Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Membuat Website Untuk Bisnis | Anyabila

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Membuat Website Untuk Bisnis

Rajamanajemen merupakan penyedia aplikasi stok barang jasa pembuatan website dan jasa artikel SEO

Rajamanajemen.com – Salah satu kesalahan dalam membuat website untuk bisnis, adalah asal membuat website. Website untuk bisnis itu bisa berbeda-beda, tergantung tujuan Anda. Website untuk menjual langsung produk berbeda dengan website untuk branding. Artinya website akan sangat ditentukan oleh strategi dan taktik pemasaran Anda serta tujuan Anda dalam membuat website tersebut.

Setiap bisnis tentu sudah memiliki strategi dan taktik pemasaran masing-masing. Kehadiran website bukan untuk menghilangkan strategi dan taktik tersebut, website bukan segala-galanya. Namun kehadiran website berfungsi untuk memperkuat taktik dan strategi pemasaran Anda.

Jadi, ada empat hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda membuat website untuk bisnis:Apa tujuan Anda membuat website?Apa strategi pemasaran bisnis Anda?Bagaimana dengan taktik pemasaran?Dan branding bisnis Anda.

Apa Tujuan Anda Membuat Website?

Website untuk bisnis adalah untuk memperkuat strategi dan taktik pemasaran Anda. Namun kita harus secara spesifik, memperkuatnya seperti apa? Ini harus jelas.

Maka langkah pertama sebelum Anda membuat website, Anda harus bertanya dulu, apa tujuan Anda membuat website? Tujuan ini tentu harus sejalan dengan strategi dan taktik pemasaran Anda.

Ada 4 tujuan dasar membuat website untuk bisnis. Masing-masing tujuan akan menentukan jenis website apa yang cocok untuk bisnis Anda. Setiap tujuan, jenis websitenya bisa berbeda-beda. Selain jenis website yang berbeda, tujuan berbeda akan memberikan konsep yang berbeda juga.Menjual langsung produk atau jasa.Membangun brand/merek.Membangun komunitas/audiens.Media interaksi antara produk atau jasa Anda dengan komsumen.

Anda bisa memilih salah satu, dua, tiga, atau keempatnya. Tentu saja, pilihan Anda akan mempengaruhi konsep website serta sumber daya yang dibutuhkan.

Website Untuk Bisnis Harus Melihat Strategi Pemasaran

Apa strategi pemasaran Anda? Strategi pemasaran akan mempengaruhi konsep website Anda juga. Singkatnya, strategi pemasaran adalah positioning, yaitu memposisikan diri pada posisi yang paling menguntungkan di hadapan (benak) target pasar Anda. Ada dua kunci yang diperhatikan, yaitu siapa target pasar Anda dan bagaimana Anda memposisikan diri. Ini adalah strategi.

Target pasar yang berbeda akan mempengaruhi konsep website Anda, baik dari desain dan konten website Anda. Begitu juga dengan positioning akan sangat mempengaruhi konten website Anda.

Bagaimana Dengan Taktik Pemasaran?

Taktik pemasaran berfokus pada dua unsur, yaitu komunikasi dan bagaimana cara mengirimkan produk/jasa pada. Pertanyaanya bagaimana peran website untuk taktik pemasaran Anda? Jelas, ini akan sangat mempengaruhi konten, desain, elemen, dan cara promosi dari website itu sendiri.

Branding

Konten dan promosi website akan sangat berkaitan dengan branding. Branding pada dasarnya memperkuat nama kita di benak pasar dan diasosiasikan dengan janji dari nama tersebut. Sebagai contoh dalam sepeda motor. Apa merek sepeda motor yang Anda kenal? Kebanyakan orang hanya mengenal kurang dari 10 merek. Artinya hanya mereka yang memiliki branding yang kuat yang diingat pasar.

Namun bukan hanya mengingat nama, tetapi target pasar yang harus mengingat janji dibalik nama tersebut. Misalnya, mengapa Anda membeli Honda? Ya, karena ada janji tertentu dari merek Honda.

Nah, jelas konten website akan sangat dipengaruhi oleh branding Anda, bagaimana mengenalkan sebuah nama dan mengasosiasikan dengan janji tertentu.

Konsep Website Untuk Bisnis

Lalu apa yang dimaksud dengan konsep website? Pada dasarnya adalah berdasarkan strategi, taktik, branding, dan tujuan, Anda mau membuat website seperti apa?

