Sasaran Organisasi Dan Efektivitas Organisasi Yang Perlu Kamu Ketahui | Anyabila

Sasaran Organisasi Dan Efektivitas Organisasi Yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak mungkin suatu organisasi bergerak tanpa adanya tujuan. Pastinya organisasi akan memiliki sesuatu yang ingin mereka sasar agar organisasi tersebut dapat terus berkembang. Berikut penjelasan mengenai sasaran organisasi.

Pengertian Sasaran Organisasi

Sasaran organisasi adalah suatu hal atau kondisi yang ingin organisasi itu tercapai. Misalnya sasarannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Hal ini akan menjadi tolak ukur kesuksesan suatu organisasi. Sasaran bukan hanya meliputi hal terkait keuntungan saja, tetapi dalam jangka panjang akan menyasar ke eksitensi organisasi.

sasaran organisasi rajamanajemen.com

Macam-Macam Sasaran Organisasi

Sasaran organisasi akan bergantung dari jenis organisasi, misalnya organisasi bisnis akan memiliki tujuan utama untuk mendapatkan profit atau keuntungan maksimal. Sedangkan organisasi amal memiliki tujuan untuk mendapatkan dana sumbangan yang kemudian terdistribusi secara merata dan tepat sasaran.

Namun secara umum, sasaran organisasi akan meliputi hal berikut, yaitu:

  1. Mendapatkan nilai benefit
  2. Meningkatkan eksitensi organisasi
  3. Membuka rekrutmen
  4. Mensejahterakan anggota dan pemilik

Mendapatkan nilai benefit

Organisasi akan berusaha untuk mendapatkan benefit se-optimal mungkin. Hal ini adalah fokus utama dari suatu organisasi dan faktor utama yang membuat organisasi tetap kokoh.

Organisasi tanpa adanya benefit atau keuntungan, tidak akan dapat terus menyokong aktivitas organisasi itu sendiri.

Meningkatkan eksitensi organisasi

Semakin terkenal suatu organisasi maka akan semakin mudah juga mereka mendapatkan benefit. Oleh karena itu, organisasi akan memahami target pasarnya sehingga organisasi dapat merumuskan strategi paling efektif untuk menarik target pasar dan meningkatkan eksitensi mereka.

Membuka rekrutmen

Organisasi yang semakin besar akan semakin banyak membuka rekrutmen, tentunya semakin banyak pekerja akan semakin tinggi juga produktifitasnya. Tingginya produktifitas akan menaikan profit yang didapat.

Mensejahterakan anggota dan pemilik

Organisasi yang memiliki banyak benefit akan semakin mensejahterakan para anggotanya, terutama pemilik dari organisasi tersebut.

Efektivitas Organisasi

Tingkat keberhasilan suatu organisasi dalam usahanya untuk mendapatkan nilai kondisi yang mereka inginkan kita sebut sebagai efektivitas organisasi. Dalam mengukur efektivitas organisasi, terdapat 3 pendekatan yang dapat kita gunakan, yaitu:

  1. Pendekatan tujuan
    Pengukuran ini kita lihat dari berapa baiknya output yang terrealisasikan sesuai perencanaan awal. Misalnya perencanaan output produk susu yaitu 100 liter tiap harinya, dan produktifitas real hasil output menyentuh angka 101 liter. Maka realisasi output sudah baik.
  2. Pendekatan sumber
    Mengukur keberhasilan organisasi dari sumber input yang diperoleh. Pendekatan ini melihat pada aspek hubungan organisasi dengan lingkungannya. Semakin mudah organisasi mendapatkan sumber material langka, maka semakin baik juga hubungannya dengan lingkungan.
  3. Pendekatan proses
    Melihat dari segi efektifitas, efisiensi dan organisasi internal. Pendekatan ini berpusat pada sumber internal organisasi, yang mana melihat pada tingkat kepuasan anggota, kegembiran anggota, dan kelancaran proses internal.

Tinggalkan Balasan