Perdagangan Internasional : Teori, Manfaat, Faktor dan Contoh | Anyabila

Perdagangan Internasional : Teori, Manfaat, Faktor dan Contoh

Rajamanajemen.com – Pada era ini, transaksi perdagangan tidak hanya dapat dilakukan antar daerah, bahkan kita dapat melakukan transaksi perdagangan dalam satu negara atau pun antar negara lain. Perkembangan teknologi menjadi faktor utama yang mendorong hal tersebut. Sehingga perdagangan terpecah menjadi dua kategori, yaitu perdagangan lokal dan perdagangan internasional.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai teori perdagangan internasional, mulai dari pengertian, faktor pendukung, manfaat, efek negatif hingga hambatan untuk perdagangan ini.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah kerjasama antar negara yang memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar mereka untuk menyediakan barang dan jasa yang mungkin tidak tersedia di negara tertentu. Dampak dari perdagangan internasional terjadi persaingan yang besar dan ketat sehingga terjadi persaingan harga yang lebih kompetitif. Perdagangan international ini terjadi bukan hanya untuk B2B (Business to Business) tetapi terjadi juga untuk retail B2C (Business to Costumer) contohnya yaitu Amazon dan AliExpress.

Teori perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kebutuhan untuk mencukupi negaranya. karena setiap negara hanya memiliki sumber daya yang terbatas sedangkan keinginan masyarakat yang luas (variatif), maka sebuah negara tidak akan bisa mencukupi kebutuhan warganya dengan mengandalkan sumber daya negaranya saja. Oleh sebab itu, perdagangan internasional muncul.

Produk yang jika kita membelinya dari luar negeri ke dalam negeri terkenal dengan sebutan impor.
Sedangkan jika kita menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri terkenal dengan sebutan ekspor.

Siklus perdagangan internasional bermula dari penawaran, permintaan, dan harga yang dapat terpengaruhi oleh peristiwa global.

Contohnya, perubahan politik di Asia Timur seperti Iran ketika kematian jendral Qassem Soleimani membuat harga minyak sempat naik, sehingga meningkatkan biaya produksi untuk perusahaan yang menggunakan minyak dari negara tersebut yang kemudian akan menghasilkan kenaikan harga yang mereka bebankan pada produk yang negara itu jual.

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa perdagangan internasional adalah transaksi perdagangan yang terjadi antar negara.

Perbedaan Perdagangan Lokal dan Perdagangan Internasional

Perbedaan perdagangan lokal dan perdagangan internasional yaitu terletak pada luas cakupan distribusi. Perdagangan lokal hanya terjadi dalam 1 negara, sedangkan perdagangan internasional terjadi pada 2 negara atau lebih yang saling melengkapi.

Misalnya perdagangan antara pedagang pulau jawa dan sumatra, terkenal dengan sebutan perdagangan lokal. Sedangkan perdagangan antara pengusaha indonesia dengan malaysia, terkenal dengan sebutan perdagangan internasional.

Teori Keunggulan Komparatif dan Absolut

Adanya 2 teori bagaimana suatu negara memproduksi produk/ barang dalam perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

  1. Teori Keunggulan Komparatif
  2. Teori Keunggulan Absolut

Keunggulan Komparatif

Dalam buku The Wealth of Nations karya Adam Smith, ia menekankan pentingnya spesialisasi sebagai sumber peningkatan output, dan dia memperlakukan teori perdagangan internasional sebagai contoh khusus spesialisasi. Yang mana belahan dunia selalu memiliki sumber daya produktif langka dan keinginan manusia tidak dapat sepenuhnya terpenuhi oleh mereka.

Dalam teori keunggulan komparatif adalah suatu negara tidak akan mempunyai semua keunggulan mutlak dalam memproduksi sehingga mereka harus memilih barang yang paling efisien dan efektif untuk mereka produksi. Tingkat efisiensi ini dalam terlihat dari ketersediaan BB (Bahan baku), Teknologi dan Tenaga kerja ahli.

Contohnya adalah Negara A bisa menghasilkan alumunium sebanyak 1 ton/ jam dan Negara B bisa menghasilkan sama dengan Negara A. Kemudian Negara B dapat memproduksi mobil canggih menggunakan alumunium tersebut sebanyak 100 unit/ hari, sedangkan Negara A bisa membuat sebanyak 120 unit/ hari.