Jenis Website

Jenis website apa yang akan Anda buat? Jenis website yang dimaksud adalah:Blog. Blog adalah konsep website yang menampilkan konten secara kronologis. Blog bukan hanya blogspot.com atau wordpress.com. Website GlobalPro Bisnis adalah website dengan konsep blog. Cocok untuk taktik pemasaran SEO, bisa untuk branding, dan juga bisa untuk menjual langsung.Toko Online. Berfungsi untuk menampilkan produk dan untuk transaksi penjualan. Bedanya dengan blog, toko online dilengkapi dengan alat transaksi, manajemen order, manajemen stok, dan sebagainya.Portal. Sebuah website sebagai pintu gerbang untuk berbagai informasi.Mesin Pencari. Website yang memuat data base berbagai website, dimana Anda bisa mencarinya. Yang paling populer tentu saja google.Website iklan. Baik iklan baris maupun iklan seperti tokobagus dan berniagaForum. Wadah untuk berdiskusi.Minisite. Sebuah website kecil, bahkan bisa saja hanya beberapa halaman. Tujuannya untuk menjual atau formulir pendaftaran.Customer service. Ada juga website yang khusus dibuat untuk customer service, untuk melayani paska penjualan.Social Network. Contohnya seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Haruskah kita membuat sendiri? Kenapa tidak, jika memang mendukung bisnis Anda.dan masih banyak lagi jenis-jenis website yang bisa Anda pilih.

Pemasaran

Yang dimaksud disini adalah pemasaran website itu sendiri. Setelah website dibuat, tidak serta merta langsung akan mendapatkan pengunjung. Harus ada upaya pemasaran. Diantaranya adalah:Iklan. Anda bisa mempromosikan website Anda dengan iklan, baik iklan online, offline, dan media elektronik.SEO (search engine optimization).  Yang pada intinya adalah bagaimana agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google dan yahoo. Mulai dari memilih kata kunci, optimasi konten, optimasi website, dan optimasi di luar website.Social Media. Pengguna social media terus tumbuh, terutama facebook dan twitter. Anda juga bisa mempromosikan website anda melalui social media, baik dengan viral marketing maupun periklanan.dan lain-lain.

Cara pemasaran website akan dipengaruhi oleh strategi dan taktik pemasaran Anda. Misalnya SEO. SEO untuk menjual langsung akan berbeda dengan SEO untuk branding.

Elemen Website

Elemen wesbite apa saja yang ingin ditampilkan di website Anda? Tampilkanlah yang sesuai dengan keperluan Anda, jangan berlebihan karena akan menambah beban website. Contoh-contoh elemen dasar dari website:

  • MultiMedia seperti gambar, video, dan audio.
  • Formulir, baik untuk kontak, pemesanan, maupun pendaftaran
  • Yang peling penting adalah desain grafis, karena bisa menentukan kesan. Jangan sampai bertabrakan dengan branding dan positioning.
  • Elemen komunikasi seperti live chat, nomor kontak, dan sebagainya
  • Membership
  • Komentar
  • dan sebagainya.

Konten

Dalam pemasaran internet, banyak yang menyebut kalau konten adalah rajanya. Content is King! Ada benarnya karena konten berperan penting untuk semuanya. Konten berperan untuk SEO, untuk strategi, untuk taktik, dan untuk branding. Jadi, jangan abaikan konten. Pemasaran dalam internet akan selalu berhubungan dengan konten.

Anda harus berinvestasi untuk konten. Bisa menulis sendiri, memiliki karyawan, atau outsourcing.

Penutup

Jadi, sebelum Anda membuat website, ada baiknya untuk merancang konsep website berdasarkan strategi pemasaran, taktik pemasaran, branding, dan tujuan Anda membuat website itu sendiri. Jika terlanjur sudah membuat website, perbaikilah.

Bagi Anda yang memiliki sumber daya yang kuat, menerapkan konsep website untuk bisnis secara menyeluruh mungkin tidak ada hambatan yang berarti. Bagi Anda yang belum siap baik secara sumber daya maupun finansial, tetaplah rancang sebuah konsep website yang matang. Tidak usah khawatir, sebab implementasinya bisa dilakukan secara bertahap.

Bagi Anda yang tidak memiliki website, baiknya menggunakan jasa yang profesional untuk membuatkan website.

Anda bisa juga menggunakan jasa kami, klik disini untuk informasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan