Sifat Keanggotaan Koperasi Yang Perlu Kamu Ketahui | Anyabila

Sifat Keanggotaan Koperasi Yang Perlu Kamu Ketahui

Koperasi adalah organisasi atau badan usaha yang dimiliki oleh para anggotanya dan dikelola oleh anggota tersebut. Sedangkan, menurut bapak koperasi Indonesia yaitu Mohammad Hatta, koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki dan meningkatkan kehidupan /taraf ekonomi berlandaskan asas tolong menolong. Sehingga dalam pelaksanaan dan pendaftarannya koperasi memiliki 2 sifat keanggotaan koperasi yang perlu kita penuhi.

Sifat organisasi koperasi ini merupakan syarat jika seseorang ingin bergabung dalam bahan usaha koperasi.

Sifat Keanggotaan Koperasi

sifat keanggotaan koperasi

Komponen sifat ini terdiri dari dua komponen, yaitu sukarela dan terbuka.

Sukarela

Anggota koperasi bergabung atas kemauan sendiri bukan dari dorongan orang lain, sehingga tidak ada paksaan sama sekali untuk tergabung dalam bahan usaha tersebut. Selain itu, anggota koperasi akan sangat mudah mengajukan pengunduran diri baik karena manfaat dari koperasi tersebut tidak ia rasakan atau kurang begitu bermanfaat, atau karena hal lain seperti pindah domisili.

Terbuka

Bahan usaha koperasi bersifat terbuka, maksudnya semua orang dari kalangan manapun dapat menjadi anggota koperasi. Selama ia memenuhi syarat keanggotaan bahan usaha tersebut.
Syarat yang paling umum untuk bergabung dengan koperasi adalah warga negara indonesia, mendaftar sebagai perorangan, mau membayar iuran simpanan pokok dan simpanan wajib, dan menyetujui ketentuan yang berlaku di koperasi.

Manfaat Bergabung di Koperasi

Sesuai dengan kaidah koperasi, anggota akan mendapatkan banyak keuntungan jika bergaung dengan badan usaha ini. Berikut 4 keuntungan menjadi anggota koperasi, yaitu:

  1. Tiap anggota koperasi memiliki hak mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU). SHU ini akan berdasarkan kepada banyaknya modal yang kita investasikan dan keuntungan dari koperasi tersebut.
  2. Anggota koperasi memiliki diskon khusus anggota. Yaitu, tiap anggota koperasi dapat berbelanja produk yang ada di koperasi dengan harga yang lebih murah.
  3. Keuntungan lainnya yaitu anggota koperasi dapat meminjam uang ke koperasi dengan bunga yang lebih rendah. Walaupun fungsi peminjaman ini lebih baik kita hindari.
  4. Sebagai anggota koperasi akan saling mengenal sehingga relasi akan semakin luas, selain itu anggota koperasi juga biasanya akan mendapatkan pelatihan usaha.

Tinggalkan Balasan