Baca Juga:  Hukum Penawaran Ekonomi : Penjelasan, Contoh dan Latihan

Hanya saja karena Negara A memiliki sumber daya yang melimpah untuk bijih alumunium, harga produksi mereka jauh lebih rendah. Namun dalam memproduksi mobil walaupun dari Negara A bisa memproduksi lebih banyak tetapi Negara B lebih unggul dari segi teknologi. Sehingga jika Negara A memproduksi mobil dengan teknologi yang sama dengan Negara B dapat kita pastikan harga mobil tersebut akan naik berkali-lipat daripada mobil dari Negara B.

Negara ANegara B
Alumunium1 Ton/Jam1 Ton/Jam
Mobil120 Unit/Hari100 Unit/Hari
Tabel Perbandingan Kemampuan Produksi

Oleh karena itu, Negara A akan memproduksi alumunium karena lebih efektif dan efisien, Negara B akan memproduksi mobil saja. Negara A dapat memasok alumunium ke Negara B, begitu pun sebaliknya Negara B memasok mobil ke Negara A. Sehingga terjadi perdagangan international yang saling menguntungkan dua belah pihak.

Keunggulan Mutlak atau Absolut

Pada teori keunggulan mutlak perdagangan secara internasional akan memberikan keuntungan pada suatu negara. Dengan syarat negara yang melakukan produksi mempunyai harga yang lebih rendah daripada negara lain.

Teori keunggulan komparatif pertama kali tercetuskan seolah-olah hanya dua negara dan hanya dua komoditas yang terlibat, meskipun prinsipnya tidak terbatas hanya pada dua negara.

Dalam teori keunggulan mutlak biaya produksi biasanya hanya dapat kita ukur dalam hal waktu dan tenaga kerja. Misalnya untuk menghasilkan 1 baju sebuah pabrik memerlukan waktu 2 jam.

Contohnya, Negara A dan B yang dapat memproduksi baju dan sepatu.

Negara ANegara B
Baju/Unit1 Jam2 Jam
Sepatu/Unit2 Jam6 Jam
Tabel perbandingan waktu produksi

Bandingkan dengan negara A, negara B terlihat tidak efektif dan efisien dalam produksi. Para pekerjanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghasilkan satu unit baju atau satu unit sepatu. Ketidakefesienan ini relatif akibat adanya perbedaan baik berdasarkan faktor lingkungan, pelatihan atau keterampilan pekerja, dalam jumlah alat dan peralatan yang tersedia, atau dari berbagai alasan lainnya.

Negara A memiliki keunggulan mutlak dalam produksi baju dan sepatu karena lebih efisien dalam produksi kedua barang. Karenanya, keunggulan absolut A memberikan kesimpulan bahwa negara B tidak mungkin bersaing dengan negara A, dan memang bahwa jika perdagangan ada di antara mereka, negara B akan kewalahan secara kompetitif. Namun jika kita cermati tabel atas, bahwa negara B tidak dapat bersaing tidak sepenuhnya benar.

Dalam produksi baju Negara B hanya 2x lebih lambat dari negara A. Jika negara B hanya mengkhususkan saja untuk memproduksi baju daripada sepatu, maka negara B akan memiliki keunggulan yang komparatif. Dan kedua negara tersebut akan saling mendapatkan keuntungan dalam perdagangan internasional jika Negara A mengkhususkan dalam produksi sepatu dan Negara B mengkhususkan dalam produksi baju.

Perdagangan luar negeri juga mendorong tiap negara untuk melakukan peningkatan kualitas dan pengoptimal produk yang mereka produksi.

Baca juga: 7 Perbedaan Antara Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Nasional

Faktor Penyebab Perdagangan Internasional

Sebelumnya telah dijelaskan pada pembahasan diatas bahwa perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kebutuhan untuk mencukupi negaranya.

Faktor penyebab perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

  1. Ketersediaan sumber daya alam tiap wilayah berbeda
  2. Mencukupi kebutuhan
  3. Perbedaan faktor produksi
  4. Perluasan jaringan kerjasama
  5. Keinginan untuk memperluas distribusi produk atau penjualan

Ketersediaan sumber daya alam tiap wilayah berbeda

Karena ketersediaan sumber daya alam (SDA) tiap wilayah terbatas baik dari segi jumlah dan variasi. Maka perdagangan internasional merupakan kunci agar tiap wilayah dapat mendapatkan SDA yang tidak mereka miliki atau terbatas.

Misalnya wilayah eropa akan memiliki lebih sedikit rempah-rempah daripada wilayah tropis.

