Perbedaan Manajemen Personalia dan Manajemen SDM pada Organisasi | Anyabila

Perbedaan Manajemen Personalia dan Manajemen SDM pada Organisasi

Dalam suatu organisasi, kita akan mengenal dengan istilah MSDM (Manajemen sumber daya manusia) dan manajemen personalia. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa kedua hal tersebut adalah hal yang sama. Namun, dalam kenyataannya manajemen personalia dan manajemen SDM (sumber daya manusia) memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai perbedaan dari kedua manajemen tersebut.

Perbedaan Manajemen Personalia dan Manajemen SDM

Perbedaan Manajemen Personalia dan Manajemen SDM

Manajemen personalia adalah aktivitas yang mengarahkan, mengelola, dan memelihara sumber daya manusia atau tenaga kerja untuk mencapai target dari organisasi. Sedangkan, manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan pengelolaan tenaga kerja agar dapat secara maksimal menunjang segala aktivitas pada organisasi.

Sehingga, manajemen personalia akan berfokus pada pemanfaatan input dari tiap individu. Dan manajemen SDM (sumber daya manussia) akan menunjang dari hasil keluaran dari individu (output).

Contohnya manajemen personalia yang akan melakukan rekrutmen, pemberian jobdesk (tugas kerja), serta pengoptimalan tenaga kerja. Sedangkan, manajemen SDM akan menunjang aktivitas agar individu dapat menghasilkan nilai output yang sesuai dengan cara pemberian tunjungan, asuransi, pelatihan, atau peningkatan fasilitas.

Oleh karena itu, dapat kita lihat bahwa:

  1. Manajemen SDM memperlakukan tenaga kerja sebagai aset yang perlu dikembangkan, sedangkan manajemen personalia akan melihat tenaga kerja sebagai individu yang harus dioptimalkan nilai inputnya atau sebagai faktor pendukung produksi.
  2. Manajemen SDM akan melihat tenaga kerja secara lebih luas, artinya bukan secara proses kerja saja tetapi melihat dari aspek psikologis juga. Sedangkan, manajemen personalia akan terfokus pada lingkup yang lebih kecil yaitu hasil kinerja.
  3. Fokus manajemen SDM adalah pemeliharaan tenaga kerja. Sedangkan, manajemen personalia terfokus pada individu yang bekerja.
  4. Manajemen SDM melakukan pendekatan dengan ilmu yang lebih modern, sedangkan personalia lebih klasik.

Persamaan antara manajemen SDM dan manajemen personalia yaitu sama-sama mengatur tenaga kerja untuk penunjang pencapaian tujuan organisasi.

Sehingga tiap divisi MSDM dan personalia akan sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan untuk peningkatan kualitas output seperti barang atau jasa yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan