pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia | Anyabila

pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia

Berikut ini akan kami paparkan persoalan tentang pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia.

pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia

pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia

  1. Mengapa SDM semakin penting padahal alat – alat canggih semakin banyak, uraikan jawaban anda Jawab : sumber daya manusia (SDM) memiliki peran sangat penting dalam mewujudkanmasyarakat Indonesia yang maju dan mandiri sehingga menjadi mampu bersaing di eraglobalisasi. Untuk itu, pengembangan sumber daya manusia diarahkan pada peningkatan kualitassumber daya manusia Indonesia Peningkatan kualitas SDM antara lain oleh peningkatan Indek Pembangunan Manusia(IPM), Indek Pembangunan Gender (IPG), dan Penduduk tumbuhseimbang yang ditunjukan net reproduction rate (NRR) = 1. mengukur kualitas sumber dayamanusia yang tercemin dalam taraf pendidikan dan kesehatan serta kemampuan daya beli.kenaikan rangking IPM Indonesia mengandung arti kenaikan relatif dibanding negara lain dalamkualitas SDM, dengan demikian daya saing SDM Indonesia secara global akan meningkat.Dengan daya saing SDM yang semakin meningkat, kesempatan mobilitas tenaga kerja makin besar menghadapi perdagangan bebas. Dengan daya saing SDM yang semakin meningkat,diharapkan daya saing produk Indonesia juga makin meningkat. merupakan indikator yang sudahdikenal dan telah digunakan sebagai indikator penting untuk mengukur pencapaian program pembangunan pada tingkat daerah. Sebagian besar provinsi dan kabupaten di Indonesiamenggunakan IPM sebagai visi rencana pembangunan jangka menengah
  2. Kenapa istilah MSDM lebih populer daripada managemen personalia?                                                Jawab : Manajemen sumber daya manusia merupakan terminology modern mengemukaselama kurun waktu 1970-an dan diterima secara luas pada tahun 1989 pada saatPerhimpunan Amerika untuk Adminiustrasi Personalia (American Society for PersonelAdministrasi, ASPA) mengganti namanya menjadi Perhimpunan untuk ManajemenSumber Daya Manusia (Society for Human Resource Management, SHRM).Sungguhpum demikian, kedua istilah itu mengacu kepada hal yang serupa ; personaliayang bekerja bagi sebuah perusahaan mewakili sumber daya manusia perusahaantersebut. Karena sumber daya manusia merupakan aktiva organisasi yang paling penting,semua manajer sudah selaiknya berkepentingan dengan manajemen sumber dayamanusia. Perbedaan berbagai istikah diatas terletak pada penekananya. Sebagai contoh,istilah fungsi personalia untuk fungsi maupun staf digunakan untuk memberikanaksentuasi terhadap fungsi manajemen pada hal-hal seperti itu. Sedangkan istilahmanajemen sumber daya manusia dipakai untuk memperlihatkan keruang lingkup yang luas.
  3. Mengapa waskat sangat berperan dalam mewujudkan tujuan
    Jawab : Karena waskat merupakan tindakan nyata yang paling efektif dalam mewujudkankedisplinan karyawan perusahaan. Dengan waskat berarti atasan harus berperan aktif danlangsung mengawasi perilaku,moral dan prestasi kerja bawahannya. Waskat sangatefektif untuk merangsang kedisiplinan dan moral kerja pegawai karena mendapat pengawasan langsung dari atasannya.
  4. Berikan beberapa alasan kenapa karyawan di dalam kota besar, alat – alat motivasinya lebih banyak dari karyawan di kota kecil                                                                                                                            Jawab : Karena dikota besar Gaji,Fasilitas dan Tunjangan bias jauh lebih baik akantetapai tuntutan dan saingan dari lingkungan perusahaan tersebut semakin banyak sehingga karyawan juga membutuhkan MotivasiSedangkan dikota kecil saingan masih terbilang sedikit dan juga perkembanganteknologinya tidak sebanding seperti dikota besar.\
  5. Apa saja persamaan & perbedaan pemberian motivasi dengan insentiv                                           Jawab : Motivasi adalah alasan yang mendasari perbuatan yang dilakukan oleh individu yang mampu mendorong atau memberi semangat pada karyawan hanya lewat perbuatan atau ucapan. Insentif atau upah tambahan diberikan kepada pegawai yang bekerja lebih giat,ini juga akan memotivasi karyawan agar lebih giat. Motivasi dan insentif sama-sama menjadi Tujuan utama dalam mendorong karyawan untuk bekerja lebih giat, dan karyawan juga akan mendapatkan hasil tambahan.
  6. Apa persamaan & perbedaan pemberian insentif dengan benefit                                                              Jawab : Persamaannya adalah sama-sama merupakan pengeluaran perusahaan yang ditujukan untuk pegawai sedangkan perbedaannya Dilihat dari segi pemberiannya insentif dengan benefit berbeda karena insentif merupakan kompensasi langsung dan benefit merupakan kompensasi tidak langsung. Persamaannya ialah insentif dengan benefit sama-sama merupakan pengeluaran perusahaan.
  7. Dimana letak perbedaan pemberian motivasi dengan Benevit
    Jawaban : Motivasi dan Benefit, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi kerja mereka untuk memberikan hasil yang maksimal. Motivasi & benefit yang dibedakan oleh gender merupakan salah satu masalah yang sampai saat ini masih muncul dalam perusahaan dimana perbedaan ini dapat mempengaruhi tingkat motivasi kerja.
  8. Jelaskan perbedaan antara MSDM dengan manajemen Personalia
    Jawaban : MSDM dikaji secara makro, sedangkan managemen personalia dikaji secaramikro, MSDM menganggap manusia adalah kekayaan (Asset) jadi harus dipeliharadengan baik, sedangkan manajemen persoalia menganggap bahwa karyawan adalahfaktor produksi jadi harus dimanfaatkan secara produktiv. MSDM pendekatannya secaramoderen sedangkan manajemen personalia secara klasik.
  9. Kenapa masalah pengadaan dapat di katakan merupakan cermin utama keberhasilan MSDM berikan alasannya
    Jawab : pengadaan merupakan cermin keberhasilan dimana karyawan atau tenaga kerja dapat di gantikan oleh karyawan baru yang berkompeten, dengan motivasi baru dan semangat baru dari karyawan baru tersebut. dan juga pemikiran baru dari perusahaan untuk lebih maju dan disiplin agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.
  10. Jelaskan korelasi seleksi dengan penempatan karyawan
    Jawab : Seleksi merupakan suatu proses yang diadakan untuk mendapatkan pegawai yangsesuai dan berkompeten sesuai kebutuhan perusahaan sedangkan penempatan karyawandapat berupa mutasi kerja yang ditujukan agar karyawan mampu meningkatkan kualitankerjanya.
Baca Juga:  Gaya Kepemimpinan Transformasional : Definisi, Ciri, dan Perbedaan

Itulah 10 pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia.

14 Replies to “pertanyaan sulit tentang manajemen sumber daya manusia

  1. Today, I went to the beach front with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

  2. Pingback: 2consumer

Leave a Reply

Your email address will not be published.