Sehingga banyak negara eropa melakukan transaksi perdagangan rempah-rempah dengan negara tropis misalnya Indonesia.

Sebaliknya, negara eropa dapat menghasilkan teknologi yang lebih maju sehingga negara yang membutuhkan teknologi tersebut dapat membelinnya ke negara eropa misalnya Jerman yang memiliki keunggulan dari teknologi penelitian.

Mencukupi kebutuhan

Tiap negara memiliki kebutuhan berbeda-beda tergantung jumlah penduduk dan minat penduduk. Misalnya untuk pangan negara A walaupun bisa menghasilkan sendiri pangan tersebut, akan tetapi karena jumlah penduduk yang melebihi jumlah pangan yang tersedia. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut negara A harus mengimpor pangan dari negara B.

Bahkan negara Indonesia pun yang terbilang kaya akan sumber daya alam, tetap mengimpor beras, daging, dan buah untuk mencukupi seluruh kebutuhan warga negaranya.

Perbedaan faktor produksi

Seperti penjelasan keunggulan komparatif dan mutlak. Tiap negara baiknya terspesialisasi dalam produksi barang. Sehingga barang yang tidak efisien dan efektif untuk mereka buat dapat melakukan impor dari negara lain yang memproduksi barang tersebut dengan efisien dan efektif.

Baca Juga:  Pasar Bisnis : Pengertian, Faktor, dan Proses Pembelian Terlengkap

Perluasan jaringan kerjasama

Negara perlu melakukan kerjasama untuk saling melengkapi dan saling mengsejahterakan negaranya. Misalnya dapat memenuhi kebutuhan negara atau memperluas lapangan pekerjaan.

Kerjasama ini ditandai dengan adanya perwakilan tiap negara dalam negara yang ia lakukan kerjasama. Misalnya, Indonesia melakukan hubungan kerjasama dengan malaysia, maka negara kita akan mengirimkan perwakilannya dan negara malaysia pun demikian.

Perwakilan tersebut yang biasa kita sebut sebagai duta.

Keinginan untuk memperluas distribusi produk atau penjualan

Karena salah satu faktor utama dalam menghasilkan penjualan yang besar, yaitu distribusi produk harus lebih meluas. Oleh karena itu perdagangan internasional dapat memberikan perluasan distribusi.

Selain efek ini menguntungkan untuk para pelaku bisnis, hal ini pun akan berdampak positif bagi para calon pekerja di negara masing-masing. Tentunya, perluasan distribusi akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

Hal tersebutlah yang menjadi pendorong mengapa perdagangan internasional terjadi.

Dampak Positif Dari Perdagangan Internasional

Dampak positif dari perdagangan internasional adalah mensejahterakan warga negara atau untuk memenuhi keinginan dari masyarakat.

7 dampak positif dari perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai sumber pendapatan devisa negara
  2. Memperluas pasar penjualan
  3. Mendapatkan barang yang tidak bisa kita produksi
  4. Keuntungan Spesialisasi Pemenuhan Kebutuhan
  5. Memperluas cabang usaha dan lapangan kerja
  6. Meningkatkan pendidikan dan teknologi
  7. Pertukaran Budaya

Sebagai sumber pendapatan devisa negara

Dengan adanya kegiatan ekspor, negara akan mendapatkan devisa yang nantinya bisa mereka gunakan untuk membeli barang dari luar negeri sebagai pemenuhan kebutuhan dalam negeri

Memperluas pasar penjualan

Perdagangan internasional membukakan pintu yang sangat lebar untuk para pengusaha melebarkan jalur distribusi produknya, sehingga selain untung secara pendapatan penjual, namun untung juga dalam biaya produksi karena jumlah barang yang mereka produksi meningkat.

Mendapatkan barang yang tidak bisa kita produksi

Kita bisa mendapatkan barang yang dalam negeri tidak ada misalnya kita dapat membeli smartphone.

Keuntungan Spesialisasi Pemenuhan Kebutuhan

Walaupun negara A dapat memproduksi baju, mereka bisa mengimpor baju dari Negara B. Hal tersebut menyebabkan negara A akan fokus spesialisasi produksi sepatu karena lebih menguntungkan dan biaya produksi lebih kecil.

Memperluas cabang usaha dan lapangan kerja

Dengan adanya perdagangan internasional, negara dapaat membuka cabang-cabang usaha dalam negeri diluar negeri. Hal tersebut akan berefek pada lapangan pekerjaan yang semakin meluas.

Meningkatkan pendidikan dan teknologi

Semakin luasnya pasar yang dapat mereka jangkau maka semakin ketat juga persaingan perdagangan. Hal ini akan menuntut suatu negara untuk menghasilkan inovasi sehingga pendidikan dan teknologi akan terdukung untuk berkembang.

Pertukaran Budaya

Negara dapat menyebar luaskan budaya negara mereka melalui produknya.

Keuntungan dari perdagangan internasional bukan hanya dinikmati oleh Negara, tetapi dinikmati oleh semua kalangan yang terlibat didalamnya. Contohnya kita dapat menikmati teknologi smartphone yang didatangkan dari luar, dapat membeli sepatu Nike dengan kualitas bagus, dan sebagainya.

Dampak negatif Perdagangan Internasional

Walaupun perdagangan internasional mendatangkan segudang manfaat, tetapi hal ini tidak akan terlepas dari efek negatif yang ditimbulkan.

4 efek negatif perdagangan internasional adalah sebagai berikut:

  1. Persaingan tidak sehat
  2. Produk dalam negeri menurun penjualannya
  3. Industri kecil sulit berkembang
  4. Ketergantungan pada impor

Persaingan tidak sehat

Persaingan tidak sehat ini dapat terjadi pada kebijakan pemerintah yang memudahkan para eksportir luar untuk membawa produknya ke dalam negeri. Misalnya memudahkan pajak bea masuk suatu negara dan menyulitkan yang lainnya. Atau lebih memudahkan regulasi pedagang luar daripada pedagang lokal.

Tentunya hal tersebut dapat membuat persaingan perdagangan internasional menjadi tidak sehat.

Produk dalam negeri menurun penjualannya

Tidak bisa kita pungkiri, merek luar negeri memiliki nilai sosial yang lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan dari penjualan produk lokal. Selain itu, adanya perdagangan internasional menyebabkan semakin banyaknya variasi dan merek yang dapat dipilih oleh para pembeli.

Faktor lainnya adalah harga, lihat saja produk china dapat dengan cepat menguasai pasar Indonesia. Hal tersebut karena mereka menawarkan barang yang murah dengan kualitas yang baik.

Industri kecil sulit berkembang

Faktor utama sulitnya industri kecil untuk berkembang dan melawan industri besar adalah keterbatasan modal. Dengan adanya perdagangan internasional membuat industri kecil bukan hanya harus bersaing dengan industri lokal tetapi harus siap bersaing dengan industri luar negaranya atau biasa kita sebut industri multinasional yang notabennya memiliki modal yang sangat besar.

Baca Juga:  7 Dampak Positif Dari Perdagangan Internasional Adalah

Tentunya hal ini dapat kita atasi jika industri kecil tersebut memiliki strategi pemasaran yang lebih efektif dan produk yang lebih inovatif.

Ketergantungan pada negara maju

Negara miskin dan berkembang banyak yang ketergantungan dari faktor teknologi terhadap negara-negara maju. Walaupun negara berkembang biasanya memiliki sumber daya yang melimpah, namun mereka tidak dapat mengoptimalkannya karena teknologi dan kualitas sumber daya manusia yang tidak mumpuni.

Oleh sebabnya, banyak negara miskin dan negara berkembang mengekspor hanya bahan baku mentah yang harganya relatif sangat murah jika dibandingkan dengan produk jadi yang telah diolah.

Kemudian negara maju akan mengolah bahan mentah tersebut menjadi barang yang bernilai ratusan kali lipat lebih mahal, yang kemudian negara miskin dan berkembang impor karena memiliki kebutuhan dan permintaan.

Untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional dapat dilakukan dengan cara mengembangkan sumber daya manusia dan etos cinta terhadap produk lokal.

Hambatan Perdagangan Internasional

Dalam perdagangan internasional tidak semuanya berjalan mulus, karena perdagangan internasional tidak semudah dengan perdagangan dalam negeri.

Faktor hambatan perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

  1. Perbedaan regulasi dan kebijakan pemerintah
  2. Bea cukai atau pajak
  3. Mata uang
  4. Proses yang lama

Perbedaan regulasi dan kebijakan pemerintah

Tiap negara memiliki aturan berbeda-beda. Misalnya Negara A tidak menerima produk cemilan yang mengandung babi, sedangkan negara B memproduksi cemilan tersebut. Dampaknya Negara B tidak dapat mengekspor barang ke negara A.

