahan dunia.

Tentunya bukan, ada banyak sepatu yang memiliki kualitas yang baik tetapi tidak berhasil mengalahkan kedua merek tersebut.

Dua merek tersebut dapat mempunyai nilai merek yang sangat mahal karena pemasarannya yang baik.

Strategi pemasaran yang jitu dan berkelanjutan, didukung dengan kualitas produk yang baik akan mendongkrak nilai merek produk. Hal tersebut karena konsumen merasa terpuaskan.

Menjaga Eksistensi Perusahaan

Tujuan utama dari perusahaan bukan hanya untuk mendatangkan profit. Perusahaan selalu ingin terus berdiri dan jauh dari kata bangkrut.

Oleh karena itu, perusahaan ingin terus menjaga eksitensinya.

Pemasaran membantu menjaga eksistensi dari suatu perusahaan dengan menaikan profit, menaikan nilai merek hingga menjaga dan memperluas alur distribusi ke distributor.

Mempertahankan dan Memperluas Jaringan Distribusi

Pemasaran akan membantu dalam menjaga kontak dengan para distributor, sehingga perusahaan terus dapat memasok produknya ke toko-toko yang telah bekerjasama dengan distributor. Selain itu, pemasaran juga akan terus mencari relasi distributor atau membuat strategi yang dapat memperluas jangkauan produk.

Ujung Tombak Persaingan Dengan Kompetitor

Semakin hari, semakin unik iklan dan cara promosi berbagai produk di televisi, sosial media, hingga secara offline. Pemasaran akan membantu perusahaan untuk menyesuaikan cara beriklan dan bersaing dengan para kompetitor.

Selain itu, pemasaran pun akan menentukan produk mana yang paling efektif yang dapat perusahaan jual.

Jika perusahaan tidak bisa melakukan pemasaran dengan baik, sangat mungkin konsumen memilih produk kompetitor karena mereka lebih mengenal produknya daripada produk yang kita buat.

Efek konsumen ‘lebih mengenal’ karena promosi yang efektif. Perusahaan lambat laun akan mati jika tidak dapat bersaing dengan para kompetitornya.

Tinggalkan Balasan