Program Pemasaran Facebook Dengan Halaman Format Timeline | Anyabila

Program Pemasaran Facebook Dengan Halaman Format Timeline

Tentu saja, karena mulai sekarang halaman Facebook berubah menjadi format timeline atau kronologi, maka program pemasaran Facebook pun menjadi berubah. Sejauh mana perubahannya? Konsepnya sebenarna sama, dengan apa yang disebut Engagement Marketing, bedanya adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur terbaru pada format halaman Facebook yang baru.

Tiga Prinsip Program Pemasaran Facebook

Prinsip Pertama Program Pemasaran Facebook: Branding

Ekspresikan bisnis Anda melalui gambar sampul halaman Anda. Seperti bahas pada artikel sebelumnya, Halaman facebook sekarang memiliki cover image atau gambar sampul yang ukurannya lumayan besar. Gambar sampul ini bisa Anda manfaatkan untuk menampilkan gambar atau foto yang mengekspresikan brand Anda. Gambar sampul boleh diganti kapan saja, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan program pemasaran Anda.

Panduan dalam membuat gambar sampul:

  • Ukuran: 851 X 315 px
  • Tidak boleh menampilkan harga atau informasi pembelian, seperti diskon 40%
  • Tidak boleh menampilkan informasi kontak seperti No Telpon, alamat email, Twitter, alamat kantor, dsb, dimana seharusnya tampil di Tentang atau About.
  • Tidak boleh menunjukan fitur atau tindakan berkaitan Facebook, seperti “Klik Like”, “Klik Share”, termasuk tanda panah dan sebagainya.
  • Call to Action, seperti Pesan sekarang, dapatkan sekarang, dan sebagainya.

Intinya, gambar sampul hanya boleh untuk mengekspresikan brand tanpa harus menjadi iklan atau promosi.

Anda juga tentu bisa menampilkan gambar profil, 180 X 180 px dengan fungsi yang sama dengan gambar sampul.

Prinsip Kedua Program Pemasaran Facebook: Konsitensi

Prinsip kedua ialah Anda harus konsisten mengaupdate halaman Facebook Anda, baik dengan status, link ke blog Anda, penawaran spesial, pemberitahuan even, dan berbagai informasi perusahaan Anda lainnya. Kuncinya ialah sebagai program pemasaran Facebook, semua update harus memiliki tujuan mengembangkan jangkauan halaman Anda dan meningkatkan profit bisnis Anda.

Baca Juga:  Fungsi dan Metode Pencatatan Pada Sistem Akuntansi Keuangan Daerah

Anda lakukan secara konsisten, misalnya silahkan buat program pemasaran facebook berkaitan dengan konten.Berapa kali Anda mengirimkan konten ke halaman setiap harinya?Apa saja yang Anda kirimkan ke halaman?

Program yang terencana akan memudahkan Anda untuk menjalankan program ini secara konsisten.

Prinsip Ketiga Program Pemasaran Facebook: Meningkatkan Keterlibatan Audiens

Keterlibatan itu bisa berupa klik Like, komentar, dan share. Bagaimana caranya? Berikut tip-tipnya:Kuncinya ada di kualitas, posting berkualitas akan disukai.Bisa juga memasukan unsur hiburan, tanpa mengaburkan tujuan Anda.Komunikatif, bahwa Anda mengirim konten memang untuk direspon.Gunakan gambar, desain gambar yang bagus akan mengundang interaksi.Pelajari Wawasan (insight) untuk melihat kiriman seperti apa yang mengundang keterlibatan paling bagus, kemudian fokuslah pada kiriman seperti itu. Coba perhatikan:

  • Jenis kiriman (status, link, video, note, gambar dsb)
  • Isinya (gaya bahasa, kata-kata, juga prinsip advertisingnya)
  • Waktu (jam dan hari)

Untuk apa meningkatkan keterlibatan?

  • Anda akan bisa mendengar suara pasar Anda, sehingga produk, jasa, dan material promosi bisa disesuaikan.
  • Membangun efek viral, supaya audiens halaman Anda bertambah banyak.

Adakah kiriman terpenting dari sekian banyak kiriman Anda? Jika ada, Anda bisa menampilkannya paling atas dengan cara Pin atau dalam bahasa Indonesia disematkan. Kiriman yang disematkan ke atas akan tampil paling atas selama seminggu. Anda bisa menggantinya kapan saja (sebelum 1 minggu).

Caranya KLIK gambar pensil yang ada di pojok kanan atas kiriman, kemudian klik Sematkan Ke Atas, seperti gambar dibawah

Tool Lainnya

Tentu saja masih banyak tool atau perangkat halaman facebook baru yang belum dibahas. Yang dibahas sekarang hanyalah perangkat inti yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan program pemasaran.

Pesan

Satu lagi yang perlu kita bahas adalah perangkan Pesan, dimana member halaman Anda bisa mengirimkan pesan ke halaman (bukan ke admin). Inboxnya bisa Anda baca di admin panel. Anda bisa menjawabnya atas nama halaman, profil pribadi admin tidak muncul.

Baca Juga:  Dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan Harus Memperhatikan Bauran Pemasaran

Perangkat ini bisa mendukung penjualan langsung, dimana pemesan bisa mengirim pesanan melalui fitur ini. Atau bisa juga untuk menerima pertanyaan secara pribadi dan sebagainya. Tadi pagi, saya membaca update status teman saya yang mendapatkan order melalui fitur ini.

Tentang atau About

Anda juga bisa memanfaatkan fitur Tentang, linknya ada tepat dibawah gambar profil halaman facebook Anda. Saat orang lain klik link tersebut, akan terbuka informasi lengkap tentang halaman Anda. Nah, manfaatkanlah ini. Orang yang baru mengenal halaman facebook Anda yang ingin mengetahui lebih jauh akan membuka halaman ini.

Jika Anda ingin mengubah isinya, klik saja link Tentang, kemudian arahkan mouse Anda, maka akan muncul link untuk mengedit (sunting) isi dari informasi tersebut. Silahkan isi dengan bijak dan bermanfaat untuk bisnis Anda.

Kesimpulan

Jika ada perubahan dari Facebook, artinya memang harus mengubah program pemasaran Facebook kita, tidak mungkin tetap sama. Diatas, sudah saya singgung berbagai poin yang perlu kita perhatikan untuk merancang program pemasaran Facebook kita.

13 Replies to “Program Pemasaran Facebook Dengan Halaman Format Timeline

  1. 23 Previous studies of breast cancer treatment with tamoxifen have shown that 5 years of therapy was more effective than shorter periods does lasix contain sulfa Gynecomastia causes the breast area to swell to a larger than normal size and can happen in both boys and men

  2. 0 CLOUD, getReviews, 9ms REVIEWS, PRODUCT bvseo msg The resource to the URL or file is currently unavailable stromectol tablet Cosmetic surgeons can practice legally without special training or plastic surgery residency; however, they are not known as board certified surgeons

Leave a Reply

Your email address will not be published.