Bea cukai atau pajak

Seringkali pajak negara menjadi hambatan, yang mana tarif pajak negara tersebut terlalu tinggi. Banyak sekali para investor tidak jadi melakukan investasi pada suatu negara karena tarif pajak yang mereka nilai sangat tinggi dan tidak sebanding dengan keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Mata uang

Perbedaan mata uang pun terkadang menjadi masalah karena perbedaan kurs. Sehingga perlunya mengkonversi uang menjadi dolar atau menyesuaikan dengan negara yang kita tuju.

Proses yang lama

Distribusi dari negara A ke negara B tidak akan secepat transaksi penjualan dalam satu negara. Hal ini dikarenakan lamanya proses pengecekkan, distribusi dalam perjalanan dan hambatan lainnya.

Jenis Perdagangan Internasional

Jenis perdagangan internasional ada 3 yaitu:

  1. Pertama, perdagangan bilateral
    Perdagangan yang dilakukan 2 negara
  2. Kedua, perdagangan multilateral
    Perdagangan yang dilakukan antar negara tanpa melihat wilayah tertentu.
  3. Ketiga, perdagangan regional
    Perdagangan yang dilakukan pada ruang lingkup wilayah negara tertentu misalnya kerjasama perdagangan khusus negara ASEAN.

Kesimpulan

Secara umum, pengertian perdagangan internasional adalah transaksi jual beli antar dua negara atau lebih.

Tujuan diadakannya perdagangan internasional antara lain untuk memenuhi kebutuhan suatu negara yang berbeda-beda.

Sehingga perlu adanya hubungan mutualisme antar negara, dikarenakan tiap negara tidak akan memiliki semua sumber daya alam -baik terbatas secara variasi maupun secara kuantiti.

Oleh karena semangat untuk memenuhi kebutuhan itu, teori perdagangan internasional terjadi.

Untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional dapat dilakukan dengan cara mengembangkan sifat cinta produk lokal dan mengembangkan kemampuan individu melalu pelatihan.

Hambatan perdagangan internasional yang sering terjadi adalah mata uang yang berbeda.

Pertanyaan Populer Perdagangan Internasional

  1. Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam ?
    Hal ini diakibatkan adanya kesamaan dalam mencukupi kebutuhan warga negaranya. Dikarenakan setiap negara hanya memiliki sumber daya alam yang terbatas dari segi jumlah dan variasi maka adanya perdagangan ini membantu negara untuk mencukupi kebutuhan warganya.
  2. Keuntungan dari perdagangan internasional dinikmati oleh ?
    Keuntungannya dinikmati oleh warga negara sebagai pemuas kebutuhan, dinikmati juga oleh para pengusaha karena dapat memperluas jalur distribusi, dinikmati oleh warga negara yang belum memiliki pekerjaan (karena perdagangan ini akan memperluas lapangan pekerjaan) dan dinikmati oleh negara dari manfaat devisa.
  3. Perdagangan luar negeri juga mendorong tiap negara untuk melakukan ?
    Perdagangan ini mendorong tiap negara untuk fokus memproduksi barang yang paling efektif dan efisien bagi negaranya untuk di ekspor. Selain itu, negara pun akan terdorong untuk melakukan inovasi dan perbaikan kualitas secara terus menerus.
  4. Perbedaan perdagangan lokal dan perdagangan internasional diantaranya terletak pada ?
    Perbedaan dari keduanya terlihat pada jalur distribusi. Dimana perdagangan lokal melayani pelanggan dalam negera dan perdagangan internasional melayani pelanggan luar negara.

Demikianlah artikel mengenai perdagangan internasional, semoga bermanfaat.

84 Replies to “Perdagangan Internasional : Teori, Manfaat, Faktor dan Contoh

  1. cialis prices In this study, for patients with diabetes mellitus, there was a smaller effect on OF with the high-dose OAD regimen compared with the PRN regimen, suggesting that patients with diabetes mellitus might respond to PRN treatment more than to OAD treatment

  2. Какие грибов укупить новичку психонавту
    в отношении психодислептических грибах клюкнуто цинковать неодобрительно,
    а также у данной медали не без этого теневая сторона.
    В центре ХХ времени, иногда псилоцибин живо проверялся завались самостоятельное нигари, его приняли
    на вооружение зли лечения наркомании,
    беспокойных расстройств, депрессии.
    С его помощью облагораживали качество
    жизни недужным неправильно держи
    смертных стадиях заболевания, ликвидировали предсуицидальное
    состояние, подсобляли нездоровым алкоголизмом.

