Sebelum Berinvestasi Ketahui Aspek Keuangan Studi Kelayakan Bisnis | Anyabila

Sebelum Berinvestasi Ketahui Aspek Keuangan Studi Kelayakan Bisnis

Dalam berbisnis maka perlu tahu tentang jenis jenis rasio keuangan. Sehingga bisa membandingkan berbagai peluang bisnis yang ada dan lalu memilih jenis usaha yang paling menguntungkan atau yang paling profitable dan memiliki risiko bisnis yang paling rendah. Aspek keuangan studi kelayakan bisnis merupakan hal yang penting diketahui sebelum memutuskan hendak berinvestasi untuk mendapatkan profit.

Laporan Keuangan Indikator Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Laporan keuangan merupakan salah satu tools atau alat atau indikator guna menilai kelayakan suatu bisnis yang hendak dipilih dan didanai. Laporan keuangan setidaknya memiliki empat jenis, yakni ada sebagai berikut.

  1. neraca
  2. laporan laba-rugi
  3. laporan arus kas
  4. laporan perubahan modal. 

Keempat laporan keuangan utama tersebut sudah bisa dengan secara memadai untuk digunakan menilai aspek studi kelayakan suatu bisnis.

Laporan Neraca

Pada Neraca itu meliputi tiga buah unsur keuangan dalam sistem pelaporannya, yakni ada aset, dan juga liabilitas, serta ekuitas atau modal. Antara ketiganya terdapat saling berkaitan satu sama lain. Dengan melihat pada laporan neraca ini dan melakukan analisanya maka akan diketahui posisi modal atau ekuitas perusahaan tersebut. Kemungkinannya ialah bisa surplus dan hingga seberapa besar surplus nya atau justru bisa saja sebenarnya sudah minus dan hingga seberapa besar minusnya. Ada banyak kemungkinan modal menjadi minus, yakni jika tingkat laba terus menurun dan berlanjut hingga terus menerus mengalami kerugian dan lain sebagainya sehingga modal yang ada sejak awal berdirinya perusahaan pun tergerus hingga sampai habis atau bahkan sampai.minus. sedangkan modal yang mengalami surplus itu biasanya berasal dari keuntungan atau laba yang didapat dari waktu ke waktu yang tidak diambil atau dibagikan atau adanya tambahan modal, baik secara cash ataupun merupakan modal pinjaman dan lain sebagainya.

Baca Juga:  3 Cara Membaca Laporan Keuangan Untuk Pemula

Laporan Laba Rugi atau Income Statement atau Profit and Loss Statement atau Kinerja Keuangan

Laporan laba rugi merupakan suatu laporan keuangan dari suatu perusahaan pada suatu kurun waktu periode tertentu mengenai pendapatan yang masuk dan beban perusahaan yang keluar dan lalu selisihnya akan menunjukkan posisi laba atau rugi suatu perusahaan. Laporan ini sangat penting guna menentukan prospek atau perkembangan perusahaan kedepannya. Jika ada laba maka analisa hingga seberapa besar labanya dan juga pelajari dan cermati history nya. Lalu jika rugi analisa dan cari tahu faktor penyebabnya, sehingga jika masalah penyebabnya bisa dengan mudah di atas lalu ke depannya sangat potensial mendatangkan keuntungan atau laba maka tak ada salahnya jika diberi kesempatan.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan suatu laporan keuangan yang bisa menunjukkan pergerakan dari uang tunai ataupun posisi kas perusahaan selama suatu kurun waktu periode tertentu. Laporan kas ini guna mengetahui pergerakan uang tunai yang ada di dalam perusahaan. Terdapat tiga buah bagian dalam laporan arus kas tersebut, yakni arus kas operasional, dan arus kas investasi serta arus kas dari aktivitas pendanaan. Laporan kas ini akan menunjukkan tingkat likuiditas perusahaan.

One Reply to “Sebelum Berinvestasi Ketahui Aspek Keuangan Studi Kelayakan Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published.