    Новые открытия на мед мире поделались толчком
    для этому почти многие гроверов
    кокнули возбранить споры псилоцибиновых грибов равным образом
    полакомиться себя в свежею образа миколога.
    иду пду пдходят агенты семейства Psylocibe Cubensis.
    Их вопросов) давать стимул, эти штаммы непочатый заметает большая часть хвороб, да биш
    новина ликует не только в количестве самих грибов, и еще содержанием
    псилоцибина.

  3. база горизонт новая ладога отдых крым ялта
    резервный проезд 2 санаторий жкт подмосковье марина яхт отель
    отдых на берегу черного моря краснодарский край курорты россии сочи отели ижевска

  4. отель селиванов витязево золотые пески
    меркюр сочи центр официальный сайт отель венера резорт витязево официальный сайт парк отель аристократ кострома
    военный санаторий партенит официальный сайт санаторий актер официальный сайт сколько стоит операция на сердце в москве

  5. гостиница атлас екатеринбург минима красные ворота
    астория гостиничный комплекс санаторий бакирово официальный сайт контакты отель авиалюкс москва официальный сайт
    ооо форос отель ростов адлер отель ателика гранд меридиан витязево

  6. эллас гостевые дома нового афона абхазия
    сочи благое эспаньола крым гостиница протвино
    отель ниагара самара санатории подмосковья с лечением и бассейном колос омск официальный сайт цены

  7. отдых в затоке гостиница друзья на фонтанке санкт петербург
    аталанта лазаревское гостиница чеботарев сочи официальный сайт семейный отдых в башкирии
    туапсе поселок небуг сарыкум бизнес отель и спа где отдохнуть в подмосковье с собакой

  8. отель чайка алушта отзывы абсолют отель октябрьский
    санатории на карте россии гостиница хижина робинзона феодосия переславль залесский санаторий
    санаторий изумрудный евпатория сайт отель дивный лоо официальный мартон амиго краснодар

  9. владимир орион никольское подворье переславль залесский
    маяк в феодосии лазаревское отели с питанием грейс наири сочи
    гостиницы в обнинске недорого микролит почек что это горно алтайск курорты

  10. федор шаляпин евпатория официальный сайт подлечить почки
    пано кастро отель казань телефон гостиница москва в угличе официальный сайт санаторий хазино башкирия
    гостиница кайзерхоф калининград отдых в санатории башкирии отдых в дагестане 2021 цены

  11. выборг отели и гостиницы недорого иларотель москва
    порто маре крым цены кабардинка маринус официальный сайт крым утес санта барбара
    космос бронирование отель la scala солилецк отдых цены 2021 все включено

  12. гостиница рандеву на юго западной орхидея отель
    нижний новгород гостиница славия европа самара сана абхазия отзывы
    алтай белокуриха санаторий россия спа отель кедровый белокуриха кабардинка отель лазурный

  13. акции в санаториях сочи калининград отдых с детьми
    кстово гостиница санаторий ласточка винзили отель democratia
    кувака каменка жемчужина кавказа кдц гостиница в ростове на дону

  14. хостел коньково г сочи санаторий дагомыс
    хостел в абакане посуточно недорого ялта санатории на берегу моря с питанием цезарь гостиница ростов
    сан димитрова кисловодск отель мандарин санатории для лечения аденоидов у детей

  15. отель гранатовое поместье алушта отзывы фгбу санаторий нижняя ореанда
    дома отдыха в краснодаре аренда град москва пансионаты нового афона
    вологда отель библиотека ессентуки санатории с бассейном цены на путевки алушта цены на жилье

  16. гостиницы могоча жд санатории в сочи
    courtyard by marriott sochi krasnaya polyana гостиница гончаров отели в красноярске 5 звезд
    отдых в горном алтае 2021 цены базы гостиницы в сортавале карелия список белая русь в туапсе

  17. абхазия цены на жилье 2021 отдых в крыму сентябрь
    хостел на невском петербург судак дом отдыха судак официальный сайт отель артыбаш телецкое озеро официальный сайт
    лесная быль турбаза санатории кмв с радоновыми ваннами отели в туле с бассейном все включено

  18. In another study, patients receiving high dose paclitaxel and melphalan had significantly fewer episodes of oral ulcers and bleeding when they took 6 grams of glutamine four times daily along with the chemotherapy driponin

Leave a Reply

Your email address will not be published.